Selasa, 23 Oktober 2018

Genmuda – Di Indonesia, tren belanja online emang gak baru-baru banget, gengs. Sebelum e-commerce warna-warni banyak di Indonesia, —ada yang ‘hijau’, ‘pink’, ‘orange’, ‘biru’, atau ‘merah’, kamu mungkin udah sering belanja online lewat sejumlah forum komunitas di internet. Bener gak?

Semakin ke sini, orang Indonesia justru makin kreatif. Mereka dengan mudah menggunakan sosial media kayak Facebook atau Instagram untuk memasarkan barang dagangannya. Kalo laku bisa viral dan punya toko sendiri, kalo kurang laku tinggal beli followers atau nge-spam di akun artis. *idih gak banget.

Demi menghasilkan bisnis yang laris serta harga yang manis, diperluin juga strategi marketing dua arah antara pembeli sama pedangan. Salah satu cara paling ampuh adalah lewat panggilan sok akrab. Dari berbagai panggilan unik dalam bisnis online shop, 8 panggilan inilah yang paling sering nongol.

1. “Kak”

via: Tenor

“Silakan kak dipilih aja dulu barangnya, barangkali ada yang cocok.”

Mau di retail atau online shop, sapaan ‘Kakak’ umum banget digunain. Ada pun alasan kenapa ‘kakak’ yang sering digunain ketimbang ‘mas’ atau ‘embak’ karena sifatnya tuh netral. Singkatnya, mau pembelinya anak muda atau orang tua gak bakal ngerasa kesinggung. Lagian selain bisa bikin malu, salah nebak umur orang kan juga bisa bikin prahara dalam bisnis. Gitu.

2. “Gan”

via: giphy

“Barang masih ada, gan?”

Panggilan ini lahir dari pengguna Kaskus yang berasal dari kata ‘Juragan’. Supaya makin akrab, kalo masing-masing udah tau namanya, tinggal dipanggil aja Agan Mamet, Agan Bobi dan seterusnya. Dalam KKBI, kata ‘Juragan’ diibaratkan sebagai sebutan kepada nyonya, tuan, atau pemilik perusahaan. Gak heran dong pembeli disebutnya juragan, karena pembeli adalah raja. (padadam-padadam)

3. “Sis”

via: Giphy

“Barang ready ya, sis.”

Kalo ‘agan’ terkesan cowok banget, cewek juga punya panggilan lain yaitu ’sis’. Diambil dari kata ‘sister’ sehingga menimbulkan kesan akrab, meski belum pernah kenal sama sekali. Cewek pasti paham deh.

4. “Mom”

via giphy.com

“Lucu Mom, aku order ya!”

Ini sama aja kayak ’Sis’ sih, bedanya si pembeli/penjualnya udah jadi seorang ibu (baca: emak-emak). Kalo kamu penasaran, coba aja cek akun-akun IG yang jual barang preloved balita pasti bakalan ada panggilan ini dalam caption atau komentar postingannya.

5. “Sultan”

via: Youtube

“Pesenan Sultan nih!”

Masih 11-12 sama juragan, Sultan yang berarti raja di daerah Jogja atau Melayu juga sering dipake dalam bisnis online shop. Berbeda sama juragan, julukan Sultan dikasih kepada pembeli langganan dan biasanya membeli barang relatif lebih mahal ketimbang pembeli lainnya. Juara.

6. “Shay”

via: Giphy

“Mau order warna apa, shay.”

Ada kalanya panggilan ‘Shay’ bisa bikin kamu baper kalo salah interpretasi, terutama buat cowok. Asal muasalnya dari kata ‘Sayang’ namun menjadi bahasa gaul yang sering banget dipake sama cewek-cewek sosialita. Hingga saat negara api menyerang akhirnya banyak pedagang online shop yang menyamaratakan semua pembelinya dengan panggilan tersebut. Sering nemu yang kayak gini juga?

7. “Om”

“Wah, barangnya udah nett om!”

Saat sejumlah cewek mempermasalahkan masalah umur, cowok justru lebih fleksibel. Panggilan ‘Om’ cocok-cocok aja buat mereka. Coba liat cewek, jarang banget kan dipanggil ‘Tante’ dalam tatanan dunia online shop?

8. “Boss”

via: Youtube

“Minat, PM ya boss!”

Panggilan ini lebih universal lagi gengs, mau cewek atau cowok juga boleh. Fungsinya tetep sama, biar sok akrab kayak kang parkir. Okesip boss!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.