Minggu, 19 Agustus 2018

Genmuda – Kehidupan orang-orang di dunia maya belakangan ini jadi makin brutal aja nih, Kawan Muda. Hal tersebut tentu bisa berakibat buruk bagi kesehatan mental kamu, apalagi kalo kamu ikut terlibat dalam berbagai drama dan balada yang cenderung bernada negatif.

Kalo ngebuka media sosial — apalagi di masa-masa pemilu, rasanya hidup yang udah sulit justru jadi makin sulit aja. Misalnya aja pas niat ngebuka Facebook buat ngelihat video tutorial masak, video anjing lucu, atau trailer film-film terbaru, eh nemunya malah postingan pendukung si A ngomong apa, pendukung si B komentar apa, atau pendukung si C nyerang apa. Bikin resah deh pokoknya.

Nah, biar kamu juga engga terbawa suasana gara-gara beragam ‘perang dingin’ yang terjadi di medsos, ada baiknya kamu gunain aja hp kamu buat nge-install beberapa aplikasi menarik yang bisa ngebantu ngejaga kesehatan mental kamu. Dengan kata lain, daripada kuota kamu abis percuma buat ngeladenin orang-orang yang pada ribut, mending buat download 5 aplikasi kesehatan mental berikut ini:

1. Calm

via amazonaws.com

Ngomongnya doang Keep Calm, tapi kelakuannya kok engga Calm? Well, biar otak, hati, sama mulut kamu lebih sinkron, cobain deh meditasi pakai aplikasi ini. Aplikasi ini nawarin berbagai variasi jenis meditasi dengan sejumlah guru meditasi pribadi sekaligus waktu meditasi yang juga beragam. Dengan begitu, kamu bisa nyesuain setiap sesi meditasi dengan kebutuhan kamu di saat-saat tertentu.

2. Talkspace

via The Next Web
(Sumber: Istimewa)

Buat kamu yang pengen ikutan terapi tapi engga sanggup nanggung biayanya atau engga ada waktu, kamu mungkin bisa cobain aplikasi ini. Dengan aplikasi ini, kamu bisa chatting sama terapis kamu kapanpun kamu mau selama periode yang udah kamu pilih (sesi unlimited dikenain biaya). Walau aplikasi ini engga bertujuan buat ngegantiin sesi terapi tatap muka, seengganya aplikasi ini bakal cukup ngebantu kamu.

3. Self Help Anxiety Management

via citsa.com.au
(Sumber: Istimewa)

Sesuai judulnya, aplikasi ini emang dirancang buat ngebantu orang-orang dalam ngendaliin kecemasan. Di aplikasi ini, para penggunan bisa nyatet tingkat kecemasan mereka dan ngeidentifikai pemicunya. Ada 25 pilihan bantuan mandiri yang tersedia buat ngebantu para pengguna ngatasin gejala fisik dan mental dari kecemasan mereka. Para pengguna bahkan bisa ngerancang alat bantu mereka sendiri dengan fitur-fitur yang tersedian dan berbagi pengalaman dengan sesama pengguna lainnya.

4. Happify

via Created and Managed by The Windstream Talent Acquisition Team
(Sumber: Istimewa)

Pengen ngerasa lebih bahagia? Berkunjunglah ke Happify, Kawan Muda. Program yang disediain aplikasi ini bakal ngasih kamu banyak pilihan buat bisa mencapai tujuan tersebut. Pertama-tama, kamu bakal diminta ikutan tes buat ngelihat titik stres kamu dan kayak gimana pendekatan kamu. Abis itu, aplikasi ini bakal nyaranin kamu jalur kegiatan berdasarkan jawaban tes kamu. Hingga akhirnya, kamu bakal diajak buat nyelesain latihan bersyukur, meditasi, dan belajar lebih banyak tentang diri kamu.

5. Flowy (Flowy Beta)

via Pixelkin
(Sumber: Istimewa)

Berbeda dari empat aplikasi sebelumnya, aplikasi yang terakhir ini merupakan aplikasi permainan. Aplikasi ini dirancang buat ngebantu orang-orang yang ngalamin gangguan panik dan kecemasan. Di aplikasi ini, kamu bakal diajak main dengan ngegunain napas kamu, dengan tujuan emang benar-benar buat ngelatih cara kamu bernapas. Kamu bakal diajarin bernapas dengan diafragma, sehingga kamu bisa bernapas lebih dalam, jantung kamu bakal ngelambat, dan kamu bakal ngerasa lebih tenang. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer