Senin, 24 Februari 2020

Genmuda – Ya namanya juga pacaran, pasti ada aja kan masalahnya. Entah kamu yang salah, doi yang salah, atau mungkin dua-duanya yang salah. Katanya, berantem itu adalah bumbu-bumbu di dalam suatu hubungan gitu deh.

Tapi apa jadinya kalo kamu yang ketauan selingkuh sama doi? Duh lagian kenapa mesti selingkuh coba? Doi yang terlalu baik apa kamu yang terlalu bodoh? Ups. Nah, kalo kamu udah ketauan selingkuh tapi masih pengen tobat dan menyelamatkan hubungan kalian, ikutin beberapa langkah dibawah ini deh.

Jujur

Jangan pernah sekalipun kamu ngeles atau cari-cari alasan lain ketia kegep selingkuh. Apalagi menutupi kebohongan kamu dengan kebohongan lain, duh yang ada makin parah deh nanti. Katanya, lebih baik sakit sekarang dan tau dari kamu sebagai tersangka, daripada taunya nanti, dan dari orang lain. Nah lo.

Mending kamu jujur aja, masalah doi mau terima kejujuran kamu apa enggak, ya itu urusan nanti. Yang penting kamu pun gak terlalu merasa bersalah banget sama doi. Gak cuma jujur sama kesalahan kamu di masa lalu, tapi jujur juga sama nasib hubungan kalian, apakah kira-kira dia bisa maafin kamu apa gak, dan apakah kamu (khususnya doi) mau maafin untuk balikan sama kamu.

Jujur juga sama diri sendiri

Selain jujur sama doi yang udah kamu kecewakan, jujur juga sama diri kamu sendiri. Kamu selingkuh karena masalah apa? Mungkin emang bukan pure kesalahan kamu atau doi pribadi, bisa aja ini karena masalah yang gak kalian sadari ternyata dibuat bareng-bareng.

Kamu harus sadar kalo apa yang kamu lakuin ini salah, dan gak boleh diulangi lagi. Kalo diulangi lagi, mungkin bukan salah dianya, tapi salah kamunya aja kenapa curang. Tanya juga sama diri kamu sendiri, apakah hubungan ini mesti dilanjutin apa gak.

Curhat, cari solusi dari orang lain

Kalo ada masalah kayak gini pasti gak bisa disimpen sendiri, dan mungkin penyelesaiannya pun bisa dateng dari orang terdekat kita. Alangkah lebih baiknya kalo kamu ceritain masalah ini ke orang yang kamu percaya dan kamu yakin kalo dia bisa bantu. Ya biar bikin kamu ngerasa plong aja sih.

Tapi pilih-pilih juga curhatnya ke siapa

Nah, jangan ngasal juga curhatnya ke siapa. Cari temen curhat yang sekiranya obyektif dan gak memihak salah satu dari kalian. Jangan sampe apa yang kamu ceritain ke dia malah jadi bumerang, dan justru memperparah hubungan kalian.

Tapi, kebanyakan cerita ke orang-orang yang beda juga bakal ngebangun banyak opini, dan ujung-ujungnya kamu bakal bingung sendiri sama masukan-masukan yang dikasih. Makanya, lebih baik kamu cerita ke orang yang kamu bener-bener percaya aja ya.

Jangan maksa, jangan drama

Udah jujur ke pasangan kamu, udah jujur sama perasaan kamu juga, udah cerita ke beberapa temen yang kamu percaya, saatnya kamu tinggal pasrah aja sama keputusannya doi, mau balikan sama kamu apa gak. Ajak doi ngobrol pelan-pelan dan baik-baik, supaya masalahnya cepet selesai.

Intinya, gak usah maksa doi buat bisa kembali kayak semula gengs. Nah, selama masalahnya belum selesai, jangan caper. Gak usah ada drama-drama yang memperparah prasangka buruk dia ke kamu. Biasa aja, kan yang ketauan selingkuh kamu, kok malah kamu yang drama? (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.