Rabu, 24 April 2019

Genmuda – Setelah kemarin kita dapat kabar gembira mengenai WhatsApp yang gratis selamanya, sekarang saatnya Genmuda.com ngasih tips simpel tapi berguna banget buat kamu yang pengen bermain curang buat baca pesan WhatsApp yang masuk tanpa harus ketahuan kalau kamu udah read pesan tersebut. Gimana caranya? Yuk kita simak gaes!

Kamu pasti udah paham ya gaes kalau di WhatsApp, tanda centang hitam di samping pesan itu artinya pesan yang kamu kirim sudah terkirim, dua centang hitam berarti pesan udah diterima, dan dua centang biru itu berarti pesan sudah dibaca. Hal ini ngebantu banget buat tau kalau informasi yang kita kirim ke teman kita benar-benar sudah dibaca.

Status pesan di WhatsApp (c) LinkedIn
Status pesan di WhatsApp (c) LinkedIn

Tapi ternyata, ada aja nih beberapa dari Kawan Muda yang engga pengen kalau si lawan chatnya tau kalau Kawan Muda udah baca pesan yang doi kirim. Alasannya? Tanyakanlah pada dirimu sendiri wahai anak muda.  Nah, terlepas dari itu, ada dua tips yang bisa kamu lakukan supaya pesan yang kamu terima bisa kamu baca tanpa harus diketahui oleh si pengirim (dalam hal ini, centang dua berwarna biru ya gaes).

Yang pertama, kamu bisa menonaktifkan read-receipt melalui Settings > Account > Privacy. Ketika dinonaktifkan, maka pengguna engga bakal bisa melihat apakah pesannya sudah dibaca atau belum. Sayangnya hal ini berlaku dua arah gaes, jadi pengirim dan penerima pesan sama-sama engga tau pesannya sudah dibaca atau belum.

Cara menonaktifkan read-receipts di WhatsApp (c) WonderHowTo
Cara menonaktifkan read-receipts di WhatsApp (c) WonderHowTo

Solusinya adalah kamu tinggal pake cara kedua ini gaes. Yaitu memanfaatkan fitur Airplane Mode yang ada di smartphone kamu. Jadi ketika kamu nerima pesan WhatsApp, kamu cukup ubah mode smartphone kamu ke Airplane Mode, baru deh kamu buka WhatsApp dan baca pesan-pesan yang udah masuk tadi.

Wah kok bisa ya? Bisa dong, penjelasan singkatnya karena dalam Airplane Mode, semua aplikasi bakalan jadi offline, namun semua pesan yang udah diterima bakalan tersimpan dalam chache smartphone kamu buat dibaca. Hasilnya? Kamu bisa ngintip-ngintip tanpa harus terdeteksi oleh server.

Hal yang harus kamu ingat adalah pastiin bahwa aplikasi WhatsApp sedang engga dibuka saat kamu aktifin Airplane Mode ini gaes. Jangan lupa juga, setelah baca-baca pesan yang masuk, kamu close dulu WhatsApp-nya, baru deh matiin Airplane Mode.

Sayangnya trik ini hanya berlaku buat chat personal aja, karena read-receipt buat chat grup bakal selalu aktif. Genmuda.com juga engga nyaranin kamu pake fitur ini buat pura-pura diem kalau ditagih hutang sama temen atau malah jadi media buat selingkuh. So, use it wisely ya Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast