Minggu, 22 Oktober 2017
Gaya HidupOlahraga

Kualifikasi Piala Dunia 2018 Memanas, Ini 10 Negara yang Sudah Dipastikan Mentas di Rusia

via Istimewa(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Kualifikasi Piala Dunia 2018 memanas. Dari 209 negara yang berkompetisi untuk wakilin zona geografis masing-masing, 10 di antaranya resmi lolos meski kualifikasi belum kelar.

Argentina enggak termasuk salah satu negara yang jago beruntung itu. Albiceleste justru lagi kebakaran jenggot karena terdampar dari posisi lima besar kualifikasi zona Amerika Latin (Zona CONMEBOL).

Salah sediri anak-anak asuh Jorge Sampaoli bertanding seri lawan Peru, Kamis (5/10). Padahal, dominasi dipegang Argentina dengan penguasaan bola hingga 66 persen dan puluhan kesempatan mencetak gol.

Berdasarkan peraturan FIFA, kualifikasi Zona CONMEBOL memilih 4 negara terkuat dan tambahan satu negara lagi melalui pertandingan tambahan (play off) dengan perwakilan zona lain.

Bisa dibilang, Argentina sedang dalam posisi genting. Gak kayak negara-negara di bawah ini yang udah bisa bernapas lega atas kelolosan mereka ke Piala Dunia 2018. Selamat, ya.

Zona Asia

1. Iran

via FIFA.com
(Sumber: FIFA)

Iran lolos ke Piala Dunia 2018 setelah juarai Grup D Ronde 2 juga Grup A Ronde 3 kualifikasi Zona Asia. Kemenangan besarnya diperoleh saat lawan Guam, 3 September 2015 dan 17 November 2015 dengan skor masing-masing 6-0 untuk Iran.

2. Jepang

via FIFA
(Sumber: FIFA)

Skuad Samurai Biru juga bisa pesta gol sebanyak Iran, waktu lawan Afghanistan, 8 September 2015. Jalan juara Grup E Ronde 2 dan Grup B Ronde 3 ini menuju Russia harus tersandung dua kekalahan, salah satunya dari Arab Saudi yang merupakan runner-up grup.

3. Korea Selatan

via FIFA
(Sumber: FIFA)

Tim yang julukannya sama kayak Manchester United ini lolos sebagai runner-up Grup A Ronde 3. Sepanjang kualifikasi, Korea Selatan kalah tiga kali, beberapa di antaranya dari China dan Qatar.

4. Arab Saudi

via FIFA
(Sumber: FIFA)

Skuad Elang Hijau Padang Pasir sempet beradu face to face dengan para Samurai Biru. Dari dua kali pertemuan, skor agregat keduanya 2-2. Namun, Saudi harus mengakui keunggulan sepak terjang Jepang secara keseluruhan.

Di Zona Asia, FIFA masih nyari satu pemenang lagi melalui pertandingan play off antara Syria lawan Australia.

Zona Eropa

5. Russia

via FIFA
(Sumber: FIFA)

Pasti lolos, lah! Dia kan tuan rumahnya!

6. Belgia

via FIFA
(Sumber: FIFA)

Negara yang terkenal karena waffle dan cokelat-nya ini tergolong beruntung. Hasil kocokan kualifikasi ronde satu menempatkan Belgia di Grup H bareng Bosnia-Herzegovina, Yunani, Siprus, Estonia, dan Gibraltar. Ya jelas aja Lukaku dan kawan-kawannya lolos sebagai juara grup.

7. Inggris

via FIFA
(Sumber: FIFA)

Seperti biasa, Inggris melalui kualifikasi dengan kombinasi keberuntungan dan kemantapan. The Three Lions lolos dari Grup F yang beranggotakan Slovakia, Slovenia, Lithuania, Malta, dan Skotlandia yang jadi runner up.

8. Jerman

via FIFA
(Sumber: FIFA)

Ibarat mesin tempur, Jerman menyabet poin sempurna dalam kualifikasi Grup C. Sembilan kali tanding, sembilan kali itu pula jadi juara. Irlandia Utara, Ceko, Norwegia, Azerbaijan, apalagi San Marino engga berkutik.

Karena Zona Eropa dijatahin ngirim 14 negara, maka kualifikasi masih berlangsung hingga diperoleh 10 negara lagi.

Zona CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, Karibia)

9. Meksiko

via FIFA
(Sumber: FIFA)

El Tri udah tenang setelah lalui Ronde 4 sebagai juara tak terkalahkan dari Grup A lalu peroleh peringkat pertama Zona Concacaf. Kualifikasi masih nyari tiga negara lagi untuk dibawa ke Russia.

Zona CONMEBOL (Amerika Latin)

10. Brazil

via FIFA
(Sumber: FIFA)

Langganan Piala Dunia ini yang terkuat di Zona CONMEBOL. Setelah diadu dengan semua negara anggota zona, Brazil cuma kalah sekali waktu lawan Chile, 8 Oktober 2015.

Kualifikasi zona negara tangguh ini masih berlangsung hingga FIFA nyari tiga peringkat teratas CONMEBOL dan satu negara yang harus play off lawan perwakilan zona lain. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.