Senin, 9 Desember 2019

Genmuda – Peristiwa banjir bandang yang memakan korban jiwa di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (20/9) ternyata engga cuma ngegerakin hati para masyarakat awam buat ikut ngasih bantuan, tapi juga pejabat dan tokoh masyarakat. Sebut aja salah satunya adalah Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Dalam rangka ngegalang dana bagi para korban banjir bandang di Garut, sang Walikota yang akrab disapa Kang Emil udah ngebikin sebuah halaman khusus di Kitabisa.com. Lewat akun Instagram-nya, beliau pun ngajak para netizen buat ikut udunan (patungan) demi ngeringanin beban masyarakat Garut yang terkena musibah tersebut.

Nah, terkait dengan keterlibatan Kang Emil dalam penggalangan dana lewat Kitabisa.com, CEO Kitabisa.com, Alfatih Timur ngungkapin bahwa dirinya ngeapresiasi inisiatif beliau. Hal tersebut secara khusus mengingat Garut berada di luar Bandung alias bukan wilayah pemerintahan Kang Emil.

Penggalangan dana yang dimulai oleh Ridwan Kamil ini menunjukkan pada kita bahwa siapa saja bisa memulai kampanye pengggalangan dana yang efektif dan meraih jumlah yang cukup besar. Tentu, penggalangan dana ini perlu kita apresiasi mengingat Garut bukanlah Wilayah Kota Bandung yang merupakan yurisdiksi pemerintahan Kang Emil. Semoga inisiatif berbagai elemen masyarakat dapat meringankan beban saudara­saudara di Garut,” kata Alfatih.

FYI, sampai berita ini ditulis, Kamis (22/9) siang, total dana yang udah terkumpul dari kampanye Kang Emil di Kitabisa.com udah mencapai Rp212.413.227,00 loh, Kawan Muda. Dana tersebut diperoleh dari 1107 orang donatur dan udah sukses ngelampauin target awal sebesar Rp100.000.000,00.

via Kitabisa.com
(Sumber: Istimewa)

Rencananya, penggalangan dana bagi para korban banjir bandang Garut dari Kang Emil masih bakal berlanjut sampai enam hari ke depan. Namun demikian, Kang Emil bukanlah satu-satunya pihak yang ngelakuin hal itu. Ada pula 16 pihak lainnya yang turut jadi campaigner #PeduliBanjirGarut di situs Kitabisa.com.

Sebut aja contohnya adalah Ikatan Alumni Universitas Indonesia dan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung, yang masing-­masing ngajak seluruh civitasnya buat turun tangan ngebantu para korban dengan berdonasi. Belasan organisasi dan lembaga kemanusiaan juga ikut ngegalang dana, kayak misalnya PKPU, Aksi Cepat Tanggap, DPU Daarut Tauhid, dan Badan Amil Zakat Nasional.

Sementara itu, situs Kitabisa.com sendiri emang sengaja dibikin bagi siapa aja yang pengen ngegalang dana dengan mudah dan transparan. Bahkan, sesuai dengan kebijakannya, setiap kampanye penggalangan dana buat kategori bencana alam engga bakal dikenain biaya administrasi dan bakal 100% disalurin kepada para penerima manfaat.

Singkatnya, Kitabisa.com merupakan situs penggalangan dana dan donasi online terpopuler di Indonesia. Situs tersebut udah digunain orang-orang dari berbagai latar belakang yang terdiri dari NGO global, yayasan lokal, komunitas, himpunan alumni, mahasiswa, artis, tokoh masyarakat, dan individu manapun yang pengen ngegalang dana buat tujuan sosial, ngebantu sesama, atau nyiptain karya.

Saat ini, Kitabisa.com udah ngefasilitasin ribuan inisiatif penggalangan dan ngumpulin lebih dari Rp38 miliar donasi masyarakat dari Aceh hingga Papua. So, kalo kamu juga tertarik buat ikutan nyumbang, baik buat para korban banjir bandang Garut maupun kampanye lainnya, langsung aja buka Kitabisa.com, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer