Rabu, 14 November 2018

Genmuda – Kawan Muda pasti pernah gak mengalami kesemutan setelah duduk lama atau pas bangun tidur? Meski terjadi sebentar, gejalan kesemutan yang terjadi berulang-ulang bisa aja menjadi tanda penyakit berbahaya buat kamu, apalagi saat masih berusia relatif muda.

Dalam dunia medis kesemutan adalah gejala dari suatu penyakit dalam tubuh. Penyebabnya bisa macam-macam, kayak penekanan pada saraf, otot yang tegang atau cedera, dan masih banyak lagi. Tapi kamu perlu tau nih, kalo kesemutan yang terjadi hampir setiap hari bisa jadi tanda penyakit berbahaya seperti ini:

1. Kerusakan saraf

olahraga
(Sumber: Istimewa)

Faktor ini umumnya terjadi pada anak muda karena menganggap enteng cedera kecil atau keseleo. Walau rasa nyeri dan bengkaknya berkurang, bisa aja ada saraf yang rusak. Jadi kalo kamu sering kesemutan di bagian tubuh yang pernah cedera atau keseleo lebih baik segera cek ke dokter, ya.

2. Diabetes melitus

Bukannya mau bikin parno, faktanya penderita diabetes terbanyak kedua berada di usia produktif kayak kita, yaitu 18-35 tahun. Efek dari diabetes melitus biasanya akan merusak pembuluh darah sehingga aliran darah di ujung-ujung saraf berkurang. Hasilnya kamu jadi gampang kesemutan. Solusi paling gampang adalah menerapkan gaya hidup sehat dan perbanyak mengonsumsi vitamin B1 dan B12.

3. Stroke

via: pinterest
(Sumber: Pinterest)

Apa pengaruhnya? Karena sering kesemutan jadi tanda dari stroke ringan karena adanya sumbatan pada pembuluh darah di otak. Kalo udah kayak gitu mendingan coba konsultasi ke dokter untuk segera ditangani dan gak berkembang jadi stroke berat.

4. Jantung

Kesemutan juga menjadi tanda komplikasi jantung dan saraf. Penyebabnya gak jauh-jauh, yaitu penyumbatan pada pembuluh darah kamu. Gak sedikit pula penderitanya yang merasakan kesemutan sebelah. Jika dibiarkan kesemutan juga bakal disertai sama kelumpuhan.

5. Skiatika

via Istimewa
Ilustrasi

Apaan nih? Bahasa umumnya disebut saraf kejepit yang membuat rasa nyeri di tulang belakang. Penderita penyakit ini biasanya bakal kesemutan dari punggung sampai kaki. Jangka panjangnya bisa membuat usus besar dan kandung kemih gak berfungsi, hingga kelumpuhan.

6. Carpel tunnel syndrome

Namanya keren ya? Dalam dunia medis CTS adalah kondisi yang menyebabkan jari tangan mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, atau nyeri. Penyebabnya bisa karena faktor keturunan, kehamilan, cedera di pergelangan tangan, dan pekerjaan berat yang melibatkan jari kamu kayak mengetik, main gitar, menjahit, dll. Untungnya penyakit ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan.

7. Spasmofilia

(Sumber: todolisthacks.com)

Ini adalah suatu kondisi gangguan saraf motorik yang menunjukkan sensitivitas yang abnormal terhadap rangsangan elektrik ataupun mekanik. Spasmofilia seringnya ditandai dengan kekakuan otot, kram, atau kedutan di bagian tubuh tertentu yang diikuti/didahului dengan serangan kecemasan atau serangan panik. Jika kondisinya parah, kaku otot bisa menyebabkan kejang, susah tidur, sampai hilang kesadaran.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.