Senin, 22 April 2019

Genmuda – Masa liburan telah tiba dan semester genap udah berakhir. Sebagian dari Kawan Muda mungkin ada yang masih harus ngejalanin sekolah di semester depan, tapi ada juga yang udah lama engga sekolah dan saking lamanya jadi kangen masa-masa sekolah.

Saat masih sekolah, kita emang cenderung pengen buru-buru lulus biar engga harus bangun pagi dan ribet ngerjain tugas atau dimarahin guru. Sebaliknya, saat udah lulus kuliah dan akhirnya terjun ke dunia kerja, yang ada kita malah pengen sekolah lagi gara-gara tuntutan pekerjaan yang jauh lebih berat.

Nah, buat kamu para fresh graduate atau pekerja muda yang kangen dengan masa-masa sekolah yang seakan engga ada matinya, mending kamu nonton film aja, Kawan Muda. Di negara lain maupun di Indonesia sebenarnya ada banyak banget loh film seputar SMA dan kuliah yang bisa kamu jadiin ajang nostalgi(l)a. Berikut ini adalah 10 contoh di antaranya, yang bisa kamu tonton selama liburan nanti:

1. ‘Dead Poets Society’ (1989)

Film drama Amerika garapan Peter Weir ini berlatar tahun 1959 di sebuah sekolah asrama konservatif elit bernama Welton Academy. Film yang dibintangi oleh mendiang Robin Williams ini ngisahin tentang seorang guru bahasa Inggris bernama John Keating, yang lewat pengajaran puisinya berhasil ngebantu murid-muridnya ngehadapin berbagai tekanan dan ngejar mimpi mereka.

Film yang sukses di box office dan dapat banyak pujian ini cocok buat kamu tonton kalo kamu lagi kangen sama guru favorit kamu. Lewat film ini, kamu bisa ngelihat gimana seorang guru berhasil ngeinspirasi murid-muridnya dengan cara yang engga biasa supaya mereka lebih percaya diri.

2. ‘AADC’ (2002)

Kalo yang satu ini mah banyak di antara kamu pasti udah pernah nonton. Tapi, engga ada salahnya kok kalo kamu mau nonton lagi. Apalagi setelah ratusan purnama berlalu, baru-baru ini sekuelnya juga udah dirilis dan ngisahin kelanjutan hubungan Cinta dan Rangga maupun dengan teman-temannya.

Singkatnya, salah satu film yang ikut nandain kebangkitan film Indonesia di awal 2000-an ini bercerita tentang kehidupan SMA yang naik turun, khususnya dari segi percintaan maupun persahabatan. Jangan ngaku anak Generasi 90-an atau anak SMA populer banget kalo kamu belum nonton film ini!

3. ‘School of Rock’ (2003)

Film komedi Amerika ini berkisah tentang Dewey Finn (Jack Black), seorang vokalis dan gitaris rock yang dikeluarin dari bandnya dan nyamar jadi seorang guru pengganti di sebuah sekolah elit. Setelah ngelihat bakat musik dari murid-muridnya, doi pun ngebentuk sebuah band rock buat ikutan kompetisi.

Engga jauh beda dari film pertama, film garapan Richard Linklater ini pada dasarnya masih nyeritain seputar guru dan pengajarannya yang anti-mainstream. Bedanya, film ini merupakan versi yang lebih gokilnya. Kamu dijamin bakal ngakak banget deh ngelihat tingkah Black yang nge-rock abis!

4. ‘Catatan Akhir Sekolah’ (2005)

Potongan adegan Catatan Akhir Sekolah (Sumber: Istimewa)
Potongan adegan ‘Catatan Akhir Sekolah’ (Sumber: Istimewa)

Wah, kalo yang satu ini mah bisa dibilang udah jadi ajang nostalgi(l)a banget buat kamu yang lagi pada kangen masa-masa SMA. Film karya sutradara Hanung Bramantyo ini nyeritain tentang tiga siswa SMA yang pengen ngebikin film dokumenter tentang sekolahnya buat ditayangin di acara pentas seni.

Buat kamu yang baru pada lulus khususnya, film yang dibintangi oleh Vino Bastian, Ramon Y Tungka, dan Marcel Chandrawinata ini jelas bakal ngasih kenangan tersendiri. Persahabatannya ada, cinta-cintaannya ada, dan nakalnya juga ada. Lengkap dan pas banget pokoknya buat ngegambarin masa-masa SMA!

5. ‘High School Musical’ (2006)

Pertama kali ditayangin di Disney Channel, film televisi ini ngisahin dua siswa SMA dari geng saingan — Troy Bolton (Zac Efron) dan Gabriella Montez (Vanessa Hudgens) — yang sama-sama nyoba buat ngisi bagian utama dari pertunjukan musikal di SMA mereka. Walau ditentang banyak pihak, mereka tetap berusaha keras buat ngatasin tekanan yang ada dan justru mampu ngeinspirasi teman-teman mereka.

Kalo film SMA yang ikonik di Indonesia ada ‘Catatan Akhir Sekolah’, di Amerika ada ‘High School Musical’. Sama kayak ‘CAS’, film ini juga diwarnain beragam hal khas anak SMA, mulai dari yang nyenengin sampai yang nyebelin. Bedanya ya paling film ini film musikal, jadi banyak nyanyi dan narinya.

6. ‘Crows Zero’ (2007)

Diadaptasi dari manga ‘Crows’ karya Hiroshi Takahashi, film ini berfokus pada perebutan kekuasaan di antara kelompok-kelompok siswa (baca: geng) di SMA Suzuran yang isinya cowok semua. Film yang disutradarai Takashi Miike ini disusul pula dengan dua sekuel, yaitu ‘Crows Zero 2’ dan ‘Crows Explode’.

Dibintangi oleh Shun Oguri, Kyōsuke Yabe, Meisa Kuroki, dan Takayuki Yamada, film ini intinya bakal ngingatin kamu lagi akan kenakalan kamu dan teman-teman kamu maupun kenakalan (mantan) pacar kamu. Abis nonton film ini, semoga aja kamu engga balik lagi ke masa-masa ‘sok jagoan’ kayak gitu ya.

7. ‘3 Idiots’ (2009)

Masih film hasil adaptasi, kali ini ada ‘3 Idiots’, yang diadaptasi secara bebas dari novel ‘Five Point Someone’ karya Chetan Bhagat. Film ini nyeritain tentang dua orang sahabat yang lagi nyariin seorang sahabat mereka dari jaman kuliah. Selama proses pencarian, mereka teringat gimana sahabat mereka itu udah ngeinspirasi mereka buat berpikir secara berbeda walau orang lain nganggap mereka “idiot”.

Engga peduli kamu pecinta film India atau bukan, yang jelas film ini punya pesan yang begitu kuat dan sesuai banget buat diterapin di kehidupan sehari-hari. Film ini bakal ngajarin kamu kalo kamu bakal tetap jadi orang yang sukses walau kamu milih buat jadi diri sendiri dan berbeda dari orang lain.

8. ‘You Are the Apple of My Eye’ (2011)

Beralih ke Taiwan, ada film romantis berjudul ‘You Are the Apple of My Eye’ yang diangkat dari novel semi-autobiografi karya Giddens Ko. Ceritanya, sekelompok teman dekat di sebuah sekolah sama-sama naksir dengan seorang cewek bintang kelas bernama Shen Chia-yi (Michelle Chen). Tapi, ada satu anggota bernama Ko Ching-teng (Ko Chen-tung) yang ngakunya engga suka, eh akhirnya jadi suka juga.

Hayo ngaku, siapa di antara kamu yang pernah diam-diam suka sama teman sekelas saat SMA? Engga perlu malu, tokoh utama di film ini juga kayak gitu kok, Kawan Muda. Sebelum kamu nyesel kayak doi, mending sekarang kamu buru-buru nyatain perasaan kamu ke teman yang kamu taksir itu gih!

9. ‘Pitch Perfect’ (2012)

Hasil adaptasi bebas dari buku ‘Pitch Perfect: The Quest for Collegiate a Cappella Glory’ karya Mickey Rapkin, film ini berkisah tentang para mahasiswi Barden University yang tergabung dalam kelompok a cappella The Barden Bellas. Para mahasiswi itu pun harus bersaing ngelawan kelompok a cappella lain dari kampus mereka buat menangin kompetisi nasional.

Disusul dua sekuel, yaitu ‘Pitch Perfect 2’ (2015) dan ‘Pitch Perfect 3’ (2017), film ini jelas engga boleh kamu lewatin kalo kamu ngaku anak musik banget, khususnya buat kamu yang suka dan ikutan kegiatan nyanyi selama kuliah maupun SMA. Bahkan, saat nonton film ini, bisa jadi kamu bakal engga sadar kalo kamu udah mulai nyanyi dan goyang-goyang sendiri ngikutin irama musiknya.

10. ‘Refrain’ (2013)

Pernah baca novel ‘Refrain’ karya Winna Efendi? Nah, kisah film ini aslinya diadaptasi dari novel tersebut loh, Kawan Muda. Film yang disutradarai Fajar Nugros ini bercerita tentang perjalanan sepasang sahabat bernama Niki (Maudy Ayunda) dan Nata (Afgansyah Reza) dalam nemuin cinta mereka.

Kalo kamu pernah ngalamin cinta segitiga atau ‘dari temen jadi demen’ saat SMA maupun kuliah, film ini dijamin bakal ngingatin kamu lagi akan kenangan kamu tersebut. Apalagi kalo kamu nontonnya bareng pacar kamu yang udah dari jaman SMA atau kuliah, pasti bakal makin berkesan deh.

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer