Kamis, 20 Juni 2019

Genmuda – Proses ngatur jadwal dan ngerencanain acara buka bersama (bukber) kadang bikin ribet, apa lagi buat nentuin waktu, tempat, dan menu bukbernya. Masing-masing pasti ngotot dan banyak mau biar bukbernya meriah. Kalo banyak duit sih oke-oke aja. Kalo engga ada duit kan susah juga. Ya realistis aja.

Kalo udah banyak mau dan engga ada jalan keluar Genmuda.com saranin bukbernya diadain di rumah temen aja. Tentuin aja rumah temen yang gampang dijangkau anak-anaknya, kalo perlu bikin aja di rumah kamu biar engga ribet. Kenapa begitu? Ini alasannya.

1. Menunya engga terbatas

Pertama, kamu bisa bikin bukbernya sistem potluck. Daripada mesen makanan sendiri di café, resto, atau catering yang harganya jadi selangit di bulan puasa, patungan aja lagi. Biar lebih seru, ajak aja temen-temen yang diundang bawa makanan porsi besar. Misalnya, ada yang bawa agar, ada yang bawa minumannya, ada yang bawa pizza, dan seterusnya.

Jadi, masing-masing bisa bawa makanan atau minuman favoritnya. Keliatannya emang ribet, tapi bisa jadi solusi buat orang yang BM (baca: banyak mau). Selain itu, model pesta kaya gini sering banget dilakuin sama orang-orang Inggris dan Amerika.

2. Bisa kumpul lama, bahkan nginep kalo perlu

Salah satu hal yang malesin dan bikin sedih dari buka bersama adalah ketika acaranya selesai karena resto tempat nongkrongnya mau tutup. Belum juga puas melepas rindu sama temen-temen, eh pelayannya udah nanya “Ada pesanan terakhir, mas mba?”

Dari pada bapernya kebawa-bawa sampe minggu depan, mending bikin bukber di rumah biar bebas mau nginep bahkan pulang pagi. Kan yang lagi modusin temen lama juga bisa bahagia tuh karena makin panjang waktu modusnya.

3. Bisa ngundang banyak orang

(Sumber: auswidesecurity.com.au)

Permasalahan lain yang biasa ditemui kalo bikin bukber di tempat umum tuh tempat. Kalo yang ikut bukbernya cuma belasan orang, mungkin resto atau cafenya masih bisa nyediain tempat duduk. Nah kalo yang ikutan berpuluh-puluh orang kan berabe. Masa duduknya gantian. Emangnya di kondangan.

Kalo bikin acaranya di rumah kan kamu bisa muat-muatin tuh. Apa lagi kalo rumah temen kamu yang dijadiin tempat bukbernya gede. Seru deh. Lagian, suasananya bakal lebih intim karena di situ cuma ada kamu dan temen-temen tanpa gangguan pelayan atau geng lain yang engga kalah heboh di meja sebelah.

4. Engga ribet antre

Bukannya makin sepi, tempat-tempat ngumpul malah makin rame di bulan puasa. Apalagi waktu menjelang maghrib. Butuh banyak perjuangan dan kesabaran buat antre, bahkan berdesakan waktu mesen tempat. Kalo di rumah temen kan engga perlu gitu. Tinggal dateng, kasih salam, terus pilih tempat sesuka hati.

5. Engga ribet touch up

Karena bukbernya di rumah temen, engga perlu touch up alias dandan yang ribet-ribet. Tinggal beresin muka aja seadanya, terus pakai outfit casual, dan jaket atau sweater jangan lupa karena bakal dingin malem-malem. Engga perlu kan pake sepatu stiletto atau Nike AirMax yang ada jadi ribet sendiri nanti.

So, dari lima tips di atas dijanim bisa bikin acara bukber yang kamu adakan lebih irit, seru, dan simpel. Makin rame yang dateng, makin seru acaranya. Selamat mencoba dan selamat buka bersama ya, gaes. Selamat bernostalg(l)ia. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.