Rabu, 25 April 2018

Genmuda – Film “Black Panther” jadi kabar baik buat perkembangan dunia musik di Amerika Serikat. Selain nampilin super hero kulit hitam dalam filmnya sendiri, karya garapan Sutradara Ryan Coogler itu juga bakalan nampilin soundtrack yang kece badai.

Bukan sekadar instrumentalia, soundtracknya dibuat supaya ada lirik dan diproduksi layaknya label memproduksi album baru. Fakta lebih lengkapnya, langsung lihat di bawah ini.

Dikurasi Kendrick Lamar dan tim

via grammy.com
Kendrick Lamar, rapper jenius peraup nominasi Grammy 2017. (Sumber: grammy.com)

Soundtracknya dikurasi sama Kendrick Lamar dan Anthony Tiffith (Top Dawg) selaku CEO label rekamannya. “Saya sangat tersanjung diminta menyalurkan pengetahuan saya memproduksi musik dan lirik sesuai visi Ryan (Coogler) dan Marvel,” kata Lamar dikutip ChicagoTribune.com, 7 Januari.

“Penggarapan film besar ini menunjukkan perkawinan luar biasa antara seni dan budaya,” tambah Lamar. Pada project itu, doi bertindak sebagai penyanyi, produser, penulis lagu, serta kuratornya. Dengan kata lain, doi lah yang bertanggungjawab atas musik “Black Panther.”

Udah ngerilis lagu

Dalam penggarapan, Lamar ngajak musisi lain berkolaborasi. Salah satunya, adalah penyanyi cewek bersuara merdu, Solana Imani Rowe (SZA). Doi merupakan penyanyi kulit hitam yang juga gabung ke label Top Dawg.

Lagu “All the Stars” udah selesai direkam dan rilis di YouTube (Cek di atas). Videoklipnya menyusul setelah penggarapan album rampung.

Kolaborasi juga bareng Vince Staples

Selain bareng rekan satu label, Lamar juga gaet rapper dari label lain. Dialah Vince Staples yang ngerilis album avant-garde dance electronic berjudul “Big Fish Theory”, album yang peroleh respon positif kritikus dan penikmat.

Potongan lagu garapan dua rapper jenius era modern itu muncul di trailer utama Black Panther, seperti dikutip PitchFork.com, 9 Januari. Kolaborasi itu bukan yang pertama. Soalnya, lagu “Yeah Right” di album “Big Fish Theory” digarap Lamar dan Vince bersamaan.

Film superhero Marvel perdana dengan Original Soundtrack asli

via indianexpress.com
(Sumber: indianexpress.com)

Siaran pers Kendrick Lamar yang dikutip TheVerge, 4 Januari, bilang, ini merupakan kali pertama Marvel menunjuk seorang artis untuk menggarap original soundtrack juga albumnya.

Cuma, bukan kali pertama bikin album karena ada “Awesome Mix” yang merupakan kompilasi musik jadul soundtrack  “Guardian of the Galaxy” (2014) dan “Awesome Mix Vol 2” yang juga berisi kompilasi musik jadul soundtrack “GotG Vol 2” (2017).

Albumnya rilis duluan

via nerdist.com
(Sumber: nerdist.com)

Di Amerika, album soundtrack “Black Panther” rencananya rilis 9 Februari sementara filmnya rilis 16 Februari. Waduh, makin penasaran aja nih sama kejutan yang disiapin Lamar selaku anak musik dan Coogler selaku sutradara filmnya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.