Kamis, 20 Juni 2019

Genmuda – Hidup emang penuh misteri, begitu juga sama masalah kesehatan sehari-hari. Banyak di antara kita yang ngira suatu kebiasaan jorok akan berbahaya bagi kesehatan, padahal belum tentu loh, gengs!

Menurut sejumlah penelitian, seenggaknya 5 kebiasaan jorok ini punya manfaat lebih supaya sistem imun di tubuh kamu jadi lebih kuat dan gak gampang sakit. INGET ya, meskipun baik, Genmuda.com gak nganjurin kamu ngelakuin 5 kebiasaan di bawah ini di depan umum.

1. Makan bawang putih

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Banyak di antara kita menghindari makan bawang putih dalam jumlah besar. Padahal sayuran ini punya manfaat besar buat ngejaga kondisi badan kamu di musim pancaroba kayak sekarang. Soalnya bawang putih punya senyawa kimia tertentu dalam sistem kekebalan tubuh manusia yang bertanggung jawab melawan virus dan bakteri.

“Bawang putih punya sifat antiinflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh,” kata Dr. Tania Elliott, Ahli Alergi / Imunologi di NYU Langone Health.

2. Pakai pembersih lidah

(Sumber: Istimewa)

Gak usah ngerasa jorok duluan, gengs. Faktanya menyikat lidah itu penting buat ngejaga kekebalan tubuh kamu dari penyakit karena lidah adalah bagian pertahanan pertama dalam sistem imun tubuh manusia.

Dengan ngebersihin lidah secara rutin akan mencegah racun diserap kembali oleh tubuh kamu dan akan meningkatkan fungsi imun secara keseluruhan. Lagipula udah banyak kok sikat gigi yang satu paket dengan pembersih lidah.

3. (Gak sengaja) Makan Upil

via: Ask.fm
(Sumber: Istimewa)

Inget, konteksnya gak sengaja ya. Bukan dijadiin cemilan rutin kamu. *IYUH Menurut Dokter Khalid Saeed, spesialis penyakit dalam asal Philadelphia, secara teori lendir dalam hidung menyaring kuman sebelum masuk kedalam tubuh kamu.

“Oleh karena itu memakan ‘upil’ akan melatih tubuh untuk melawan kuman-kuman tersebut.” jelas Khalid.

Dengan kata lain, kamu gak usah khawatir kalo ada interaksi dengan kuman di tubuh kamu sendiri, karena hal tersebut dapat mengingkatkan sistem kekebalan tubuh, meski kamu gak sengaja memakannya.

4. Jarang Mandi

©Tiger Simon/zefa/Corbis
(Sumber: Istimewa)

Tanpa maksud ngebela atau membenarkan orang-orang yang jarang mandi, namun menurut sejumlah penelitian mengatakan bahwa jarang mandi akan ngebantu bakteri penangkal penyakit yang menempel di kulit kamu.

Kalo kamu gak mau bau badan, sebaiknya mandi dengan air dingin karena menurut penelitian, tubuh kita akan mencoba melakukan pemanasan alami yang akan meningkatkan metabolisme dan mengahasilkan sel darah putih untuk melawan penyakit.

5. Jarang keramas

Via Google
(Sumber: Istimewa)

Jarang keramas punya manfaat buat bakteri baik untuk menjaga kekebalan tubuh kamu. Sebaliknya kalo keseringan keramas akan membuang minyak berlebih sekaligus membawa bakteri baik di rambut kamu.

Dalam musim hujan kayak sekarang, idealnya kamu cukup keramas 2 kali seminggu. Etapi perlu diinget, gak keramas bukan berarti hak membasuh rambut kamu dengan air bersih ya.

Comments

comments