Minggu, 22 September 2019

Genmuda – Penetapan ibu kota baru Indonesia akhirnya resmi diumumkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8). Lokasi baru yang akan menggantikan provinsi DKI Jakarta sebagai ibu kota nantinya adalah provinsi Kalimatan Timur.

“Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanaegara Provinsi Kalimantan Timur,” kata Pak Jokowi.

Pengumuman yang disiarkan langsung di channel YouTube resmi Sekretariat Presiden. Dalam kesempatan itu hadir pula Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri ATR Sofyan Djalil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Kajian selama tiga tahun terakhir

Menurut presiden pemindahan ibu kota ke Kalimatan Timur telah dilakukan lewat proses kajian panjang selama tiga tahun terakhir. Dalam kajian itu seenggaknya pemerintah menguji kajian struktur tanah dan dampak ekonomi dari pembangunan ibu kota baru nantinya.

Presiden beralasan bahwa letak ibu kota baru tersebut juga dipilih dikarenakan lokasinya punya risiko kecil akan bencana gempa, banjir, hingga tanah longsor. Alasan lain yang mendukung dipilihnya lokasi tersebut karena tebat berada di tengah-tengah wilayah Indonesia, dan berdekatan dengan kota Balikpapan dan Samarinda. Dua alasan terakhir atas pemindahan ibu kota karena adanya infrastuktur yang lengkap serta adanya lahan milik pemerintah sebesar 180.000 hektare.

Emang kapan pindahnya?

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa di tahun depan pemerintah baru akan mematangkan regulasi, master plan, dan desain tata ruangnya. Kalo engga ada masalah, diperkirakan pemindahan ibu kota akan rampung paling lambat pada tahun 2024.

Terus Jakarta gimana?

Walau ibu kotanya dipindah namun peran Jakarta sebagai kota besar penggerak ekonomi di Indonesia tetap berlangsung normal. Presiden bilang kalo pemindahan pemerintahan ke Kalimantan Timur juga berupaya mengurangi beban Jakarta yang begitu banyak. Harapannya pemindahan ibu kota ini juga dapat mengurangi ‘sedikit’ kemacetan di Jakarta.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.