Minggu, 16 Desember 2018

Genmuda – Para cowok suka dianggap kucel karena punya jenggot di wajah? Stop! Gak usah pusing atau buru-buru cukur bulu jenggot kamu. Selain baik untuk kesehatan dan kelembaban kulit saat udara dingin, jenggot ternyata bisa jadi mahkota buat para cowok.

Berdasarkan studi dari Journal of Evolutionary Biology (2016), mereka menemukan bahwa jenggot membuat banyak wanita tertarik terhadap cowok. Dalam studi tersebut para peneliti melibatkan 8.500 cewek untuk menanyakan apakah cowok berjenggot atau gak berjenggot sesuai dengan tipe cowok yang mereka sukai.

Selanjutnya mereka dikasih foto cowok yang sama dengan empat situasi berbeda. Pertama foto sehabis cukur jenggot, lalu lima hari setelahnya, sepuluh hari hari setelahnya, dan empat minggu setelahnya.

via: Wiley Online
(Sumber: Istimewa)

Hasilnya ternyata setiap cewek single alias jomblo dalam studi tersebut lebih menyukai foto keempat, alias cowok dengan jenggot di wajah mereka. Cowok yang berjenggot lebat punya posisi paling atas, disusul oleh sedang dan tipis. Sedangkan posisi paling buncit adalah wajah cowok tanpa jenggot.

Para peneliti dalam studi ini mengatakan bahwa hal ini gak berkaitan kalo jenggot sebagai ciri pria dewasa atau maskulin. Sebaliknya studi ini menghasilkan satu teori jika jenggot akan memberikan daya tarik bagi perempuan dan membuat hubungan mereka langgeng.

“Jenggot mungkin lebih menarik bagi wanita ketika mereka mempertimbangkan hubungan jangka panjang ketimbang jangka pendek karena jenggot menunjukkan kemampuan laki-laki untuk berhasil bersaing secara sosial dengan laki-laki lainnya dalam segi penampilan.” ungkap para peneliti.

Tuh, kalo pengen terlihat menarik mendingan pelihara aja jenggot kamu dari sekarang. Tentunya sambil merawat kebersihannya juga ya. Selamat mencoba! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.