Kamis, 17 Oktober 2019

Genmuda – Pada akhir pekan lalu, satu pemandangan yang rasanya sulit untuk ditemukan akhirnya terjadi. Walikota Bandung, Ridwan Kamil, duduk sejajar dengan Eben dari Burgerkill dan Gebeg dari Taring di acara Extreme Moshpit TV. Beliau diundang kedua pembawa acara tersebut dalam episode yang diberi tajuk ‘Kota Musik yang Ideal’.

“Saya ingin tunjukan, di mana lagi di dunia, ada pemerintah kota, yang formal, tiba-tiba jeung anak metal gabung gitu,” tutur Ridwal Kamil di tengah-tengah pembicaraan.

Engga ingin melewati kesempatan baik ini, Eben banyak menyinggung sarana dan prasarana yang tersedia di Bandung, khususnya di ranah pertunjukan. Ketika ditanya tentang kota musik yang ideal, pria yang akrab disapa Kang Emil itu menjawab,

“Disebut ideal itu pada saat musik jadi budaya. Musik itu kalo masih jadi urusan ekonomi, itu belum jadi kota musik. Tapi, kalo jadi budaya, tidak ada ekonomi uang. Orang memang suka bermusik, itulah baru kita sebut budaya,” paparnya.

Dirinya melanjutkan, “Kira-kira butuh apa? Makanya ekspresi-ekspresi atau aspirasi itu tolong dikumpulkan. Karena dalam waktu sekian bulan, saya akan bikin master plan untuk menentukan rute ‘Bandung Kota Musik’. Alhamdulillah saya berbicara sama Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur, ada proyek tiga hektar di Cikutra untuk dibikin gedung konser musik kelas dunia.”

Selain merencanakan pembangunan gedung musik bertaraf internasional, Kang Emil berencana akan membangun museum musik. Dirinya pun menjamin harga sewa gedung konser akan lebih murah untuk para musisi asli Bandung yang ingin menggunakannya. “Kan uang rakyat, untuk yang anak Bandung dimurahkan,” ucap Kang Emil yang mengenakan kaos berwarna hitam bertuliskan Burgerkill.

(Ilustrasi: Genmuda.com/2016 Mahardika Angga)
(Ilustrasi: Genmuda.com/2016 Mahardika Angga)

“Nongkrong itu keren, asal no narkoba” – Ridwan Kamil

Dalam acara tersebut, Eben dan Gebeg pun berhasil menggali rencana pemerintah kota Bandung dalam waktu dekat. Kang Emil menjawab, yang pertama adalah ‘Bandung Kota Musik’ dengan tema yang berbeda di setiap bulan. Lalu, rencana kedua adalah konsep ‘Little Bandung’ di mana produk-produk terbaik dari Bandung menyebar ke seluruh dunia.

Well, kita doain aja ya semoga program dan ide dari Kang Emil ini bisa direalisasikan dalam waktu dekat. Yuk, langsung simak cuplikan wawancara Kang Emil di Extreme Moshpit TV!

(sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis