Kamis, 18 Juli 2019

Genmuda – Kata orang, bahagia itu sederhana. Sayangnya, saking sederhananya, kadang kita malah jadi suka lupa gimana caranya buat bisa bahagia. Kamu percaya engga, Kawan Muda?

Kalau udah masuk ke hari Senin dan apalagi tanggal tua alias akhir bulan kayak sekarang ini, sebagian dari kamu mungkin bawaannya bakal jadi gampang bete dan males-malesan. Tapi, kamu sebenarnya udah engga perlu lagi terjebak dalam energi negatif kayak gitu, soalnya Genmuda.com punya solusinya.

Memang solusi kayak gimana sih yang bisa ngebantu kamu ngurangin kemalesan dan kebetean kamu? Well, engga perlu ngelakuin hal-hal yang ribet atau gimana-gimana kok, Kawan Muda. Mending kamu baca aja 6 fakta menarik berikut ini, yang dijamin bakal bikin kamu ceria dan semangat lagi:

  1. Senyum udah jadi bawaan lahir

FYI, senyum itu bukanlah sesuatu yang harus kamu pelajari, melainkan sesuatu yang memang udah ada pada diri kamu dari lahir. Sebuah riset yang ngelibatin sejumlah atlet yang buta dan bisa ngelihat udah ngungkapin kalau kedua kelompok atlet tersebut punya ekspresi wajah yang sama saat mereka menang atau kalah dalam pertandingan. Dengan kata lain, sumber ekspresi wajah emosi kita merupakan bagian dari diri kita secara genetis.

  1. Pelukan bisa bikin kamu lebih bahagia

Pelukan memang udah terbukti bisa ningkatin kadar oksitosin pada tubuh alias hormon ‘cinta’ atau ‘perasaan baik’. Tapi, pelukan yang dimaksud di sini bukan cuma sekedar pelukan biasa, melainkan pelukan yang benar-benar baik (baca: niat) dalam durasi minimal 20 detik.

  1. Nolongin orang lain merupakan sifat alami manusia

Siapa bilang manusia makin lama makin saling engga peduli satu sama lain? Nolong orang itu sebenarnya udah jadi bagian dari naluri kita loh, Kawan Muda. Buktinya, sebuah riset yang ngelibatin sejumlah anak berusia 1,5 tahun udah ngebuktiin kalau anak-anak tersebut bakal selalu nyoba buat nolongin orang dewasa yang lagi kesulitan dengan tugas tertentu. Bahkan, anak-anak tersebut ngebantu para orang dewasa tanpa diminta.

  1. Jimat keberuntungan punya manfaat tersendiri

Kalau kamu percaya sesuatu memang bisa ngebawa keberuntungan buat kamu, hal tersebut ternyata benar-benar bakal ngebantu kamu dalam ningkatin performa kamu loh, Kawan Muda. Dalam sebuah riset terbaru dari University of Cologne, para peserta dikasih sebuah bola golf yang katanya bisa ngebawa keberuntungan. Hal itu pun akhirnya bikin mereka ngehasilin pukulan ke lubang 35% lebih banyak daripada para peserta yang pakai bola golf ‘biasa’.

  1. Nontonin video binatang-binatang lucu bisa ngebantu kamu berkonsentrasi

Menurut sebuah riset dari Hiroshima University di Jepang, para peserta riset tersebut cenderung bisa berkonsentrasi lebih baik pada tugas-tugas mereka setelah mereka ngelihat gambar-gambar lucu. Dengan demikian, kamu otomatis punya alasan baru buat makin rajin buka YouTube nih, Kawan Muda!

  1. Mandangin foto si dia bisa ngurangin rasa sakit

Hah, seriusan nih? Iya, fakta yang ini Sherina kok, Kawan Muda. Secara khusus, mandangin foto orang yang kamu sayang bakal ngebantu kamu buat ngurangin rasa sakit secara fisik. Kalau cara ini masih kurang mempan juga, mungkin sekalian aja kamu coba mimpiin si dia atau idola kamu. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer