Jum'at, 17 November 2017
HubunganSahabat

Kelakuan-kelakuan Sepele Ini Harus Dihindari kalo Kamu Pengen Persahabatan Awet Selamanya

©Genmuda.com/2017 TIM©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Persahabatan dianggap penting banget dalam hidup, baik menurut berbagai artikel jurnal psikologi, tokoh fiktif, hingga mitos. Tanpa persahabatan kan kehidupan terasa hambar dan sulit dihadapi. Secara, manusia itu makhluk sosial.

Dikutip dari psychologytoday.com, Maret 2017, persahabatan merupakan kunci kesehatan mental dan fisik yang terjaga. Bahkan riset terdahulu bilang kalo persahabatan begitu penting dalam proses penyembuhan pasien kanker payudara, sementara kesepian bikin kondisi makin buruk.

Sementara itu, serial “My Little Pony” selalu bilang kalo friendship is magic. Para kuda-kuda cantik di serial itu pun memperoleh kekuatan sihir pemberantas kejahatan melalui persahabatan satu sama lain. Bahkan lawan bisa jadi kawan di serial itu.

via istimewa

Pentingnya pertemanan juga diungkap sama John Titor yang mengaku seorang penjelajah waktu dari masa depan. Di antara berbagai wejangannya untuk orang-orang “di masa lalu,” dia bilang pentingnya menjalin hubungan baik dengan orang-orang yang jauh.

Dari pendapat-pendapat itu kan udah jelas banget kalo persahabatan merupakan sesuatu yang perlu dijaga. Bahkan agama pun menyatakan hal itu. Oleh karenanya, buru-buru jauhi kelakuan perusak persahabatan, seperti di bawah ini.

1. Iri

via tenor.com

Postingan temen yang udah nikah, kenalan yang kini lagi sibuk bikin usaha, atau mantan yang dapet pacar baru rentan banget bikin perasaan gundah. Orang menyebutnya galau, padahal itu iri.

Itu harus dihindari banget karena iri bikin seseorang bertindak negatif demi mencapai sesuatu yang gak dibutuhin amat karena tujuan utamanya ya cuma supaya temen-temen pada iri.

2. Rebut gebetan temen

Meski gak ada kata curang dalam urusan cinta dan peperangan, tikung-menikung gebetan tetep merupakan salah satu sumber permasalahan utama dalam persahabatan. Kalo itu jadinya, pilihannya cuma dua. Pilih cinta atau persahabatan? Drama deh.

3. Ceng-cengan sepele

via tenor.com

Saat masa-masa bulan madu dalam pertemanan, cengcengan rutin termasuk salah satu bumbu penyedap yang mempererat hubungan. Tapi, kesabaran orang ada batasnya. Dia yang dulu diem aja dikatain bau belum tentu menerima ceng-cengan itu sekarang.

4. Miskom di grup

Miskomunikasi di grup WhatsApp sering berakhir bencana. Misalnya, saat lagi rame-ramenya ngomongin ngumpul bareng. Salah seorang anggota grupnya mungkin gak ngeliat rencana itu karena menganggap lagi pada becanda biasa. Hingga akhirnya, doi gak ikut ngumpul.

Masalahnya muncul ketika foto-foto acara kumpul bareng itu diupload ke medsos. Mereka yang gak hadir bakal ngerasa gak diajak dan akhirnya left grup tanpa bersedia diundang lagi.

5. Gak ngasih seragam di kawinan

via tenor.com

Seragam bridesmaid dan bestman biasanya diberikan yang punya hajat kepada temen deketnya. Namun, sering muncul kecemburuan antara temen yang engga dapet seragam dengan temen yang dapet.

Karena ngerasa bukan sahabat, mereka yang gak dapet seragam lama-lama menjauhkan diri dengan sendirinya, hingga akhirnya jadi stranger padahal sebenernya temenan.

6. Minjem duit lupa dibalikin

Makin bertambah usia, makin seseorang sadar betapa pentingnya nilai uang dalam hidup. Memang, uang itu bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. Dan satu hal yang terpenting, uang sama sekali engga mengenal yang namanya pertemanan. Jadi, jangan lupa lunasin semua hutang ke temen.

7. Lupa berkabar

via tenor.com

Hubungan manusia dengan internet itu sebenernya unik banget. Padahal tinggal kirim-kiriman DM atau ngechat temen yang udah lama gak ada kabar, tapi kayaknya engga ada waktu di tengah kesibukan.

Giliran ngepoin postingan seleb, waktunya ada terus. Pertemanannya pun udah aja gitu, hilang dengan sendirinya karena lama gak ada kabar. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.