Jum'at, 17 November 2017
Gaya HidupTeknomotive

Kata Penelitian Microsoft: Indonesia Paling Rentan Diserbu Virus dan Hacker (Ini 7 Cara Mencegahnya)

via telset.id(Sumber: telset.id)

Genmuda – Indonesia termasuk salah satu negara selain Bangladesh, Kamboja, Myanmar, dan Vietnam yang paling terancam kejahatan siber menurut Security Intelligence Report (SIR) Microsoft Asia Pasifik, Kamis (7/9). Satu dari empat komputer dilaporin jadi korban dalam kurun Januari-Maret 2017.

Jumlah serangan itu jauh lebih besar dari rata-rata dunia yang perbandingannya sekitar satu dari 10 komputer. Hingga akhir tahun, jumlahnya bisa terus nambah tergantung pola pemakaian komputer dan kesadaran berinternet yang aman orang Indonesia.

SIR yang Genmuda.com terima juga bilang kalo serangan di Indonesia terjadi lewat program berbahaya (malware) berisi penyusup (trojan), penduplikat (worm), atau gabungan keduanya. Efeknya bisa berupa kehilangan file, pencurian data, hingga kerusakan komputer secara fatal.

via tumblr.com

Keamanan digital Tanah Air juga makin terancam akibat ransomware macam WannaCrypt dan Petya yang sempet merebak beberapa bulan lalu. Program berbahaya itu menyebabkan komputer sama sekali engga bisa diakses kecuali ditebus dengan uang kepada para hacker yang bertanggung jawab.

Berdasarkan penelitian pola pemakaian internet di Indonesia, kesimpulan SIR dan laporan detilnya nganjurin beberapa praktek untuk mengurangi risiko siber. Liat aja di bawah ini.

1. Jangan kerja di hotspot/Wi-Fi umum

via imgur.com

Kebiasaan pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk nyari internet gratisan terbukti berbahaya. Seorang hacker yang menghack sebuah jaringan Wi-Fi dapat dengan mudahnya mengintip komunikasi digital tiap laptop bahkan ponsel yang terhubung ke jaringan tersebut, bahkan sampe nyolong data.

2. Teratur memperbarui OS dan program

Tiap pembaruan OS dan program pasti berisi pembaruan sistem keamanan supaya gak gampang diterobos hacker. Seperti halnya para hacker yang gak pernah berhenti berusaha, para developer pun selalu nawarin update kepada pengguna program aslinya. Sebuah peringatan besar untuk para pengguna program bajakan.

3. Belajar bikin password

via imgur.com

Belajar deh lagi bikin password yang panjang, gak huruf doang, dan cuma dipahami sendiri. Lebih penting lagi, buatlah password khusus untuk masing-masing akun digital karena satu password untuk banyak penggunaan sangat beresiko. Hacker yang berhasil nyolong password di satu akun dapat dengan mudahnya log in di akun lain.

4. Mengaktifkan metode otentikasi multi faktor

Jangan bingung sama istilah teknis ini. Faktanya, kemungkinan besar kamu telah mengetahui prosesnya tanpa tau namanya. Pernah buka Facebook, Google, dan Twitter lalu kamu diminta memasang “two-factor authentication”? Itulah dia.

Dengan mengaktifkan fitur itu, kamu cuma bisa login setelah memasukkan user-name yang benar, password yang sesuai, dan mengonfirmasi log-in kamu melalui ponsel. Makanya, kamu harus ngasih nomor ponsel kamu saat aktifin fitur itu.

5. Melindungi data penting

via tumblr.com

Program-program Microsoft Office punya fitur untuk mengunci file-file tertentu supaya gak bisa dibuka kecuali oleh pemilik passwordnya, loh. Aktifin fitur itu biar data penting tetep gak bisa dibaca meski hacker berhasil bobol komputer.

Cara lain adalah dengan nyimpen data-data penting ke penyimpanan lain. Maka, selalu sedia hardisk eksternal dan satu akun cloud storage khusus untuk mem-back-up data-data yang engga boleh diketahui orang lain.

6. Untuk kesejuta kalinya, INSTALL ANTIVIRUS!

Saran ini harus banget diteriakin tepat ke sebelah telinga karena riset SIR nunjukin, cuma 80% netijen Indonesia yang menginstall antivirus sementara angka rata-rata dunia tuh hampir 90%. Artinya, masih ada warga Indonesia yang engga sadar pentingnya anti virus. Download aja keleus. Banyak yang bagus dan gratis, kok!

7. Untuk kesemiliar kalinya, JANGAN MASUK SITUS BERBAHAYA!

via pinterest.com

Browser modern macam Chrome, Dolphin, Firefox, Safari, Edge, BAHKAN INTERNET EXPLORER selalu memperingatkan tiap kali mendeteksi situs berbahaya. Jangan badung! Jangan buka situs itu meski keliatannya aman-aman aja.

Meski situsnya gak mengandung trojan atau worm, bisa aja pertahanan situsnya yang lemah sehingga para hacker dengan gampangnya bisa ngintipin data di komputer-komputer yang lagi terhubung ke situs itu.

Tuh. Perhatiin baik-baik hasil laporan SIR di atas supaya kamu gak jadi korban kejahatan siber selanjutnya. Kalo kata iklan, safety can be fun kok, gaes. Selamat internetan dan jangan lupa tulis komentar kamu di bawah ini, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.