Sabtu, 20 Juli 2019

Genmuda – Siapa sangka Lenovo sekarang udah jadi pemain besar di pasar ponsel mid-range Indonesia. Ditambah lagi nih guys, Lenovo emang lagi fokus sama ponsel yang ngedukung Virtual Reality. Setelah sebelumnya ngenalin Lenovo Vibe K4 Note dan Lenovo A7000, sekarang giliran Lenovo Vibe K5 Plus yang mereka andelin untuk jadi lini depan di ponsel bertemakan Virtual Reality.

Sekedar info aja kalo ponsel Lenovo Vibe K5 Plus ini sebenarnya ada dua varian, yaitu versi RAM 2 GB dan 3 GB. Dan varian yang Genmuda.com pakai buat bahan ngulik kali ini adalah versi RAM 2 GB.

Unboxing

Dari segi packaging sih sebernernya engga ada hal yang istimewa dari Lenovo Vibe K5 Plus. Di dalam kotak cuma ada ponsel, wall charger 1,5A, kabel usb, dan screen protector. Emang keliatan minimalis sih, tapi itu semua udah worth it kok sama harga yang ditawarin di pasaran. He-he.

Desain

©Genmuda.com/2016 Everlyn
Lenovo Vibe K5 Plus ©Genmuda.com/2016 Everlyn

Bahas soal tampilannya, Vibe K5 Plus punya desain yang cukup bagus meskipun harganya terbilang terjangkau. Di bagian depan kamu bisa lihat ada kamera depan dan sensor di atas layar dan capacitive button di bawah layar. Tombolnya sendiri belum ada backlit, jadi siap-siap aja buat sedikit meraba-raba kalo dipake saat kondisi gelap.

Tombol volume dan power terdapat di samping kanan ponsel dan engga begitu sulit dijangkau karena emang ukuran Vibe K5 Plus ini engga sebesar saudaranya Vibe K4 Note. Di sisi atas kamu bisa lihat ada audio socket 3,5mm dan port Micro-USB.

Dengan layar 5 inci, bentang layar 1080×1920 (441 ppi), Lenovo Vibe K5 Plus punya kualitas layar yang oke punya. Meskipun warna yang ditampilin engga begitu tajam, tapi detail yang dihasilkan udah cukup bikin mata kamu engga gampang capek. Bahkan nih guys, tingkat kecerahannya juga mantap banget buat dipake di luar ruangan. Sayangnya belum ada proteksi Gorilla Glass aja di layarnya.

Hal yang menarik dari desain Lenovo Vibe K5 Plus adalah kombinasi dari bahan polycarbonate dan metal yang menyelimuti ponsel ini, tentunya ini bisa bikin kita berasa pegang ponsel premium, ditambah lagi ada dua speaker grill yang ada di bagian belakang ponsel.

Yup speakernya bukan ecek-ecek Kawan Muda, tapi udah stereo dan mendukung Dolby Atmos. Sekedar bayangan buat kamu nih, di ponsel-ponsel mahal sekalipun penggunaan stereo speaker masih terbilang jarang. Apalagi dalam kategori ponsel mid kayak gini.

Sekilas kita Vibe K5 Plus punya desain seolah mengusung unibody, tetapi ternyata penutup belakangnya bisa dibuka sehingga kamu bisa mengakses baterai berkapasitas 2750 mAh, slot Micro-SIM dan MicroSD.

Hardware

KARTU SIM DUAL SIM (Micro-sim)
Dimensi 142 x 71 x 8 mm / 142 gram
Layar IPS LCD, 5 inci 1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
Memori 16 GB, microSD up to 32 GB
Ram 2 GB / 3 GB
Kecepatan Internet HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
Sistem Operasi Android OS, v5.1 (Lollipop)
Processor / Chipset Qualcomm Snapdragon 616, Quad-core 1,5 GHz Cortex-A53 + Quad-core 1,2 GHz Cortex-A53
Kamera Belakang 13 MP, LED flash
Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai Removable Li-Ion 2750 mAh battery

Dari dapur pacunya, Lenovo Vibe K5 Plus menggunakan Qualcomm Snapdragon 616 dengan 4 inti 1,5 GHz Cortex-A53 dan 4 inti 1,2 GHz Cortex-A53. Pilihan RAM sendiri ada dua, yaitu 2 GB dan 3 GB. Genmuda.com saranin kamu lebih baik pilih versi yang 3 GB, meskipun sedikit mahal, tapi kamu dijamin puas dengan performanya, apalagi kalo kamu doyan banget multi-tasking.

Smartphone satu ini punya memori internal 16GB dan mendukung storage tambahan melalui slot microSD. Tapi ada kekurangan yang mungkin bisa bikin penikmat multimedia ilfeel nih, yaitu kapasitas microSD yang sanggup didukung sama ponsel ini maksimal cuma 32GB. Jadi buat kamu yang udah keburu beli microSD 64GB atau 128GB mending disimpan aja buat ponsel kamu yang lain.

UX (User Experience)

©Genmuda.com/2016 Everlyn
Lenovo Vibe K5 Plus ©Genmuda.com/2016 Everlyn

Lenovo Vibe K5 Plus masih menggunakan OS yang bisa dibilang sudah ketinggalan jaman. Gimana engga Kawan Muda, sekarang aja kita udah sibuk ngomongin Android 7.0 Nougat tapi Lenovo masih aja make Android 5.1 Lollipop dengan Vibe UI. Keliatannya juga belum ada tanda-tanda ini ponsel bakal diupdate ke Android Marshmallow, apalagi ke Android Nougat.

Sedihnya lagi nih Kawan Muda, sampe saat ini pun Vibe UI yang dipake di Vibe K5 Plus masih jadul alias ponsel ini belum nikmatin versi terbaru Vibe UI yang udah dipake di Lenovo Vibe X3.

Beberapa software bawaan dari Lenovo yang kamu temuin di menu utama seperti SHAREit dan SYNCit bisa kamu pake untuk transfer data dan mencadangkan data. Selain itu ada juga Theme Center yang bisa kamu pake untuk ganti tema sesuai selera kamu, lumayan lah biar engga bete.

Lebih lanjut Lenovo Vibe K5 Plus punya kamera utama 13MP dengan bukaan lensa f/2.2 dan LED flash, ditambah kamera depan dengan resolusi 5MP. Aplikasi kamera bawaan bisa dibilang cukup standar, kamu bisa akses mode HDR dan Panorama, bahkan kamu juga bisa kasih filter secara real time.

Hasil kamera depan dan belakangnya cukup bagus, apalagi dengan cahaya outdoor yang terang. Detail yang ditangkap terbilang baik meskipun sedikit kurang konsisten. Seperti biasanya, ponsel dengan harga miring pasti kameranya lemah di low light, begitu juga dengan Vibe K5 Plus. Hasil jepretan dengan kondisi low light sedikit pecah dan gelap.

Untuk masalah performa mungkin akan berbeda-beda sesuai kebutuhan kamu, tapi kalo kamu bukan seorang hardcore gamer, dijamin performa Vibe K5 Plus udah cukup untuk manjain kamu. Selain itu kemampuan baterainya juga terbilang biasa aja untuk ukuran 2750 mAh, cukup untuk dipake seharian kalo kamu engga mainin Pokémon Go.

Wrap-Up

Pros

+ Desain Cukup Bagus

+ Stereo Speaker dan dukungan Dolby Atmos

+ Layar sangat berkualitas di kelasnya

Cons

– Gampang panas ketika main game

– Masih Android 5.1 Lollipop

– Baterai cukup boros

Lenovo Vibe K5 Plus berhasil mencuri perhatian dengan desainnya yang terbilang menawan, ditambah lagi layar Full HD yang terang dan punya detail yang bagus meskipun engga dibalut dengan Gorilla Glass. Suara speakernya juga keras dan dukungan Dolby Atmos ngebuat kamu betah denger musik atau nonton video pas kamu pake headset.

Semua budget phone pasti punya kekurangan di sana sini, jadi wajar aja hal ini juga kamu temui di Vibe K5 Plus. Tapi kalo kamu engga begitu peduli dengan beberapa kekurangan yang dimiliki Vibe K5 Plus, mungkin ini adalah ponsel yang cocok buat Kawan Muda.

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast