Kamis, 22 Agustus 2019

Genmuda Buat mahasiswa yang udah mulai kerja atau magang, awal bulan adalah saat yang paling membahagiakan. Mahasiswa yang magang biasanya adalah mahasiswa tingkat akhir yang tinggal ngerjain skripsi dan pengen ngerasain kayak gimana ngejalanin dunia kerja. Selain mendapat keuntungan berupa pengalaman, anak magang pun sebenarnya bisa dapat keuntungan finansial dari kantornya.

Kira-kira apa aja ya yang akan anak magang lakuin saat dapat gaji pertama? Yuk, kita lihat kelakuan-kelakuannya berikut ini, Kawan Muda!

  1. Traktir teman-teman makan
(Sumber: greatist.com)

Saat baru gajian (apalagi gajian yang pertama kalinya), anak magang biasanya akan mentraktir teman-teman dekatnya makan. Kadang ada juga sih teman yang gak dekat-dekat banget tapi engga tahu diri dan minta ditraktir juga. Untungnya, kegiatan traktir teman ini sifatnya berupa arus balik. Jadi, kalau bulan depan ada teman lain yang baru gajian, maka dialah yang bakal gantian ngebayarin.

  1. Beli hadiah buat pacar
(Sumber: chatelaine.com)

Buat anak magang yang udah punya pacar, beli kado buat si dia pakai uang hasil kerja keras sendiri adalah sebuah pengorbanan level atas. Dengan mengucapkan kalimat “Aku beli ini pake gaji aku sendiri loh”, rasa bangga akan diri sendiri dan kasih sayang dari si dia akan meningkat sampai 10 anak tangga.

  1. Bayar utang
(Sumber: Google)

Ini adalah jenis anak magang yang kemungkinan besar akan punya perencanaan keuangan yang buruk di kemudian hari saat dia udah kerja full time. Tipe-tipe yang “minjem dong, nanti gue bayar pas gajian” ini dapat menghabiskan uang gajiannya cuma buat bayar utang yang dia pinjem selama lagi bokek atau ngabisin uang bulan sebelumnya. Sedih ya, Kawan Muda.

  1. Nabung
(Sumber: evoucher.co.id)

Berbeda dengan yang sebelumnya, anak magang yang satu ini mungkin punya keinginan besar menjadi kaya lewat berhemat. Gaji yang dia dapat dia sisihkan sebagian untuk ditabung, entah buat traveling, beli barang mahal, atau buat modal nikah suatu hari nanti. Ya pokoknya judulnya untuk masa depan lah.

  1. Diberikan ke orang tua
(Sumber: i.kinja-img.com)

Sebagai bentuk tanda kasih, anak yang berbakti biasanya akan memberikan seluruh gaji pertamanya pada orang tua. Walaupun kasih orang tua tak bisa dibalas (apalagi oleh gaji yang didapat anak magang), bentuk pemberian ini sebenarnya bersifat sublime alias amat membahagiakan orang tua dengan cara yang sederhana. (gac)

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.