Jum'at, 20 Juli 2018

Genmuda – Yuk semangat, yuk. Ujian Nasional mulai keliatan akhirnya. Sekarang, tinggal harap-harap cemas menunggu hasil sambil belajar untuk hadapi UNBK atau seleksi lain yang kamu ikuti demi masuk perguruan tinggi.

Jangan stres. Tenang aja. Meski terlihat sebagai momen menyeramkan bagi anak kelas XII SMA, dua ujian itu sebenernya tergolong gampang, loh. Soalnya, ada 10 ujian dengan tingkat kesulitan tinggi banget ini. Berani ngerjain soalnya?

1. Certified Public Accountant (CPA)

via: Coming Soon
(Sumber: Istimewa)

Tes sertifikasi akuntan publik begitu sulit loh, gaes. Berdasarkan data di Amerika Serikat sekitar 2010, cuma 10,17% peserta yang lolos pada ujian pertama. Kebanyakan harus ngambil sampai dua kali atau lebih untuk memperoleh sertifikat sebagai akuntan terpercaya.

2. Cisco Certified Internetworking Expert (CCIE)

via mrncciew.com
Nayanajith pasti girang karena dapat sertifikat CCIE bidang Wireless. (Sumber: mrncciew.com)

Pekerja industri IT pasti paham betapa pentingnya memperoleh sertifikat dari Cisco, merk penyedia perangkat IT bagi hampir semua perusahaan. Peminat tes ketat itu lebih dari jutaan pegiat IT di dunia tapi 75% pesertanya gagal. Coba cek forum anak-anak IT, pasti pada stres menjelang CCIE.

3. Scholastic Assessment Test (SAT)

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Bisa juga dibilang Standardized Admission Test. Itu adalah rangkaian psikotes dan ujian pemahaman akademik bagi siswa SMA yang pengen masuk perguruan tinggi di AS. Seberapa sulit tesnya? Tahun 2017, cuma 46% peserta yang lolos.

4. Oxford Prize Fellowship Exam

via wikimedia.org
Area All Souls College Oxford. Lo adalah menantu idaman kalo bisa masuk sini. (Sumber: wikimedia.org)

Masuk Oxford aja udah susah banget apalagi lolos tes fellowship All Souls College-nya. Ujiannya gak jawab pilihan ganda, melainkan menulis esai berdasarkan satu kata yang dipilih dewan fellowship. Pesertanya lebih dari 50 orang kuliah lebih dari S1 tapi cuma dua orang yang bisa jadi fellow.

Bila lolos, semua fellow All Souls College berhak mendapat tunjangan penelitian selama 7 tahun. Duitnya bebas dipake untuk bikin buku, lanjutin kuliah, atau apapun juga selama masih ada hubungannya sama riset yang memperkaya keilmuan kampus Oxford Inggris.

5. Sertifikasi ahli hukum / Bar Exam

via filmlinc.org
(Sumber: filmlinc.org)

Apapun namanya, mau tes bar, tes judisial, atau Jogi Szakvizsga kayak di Hungaria, ujian sertifikasi hukum susahnya minta ampun. Berdasarkan data, ada provinsi yang seluruh mahasiswanya gak lolos tes bar, ada yang 70% mahasiswanya lolos.

6. Language Skill Diagnostic Test (LSDT)

via: Warner Bros
(Sumber: Warner Bros)

Kamu pikir bahasa adalah materi yang mudah dipelajari? Siapapun yang jawab “iya” pasti belum pernah ikut tes kemantapan bahasa. Bukan sekedar bisa atau mahir, tapi mantap. Tes ini nih yang wajib-kudu-harus diikuti calon-calon wartawan supaya jago bikin kalimat efektif dan efisien, bukan sekedar kalimat yang menyampaikan pesan.

7. Sertifikasi kedokteran

Kuliahnya ujian dan tugas mulu. Setelah skripsi, masih harus ikutan koasistensi (semacam magang) biar dapat gelar “dokter.” Lalu, masih harus terjun ke daerah luar kota sebagai bentuk pengabdian. Belum lagi menghadapi ujian dari Ikatan Dokter Indonesia. Susah, bray!

8. Chartered Accountancy Examination of India (CAEI)

via: Coming Soon
(Sumber: Istimewa)

Tes akuntan di India harus masuk daftar ini karena sulitnya ngalah-ngalahin tes akuntan publik di AS. Namun, semua lulusan CAEI bisa menikmati kesempatan melenggang kerja ke luar negeri sebagai akuntan.

9. National Football League (NFL)

via Wisconsin State Journal
(Sumber: Wisconsin State Journal)

Ujian NFL tuh kayak ujian masuk asosiasi superhero di manga/anime “One Punch Man.” Ujiannya mengukur kemampuan fisik dan psikis peserta. Lulusan tes NFL pasti punya kekuatan, kecepatan, dan ketangkasan yang dibutuhin buat berlaga di klub American Football.

10. Ujian hidup

via savioo.com
(Sumber: Istimewa)

Kamu yang nyerah dan putus asa ketika hadapi UN dan SBMPTN mending lama-lamain di sekolah, deh. Jangan mikir lulus cepet dari kampus untuk buru-buru terjun ke dunia kerja, dunia nyata. Cobaan hidupnya banyak, lebih berat, dan solusinya gak dipelajari sepanjang pendidikan formal kamu.

Bahkan para profesor aja belum tentu sanggup melalui ujian hidup dengan 100% benar. Misalnya, saat hadapi perselingkuhan, keluarga nyebelin, ngurus tunggakan pajak, atau anak sendiri yang nakal banget. Hayo gimana caranya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.