Kamis, 22 Agustus 2019

Genmuda – Bulan Ramadhan itu identik sama menu berbuka yang manis, salah satunya adalah minuman seger. Tapi kamu perlu inget manis aja engga cukup, karena belum tentu setia *canda. Maksudnya, manis kadang makin yahud kalo dinikmati dalam keadaan dingin.

Sekarang coba deh kamu ngacung, siapa sih yang engga coba duluan minuman dingin saat berbuka puasa? Di Indonesia sendiri hidangan minuman seger nan mengoda iman pun banyak bertebaran selama bulan puasa. Saking banyaknya, kadang kita suka bingung mau beli yang mana? Nah loh!

Sambil nunggu waktu berbuka dan nambah wawasan, kali ini Genmuda.com bakalan kasih tau kamu 7 jenis es khas Indonesia yang cuma nongol di bulan Ramadhan. Ada apa aja? Langsung sikat gaes!

1. Es Campur

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Kalo es yang satu ini pasti udah pada kenal dong ya? Selain gampang ditemuin dan engga cuma nongol di bulan Ramadhan, es campur merupakan minuman yang paling banyak tersebar di seluruh Indonesia. Saking banyak buah yang dipake, makanya disebutnya es campur. Mungkin engga ya dicampur perasaan? #Eaaa

2. Es Cendol dan Es Dawet

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Menurut historisnya nih, es dawet berasal dari kota Jepara, kemudian tersebar ke berbagai kota di Indonesia, dari Semarang, Solo, Jakarta, dan Bandung. Di Bandung minuman ini dikenal dengan nama es cendol. Terus bedanya apa? Dulu cendol dibuat pake tepung hunkwe –tepung yang terbuat dari pati kacang hijau, sedangkan es dawet dari tepung beras. Tapi sekarang kedua minuman ini mayoritas menggunakan tepung sagu, dan rasanya tetep lezat buat buka puasa.

3. Es Daluman

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Kamu pasti tau kan mitos hewan jadi-jadian yang bisa menjadi manusia disebut Siluman. Kalo es yang satu ini namanya Daluman (Jelas engga ada hubungannya). Tapi Es Dalimun merupakan minuman khas Indonesia yang sering nongol di bulan puasa. Berasal dari Bali, perpaduan kolang-kaling, cincau, santan kelapa bakar, dan sedikit gula aren menjadikan minuman ini seger banget buat menu berbuka kamu.

4. Es Kacang Merah

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Banyak versi menyebutkan kalo minuman sederhana tapi kaya rasa ini berasal dari Manado. Namun ada juga yang bilang kalo es kacang merah berasal dari Palembang. Menggunakan bahan dasar kacang merah, gula merah, kayu manis, serta susu kental manis, menjadikan minuman ini layak masuk pilihan menu berbuka orang Indonesia.

5. Es Laksamana Mengamuk

Es Laksmana
(Sumber: Istimewa)

What? Serius nih? Iya serius loh! Ini bukan judul lagu Iyeth Bustami gaes, melainkan minuman khas daerah Riau. Bisa dibilang ini jadi nama minum yang paling nyentrik di Indonesia. Campuran mangga, rendaman selasih, dan kelapa muda, menjadi bahan utama minuman ini. Kira-kira ada Kawan Muda yang udah icip belum? Kasih tau kita dong rasanya.

 

 

6. Es Timun Suri

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Ajaibnya buah timun suri itu emang paling enak disantap pas bulan puasa. Penyajiannya juga simpel banget, cukup masukin potongan timun suri ke dalam sirup dan es batu. Tinggal santap dan tenggorokan rasanya adem banget. He-he.

7. Es Pisang Ijo

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Berasal dari Makassar, minuman ini menggunakan campuran pisang raja yang dibungkus dengan kulit hijau dari tepung beras dengan kuah santan kental serta sirup. Kalo mau lebih yahud, biasanya kamu bisa tambahin kacang, meses, ataupun susu kental manis. Mantap!

Jadi Kawan Muda udah pernah coba es yang mana aja nih? Ceritain ke Genmuda.com di kolom komentar ya. Jangan lama-lama liat gambar es di atas nanti makruh loh. Tetep semangat puasanya!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.