Senin, 22 April 2019

Genmuda – Berbagai cara kreatif bisa dilakukan buat memasarkan sebuah barang, termasuk lewat cara yang agak-agak ektrim dan berbau erotis. Cara seperti itulah yang dilakukan ‘Snack Bikini’ buat masarin bihun kering dalam kemasan yang diproduksinya.

Dari namanya yang hot, bungkusnya pun engga kalah gokil loh. Ada gambar badan perempuan berbikini di bungkusnya. Gambarnya emang kartun, bukan cewek berbikini sungguhan. Namun, itu aja udah cukup bikin geger netizen, pengamat, bahkan pejabat di negara kita ini.

Produsen makanan asal Bandung ini pun dapet surat peringatan dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), 3 Agustus lalu. Di hari itu juga, sejumlah toko online berhenti nampilin iklan produknya. Hari berikutnya, Pemkot Bandung menelusuri keberadaan produsen tersebut.

Tepat di hari Jumat (5/8), Kang Emil, mengimbau produsennya buat menarik semua produk karena dinilai ‘meresahkan masyarakat.’ Alhasil, cemilan yang dijual 15 ribu-20 ribuan itu ‘diburu’ baik oleh pemerintah atau orang-orang.

Terlepas dari cara terkenal seperti itu, ada loh cara lain yang bisa dipakai buat mempromosiin produk makanan dengan cara yang sama kreatifnya. Yuk, kita cek produk-produk snack lokal yang bisa LARIS tanpa pakai unsur EROTIS.

1. Maicih

via Tokopedia - keripik maicih
Ini Maicih versi PT Maicih. (Sumber: Tokopedia.com)
via Tumblr - keripik maicih
Ini Maicih versi CV Maicih. (Sumber: Tumblr).

Inilah produk lokal yang pertama kali berani berinovasi. Bayangin aja bisa ada keripik singkong yang keripiknya dipotong engga rata, pecah-pecah, kecil-kecil, keras, tapi bisa laris-manis di sejumlah kota. Di dirikan pada 2010, CV Maicih mulai memproduksi keripik singkong pedas dengan berbagai level.

Level 1 paling cemen dan level 10 paling pedas. Selain keripik singkong, Maicih juga memproduksi bakso goreng. Ketenarannya memuncak pada 2011. Namun, para pemilik perusahaan maicih berselisih pendapat yang kemudian berujung pecah kongsi.

Produk Maicih jadi ada dua versi. Versi pertama merupakan maicih di bawah bendera CV Maicih (logonya menghadap depan) dan PT Maicih (logonya madep samping kiri). Anyhow, keduanya tetep memproduksi keripik singkong yang pedesnya bukan main.

2. Keripik Singkong Karuhun

via keripikkaruhun.net - keripik karuhun
(Sumber: keripikkaruhun.net)

CV Saung Karuhun Berkah berdiri 21 Februari 2012 seperti yang tertulis di akta pendiriannya. Engga mau sepenuhnya menyinggung pasarnya Maicih, Karuhun pun bikin inovasi lain. Dia membuat keripik singkong rasa sambel ijo, pedas gurih, kare, dan keju.

Dari segi pemasarannya pun Karuhun nonjolin unsur tradisionalnya. Di situsnya, sejumlah bahasa dan istilah sunda digunakan. Kata timeline pun diubah bukan jadi linimasa, tetapi jadi Balah Abad. Keripik ini punya tagline ‘Resep Jadul Rasa Gaul,’ yang makin nunjukin nilai tradisionalnya.

3. Keripik Singkong Cokoten

via Tokopedia - keripik cokoten
(Sumber: Tokopedia.com)

Lain dari Karuhun, cokoten bisa dibilang ‘keripik singkong kekinian dan rasanya kekinian.’ Ini merupakan salah satu merk keripik singkong lokal yang gerilya pemasarannya. Awalnya Keripik Singkong Cokoten dijual secara offline. Biasanya keripik ini muncul di toko pusat oleh-oleh atau di swalayan lokal yang ada di rest area tol Jakarta-Bandung.

Lama-lama, netizen yang ketagihan mulai ngejualnya secara online. Keripik ini tersedia dengan rasa asin, balado, keju, dan keju pedas. Rasanya jangan ditanya lagi deh. Keberadaan Cokoten pun tersebar dari mulut ke mulut dan puncaknya kira-kira sekitar 2014-2015.

4. Keripik Pisang Mr. Monkey

via tokopedia - mr monkey
(Sumber: tokopedia.com)

Paling engga enam tahun lalu, sebuah produsen keripik pisang asal Lampung berinovasi dengan produknya. Mereka mampu bikin keripik pisang jadi kekinian dengan Keripik Pisang Mr Monkey. Lain dari keripik pisang pada umumnya, Mr Monkey dikemas unik dan eyecatching. Keripik pisangnya pun dipotong kecil tapi tebal-tebal.

Kalo dikunyah, rasanya perpaduan antara garing di luar namun lembut di dalamnya. Rasanya pun bermacam-macam. Ada rasa cokelat, kopi, stroberi, juga susu. Karena itu pula kudapan satu ini diburu dan banyak yang berminat menjadi reseller lewat toko online.

5. Almond Crispy Cheese

via ksm tour - almond crispy cheese
(Sumber: ksmtour.com)

Keju, kue kering, dan almond. Tiga hal yang kalo dipaduin bisa bikin makanan dengan rasa surga dunia. Almond Crispy Cheese pun dibuat oleh produsen oleh-oleh Surabaya Wisata Rasa dan mendadak booming. Makanan yang kebarat-baratan ini pun dielu-elukan sebagai oleh-oleh khas Surabaya sekitar tiga tahun lalu.

Awalnya, produk ini dibuat dengan tiga rasa, yaitu original, green tea, dan cokelat. Selang beberapa bulan, produsen makanan pada mengikuti jejak Wisata Rasa dan membuat ‘Almond Crispy Cheese’ versi mereka masing-masing.

6. Chocodot

(Sumber: Chocodot Garut)

Namanya emang lucu dan gampang diingat. Yup, kudapan satu ini berasal dari daerah Garut, Jawa Barat. Menggabungkan dodol dan cokelat jadi alasan produk ini disukai oleh banyak orang. Khusus dalam kemasannya, merk ini justru malah lebih jeli melihat fenomena di anak muda.

Hasilnya ada Cokelat Anti Galau, Tanggap PHP, Tahan Baper, dan masih banyak lagi. FYI, dalam perjalanannya makanan ini juga engga cuma berorientasi pada keuntungan, tapi sekaligus memperkenalkan panganan lokal (dodol) yang bisa dinikmati secara berbeda dengan balutan cokelat. Salute!

Itulah sejumlah produk lokal yang bisa hip tanpa perlu menjual sensualitas. Bisa disimpulin mereka menggunakan cara paling penting buat memasarkan sebuah makanan. Apa itu? Rasa. Keunikan dan enaknya rasa produk mereka itu yang bikin nama masing-masing meledak di pasaran.

Menurut Kawan Muda snack lokal apa lagi yang tenar tanpa pakai unsur erotis? Yuk tulis jawaban kamu di kolom komentar.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.