Rabu, 19 Februari 2020

Genmuda – Meditasi atau yang biasanya dikenal sebagai semedhi telah lama dipraktikkan sejak ribuan tahun yang lalu. Serius. Praktik dipercayai berguna bagi kesehatan dan kecerdasan buat yang ngelakuinnya (meski ada juga yang diplesetin sebagai proses menjadi sakti).

Percaya atau engga, di Indonesia sendiri proses tersebut udah terjadi dari ratusan tahun dan menjadi budaya di nusantara. Meski engga semua agama menyebutnya sebagai meditasi, proses ini sendiri dipercayai mampu menghadirkan ketenangan batin kamu. (*tsah!)

Tapi terlepas dari itu semua, ternyata masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapetin dari meditasi loh gaes. Meski kayaknya sekarang susah banget ngelakuin meditasi, penulis bakalan kasih tau kamu dulu kalau buat ngelakuin meditasi engga seribet yang kamu bayangin kok.

Yang sibuk kerja dan kuliah juga bisa

(Sumber: Pinterest)
(Sumber: Pinterest)

Banyak yang beranggapan kalo meditasi itu ribet dan susah lantaran harus cari suasana sepi, engga banyak pikiran, dll. Padahal sih engga seribet itu kok. Serius. Buat yang super duper sibuk kamu tinggal narik napas dan buang napas secara teratur (bukan kentut ya!).

Secara ilmiah cara ini terbukti dapat membuat pikiran kita lebih rileks dan fokus dalam menjalani aktivitas selanjutnya sekaligus meningkatkan kekuatan memori kita loh. Jadi kalau kamu lagi ujian, coba rileks dan atur napas saat ngerjain soal. Engga perlu cemas kalo ada soal yang susah, tinggal atur nafas dan coba kerjain lagi soalnya, kalo masih susah, coba tanya temen sebelah. (*becanda)

Lebih lanjut, seorang Ilmuwan Saraf dari Harvard University, Dr. Sara Lazar, bersama timnya melakukan studi terhadap 16 suka relawan selama 8 pekan terkait manfaat meditasi bagi otak. Hasilnya ternyata cukup efetif buat otak kita.

“Bermeditasi seperti olahraga bagi otak. Hanya dengan melakukan meditasi sederhana, bisa melatih sel-sel otak seperti melatih otot dengan berolahraga” kata Dr. Lazar yang dilansir Daily Mail.

Selain fakta di atas, nyatanya sejak usia dini kita udah sering dikenalin sama meditasi. Bahkan sekarang kamu bisa liatkan maraknya kelas meditasi buat umum dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Di negara-negara maju pun, meditasi juga menjadi praktik yang nge-hype banget, mengingat kondisi lingkungan yang dinamis, memaksa mereka ingin terlepas dari stres dan kepenatan pekerjaan di sela-sela waktu luang.

Gimana buat para jomblo?

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Jomblo itu engga perlu ngenes, biar tetep bahagia meski sendirian, engga ada salahnya mencoba meditasi. Selain melatih daya konstrasi dan kerja otak, praktik ini ampuh buat ningkatin rasa senang sekaligus menangkal rasa galau dan baper karena mantan. *puk-puk.

Jadi kalo ada waktu kosong engga ada salahnya buat coba meditasi. Biar makin maksimal coba tempatin lilin aroma terapi di kamar atau di ruang kerja kamu, biar makin rileks. Inget ya, pake lilin aroma terapi, bukan lilin mati lampu atau lilin ulang tahun. He-he, selamat mencoba! (sds)

Comments

comments

Ricky Ismail
Becoming agents of change • Salah satu mahasiswa di Universitas Syiah Kuala jurusan Ekonomi Pembangunan.