Selasa, 23 April 2019

Genmuda – Bahas teknologi emang seru dan engga ada habisnya gaes. Kali ini ada sebuah robot mungil bernama Line-us yang bisa menggambar apa aja cuma lewat satu tangan. Proyek robot ini sedang digalangkan dalam situs crowdfunding Kickstarter selama 30 hari mulai dari 1 Februari 2017. 

Cara kerjanya terbilang cukup sederhana Kawan Muda, Tangan mesin Line-up akan tersinkronisasi dengan sebuah aplikasi di tablet atau smartphone kamu. Kemudian robot ini akan menggambar sesuai dengan gerak/gambar yang sedang kamu lakukan secara real time.

Coffee and chat with Nico @fixcoffee

A post shared by Line-us (@line_us_machine) on

Dalam keterangannya, pihak Line-up mengatakan kalo robot ini bukanlah mesin fotocopy, karena mesin ini menggambar ulang dengan gaya dan garis yang unik sehingga hasilnya menyerupai dengan gambar yang kamu perintah sebelumnya. Dayanya didukung slot USB yang bisa dihubungkan dengan powerbank atau laptop kamu.

Satu unit Line-us udah dilengkapi dengan lotam kecil yang berfungsi sebagai penahan saat digunakan. Kamu pun bisa mencobanya di atas berbagai media gambar, seperti sketchbook, diary, atau notebook. Bahkan kamu bisa menempel robot tersebut di dinding atau kulkas.

@Line-us
@Line-us

Bukan cuma buat gambar aja gaes, kalo kamu sedang berada di luar dan ingin mengirimkan pesan hingga sketsa gambar kepada orang di rumah selama Line-us terkoneksi dengan Wi-Fi. Buat main tebak gambar pun juga bisa loh!

Menurut kreatornya, lewat pengetahuan soal coding kedepannya para pengguna bisa menggantikan peran pulpen atau pensil pada tangan robot tersebut dengan komponen lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Saat berita ini diturunkan Genmuda.com, dana yang terhimpun udah mencapai sekitar 53 ribu poundsterling, —dari target awal sebesar 39 ribu poundsterling. Satu unit Line-up dibanderol dengan harga 69 poundsterling, dan diperkirakan akan rampung pada bulan Oktober tahun 2017. Tertarik mencoba?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.