Jum'at, 17 November 2017
Gaya HidupFashion and Look

“Kenapa Cewek Suka Pake Lisptik?” Ini Sejarahnya, Gengs!

©Genmuda.com/2017 TIM©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Dari sekian banyak cewek di dunia kebanyakan dari mereka pasti pernah menggunakan lipstik. Sebagai salah satu makeup tools, lipstik emang perlu dibawa kemana-mana. Cowok mana pernah tau sih, bertapa pentingnya lipstik buat cewek?

Eniwei, kamu tau gak, sebelum jadi alat paling berguna di bidang kecantikan ternyata lipstik punya cerita sejarah yang cukup panjang dan cukup complicated di berbagai negara.

Barangkali kamu salah satu orang yang suka pake barang ini, gak ada salahnya baca artikel yang Genmuda.com bahas kali ini. Buat kamu yang cowok juga perlu baca kok, siapa tau bisa jadi bahan obrolan menarik, buat pacar atau gebetan. Yuk, cekidot.

Dimulai dari peradaban kuno

via: Inonit
(Sumber: Istimewa)

Banyak buku sejarah menulis bahwa bangsa kuno Mesir yang menemukan lipstik pertama kali. Namun demikian, versi lain juga menyebut bahwa bangsa Sumeria adalah yang pertama kali menciptakannya sebagai obat dan menambah daya tarik. Warna merahnya berasal dari buah-buahan, tanah liat, dan serangga.

Bangsa Mesir lah yang kemudian ‘beride’ mengubah warna lipstik menjadi agak gelap. Lewat sejumlah bahan berbahaya kayak campuran timbal dan yodium yang sangat berbahaya bagi kesehatan, hingga menyebabkan kematian.

Pada Kerajaan Yunani, lipstik diidentikan sebagai simbol prostitusi, bahkan ada aturan yang mengharuskan pekerja seks komersial menggunakan lipstik berwarna gelap.

Penemu lipstik padat adalah ilmuan Arab

via: Famous People
(Sumber: Famous People)

Percaya atau gak, lipstik padat pertama kali diciptakan pada tahun 900 Masehi oleh ilmuan muslim, Al-Zahrawi atau yang dikenal dengan nama Abulcasis.

Lisptik di abad pertengahan dilarang

via: giphy

Abad pertengahan di Eropa, aturan gereja menetapkan jika penggunaan lipstik dilarang keras dengan alasan apapun. Soalnya lipstik mereka dikaitkan dengan penyembah setan, dan kalo ada ada yang masih tetep memakainya maka bisa dianggap sebagai penyihir.

Setelah dilarang muncul lagi di abad 16

via: List Verse
(Sumber: List Verse)

Siapa sangka, ternyata lipstik yang udah lama hilang dipopulerin lagi oleh Ratu Elizabeth. Sang Ratu sengaja pake lipstik merah untuk memberikan sentuhan cerah terhadap makeup wajahnya yang putih pucat. Karena masuk barang mewah saat itu, lipstik cuma dipake oleh kaum bangsawan, aktor dan aktris.

Lipstik dijual pertama kali oleh perusahaan parfum

via: Pinterest
(Sumber: Istimewa)

Perusahaan parfum asal Prancis, Guerlian, menjadi perusahaan pertama yang memproduksi lipstik secara komersil. Lipstik yang mereka buat berasal dari lemak rusa, lilin sarang lebah, minyak jarak, dan dibungkus dengan kertas sutra. Harganya jelas mahal buaaaangggeeeettt, girls!

Tapi karena wadahnya agak repot dan mahal, barulah di tahun 1915, pengusaha asal Amerika Serikat, Maurice Levy, menciptakan lipstik dalam wadah (gambar di atas) sebagaimana yang kita kenal sekarang.

Cewek bisa memakan lipstik mereka sampe 2 kilogram

via: Metro

Serius. Seperti yang pernah Genmuda.com tulis, bahwa cewek yang sering menggunakan lipstik (atau mungkin setiap hari) secara enggak sadar telah memakan sekitar 2 kilogram lipstik selama mereka hidup. Goks!

Lipstik laris saat musim hujan

via: Youtube
(Sumber: Istimewa)

Cowok-cowok gak usah protes, karena sebuah penelitian mengatakan bahwa pada musim dingin atau musim hujan seperti sekarang penjualan lipstik justru malah meningkat dibandingkan musim biasanya. Tau kenapa? Mungkin makeup mereka sering luntur kalo habis kehujanan. Okesip!

Jadi lipstik mana nih yang paling cocok buat kamu, girls? Atau mau tau lipstik yang ngewakilin pribadi kamu? Baca aja artikel ini!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.