Jum'at, 17 November 2017
HiburanSeleb

Kalo Kamu Lakuin Salah Satu dari 10 Hobi Ngetren Ini, Tandanya Kamu Termasuk Orang Kaya atau Terkenal

via Istimewa(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Otak yang rutin dipakai, baik dalam kerja atau belajar, bakal selalu terjaga kesehatannya. Namun demikian, keseimbangan hidup juga harus dijaga baik-baik biar terhindar dari stres. Selain dengan punya kehidupan percintaan dan kehidupan pribadi, penting juga punya hobi.

Hobinya bisa apa aja, mulai dari olahraga, nulis, main game, touring motor, hingga godain tetangga, asalkan gak melanggar hukum. Di antara bermiliaran hobi umat manusia di dunia (ya masa di Planet Mars), ada 7 hobi yang biasanya dilakuin orang-orang kaya dan terkenal.

Contoh-contoh yang ada di bawah ini Genmuda.com ambil dari berbagai kebiasaan para tokoh di dunia dan di Indonesia. Jadi, kamu yang udah lakuin paling engga satu dari semua hobi ini boleh menganggap diri sendiri sebagai salah satu dari orang penting di dunia. Bersiaplah.

1. Numpuk uang tunai

via metrotvnews.com
Hati-hati uang tunainya digerogotin tikus. (Sumber: metrotvnews.com)

Riset Asia Pacific Wealth Report 2017 bilang kalo orang-orang tertajir di kawasan Asia Pasifik lebih suka nyimpen duit dalam bentuk uang tunai. Penyimpanannya bisa di gudang sendiri atau di bank. Mereka enggan nyimpen kekayaan dalam bentuk saham karena nilainya bisa turun dalam waktu cepat.

Sebagai contoh, kekayaan saham Coke dan IBM milik Warren Buffet sempet anjlok 2 miliar dolar dalam waktu 2 hari. Sementara itu, duit yang ada di bawah kasur atau di bank gak secepat itu mengalami penyusutan nilai.

2. Investasi tas mewah

via indolah.com
Angel Lelga dan tas mewahnya. (Sumber: indolah.com)

Logika sederhananya adalah: harga barang bekas (preloved, second-hand, atau istilah apapun yang lagi ngetren sekarang ini) pasti lebih rendah dari harga beli baru pertama kali. Hanya saja, logika itu engga berlaku bagi tas mewah yang dimiliki seleb ternama.

Angel Lelga berhasil meraup untung ratusan juta rupiah dari lelang koleksi tas Hermes doi, sekitar 2015. Dengan menjual nama Hermes dan Angel Lelga, jelas harga tas itu melambung lebih tinggi dari harga barunya.

3. Main offshore account

via tempo.co
Sandiaga Uno. (Sumber: tempo.co)

Sekarang, kita ngomong agak nyentil-nyentil dikit. Mendirikan perusahaan di luar negeri dalam bentuk apapun sebenernya bukanlah sebuah pelanggaran hukum Indonesia. Sama halnya dengan nyimpen duit di akun perbankan luar negeri (offshore account).

Namun, dua aktivitas itu sering diduga sebagai upaya menghindari pajak dalam negeri, seperti pada kasus Paradise Paper. Pada kasus itu, nama-nama besar Indonesia seperti Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno dan Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto tercatat punya perusahaan luar negeri.

4. Ngasih klarifikasi ke netizen

via okezone
(Sumber: okezone.com)

Klarifikasi atau penjelasan tambahannya bisa apa aja. Bisa terkait pernyataan si artis di televisi, bisa mengenai cewek yang kegep jalan bareng doi, bisa juga soal postingan Insta Story yang bersangkutan.

Contohnya, Mbak Raisa yang baru-baru ini salah nulis hari pada IG Storynya. Setelah netijen murka, baru deh dia ngasih klarifikasi atas kesalahan hari yang ditulis pada instastory itu, dari Hari Senin dikoreksi jadi Hari Selasa.

5. Koleksi barang langka

via dreamers.id
Tom Hanks selfie di depan koleksi mesin tik doi. (Sumber: dreamers.id)

Tom Hanks mengoleksi sekitar 50 mesin tik kuno yang diproduksi sekitar tahun 1940an. Dengan keberadaan komputer, mesin tik tahun 1990an aja udah jarang ditemuin. Apalagi mesin tik yang dipake pada Perang Dunia II.

Sementara itu, Brad Pitt punya koleksi benda seni logam. Salah satu patung kuda logam karya seniman Neo Rauch bahkan rela doi beli dengan harga setara 13,2 miliar rupiah. Jumlah yang kalo di Indonesia bisa dapet rumah.

6. Koleksi senjata

via Istimewa
Koleksi senjata api bos First Travel. (Sumber: Istimewa)

Mari kita nyentilin orang-orang lagi. Inget Andika Surachman si bos First Travel yang kini lagi menghadapi hukuman? Di antara aset berharga yang disita polisi, salah satunya adalah koleksi pistol.

Doi kedapatan menyimpan pistol Beretta 2150 dengan 10 butir peluru tajam, beserta deretan airsoft gun berbagai jenis, mulai dari yang bermerk hingga yang bodong.

7. Koleksi real-estate

via Business Insider
(Sumber: BusinessInsider.com)

Donald Trump. Siapa lagi orang tajir terkenal yang punya koleksi real-estate. Namun demikian, real-estate gak melulu gedung bertingkat atau resort bintang lima. Kamu yang punya lebih dari satu ruko petakan kecil pun udah mengoleksi real-estate namanya.

8. Borong iPhone X

via liputan6.com
Cowok ini beli 25 iPhone X demi lamar ceweknya. (Sumber: liputan6.com)

Beli satu aja belum tentu kuat, apalagi borong iPhone X. Para pembeli awal yang antusias menyambut kedatangan ponsel anyar itu nunjukin betapa tingginya status sosial mereka.

Yang paling tingg menurut Genmuda.com adalah seorang pria asal Tiongkok yang beli sampe 25 unit iPhone X demi melamar kekasihnya. Setelah lamarannya diterima, ponsel itu dibagi-bagiin ke keluarga si cewek.

9. Punya kapal pesiar

via cnbc.com
(Sumber: cnbc.com)

Salah satu orang terkaya di Inggris, Richard Branson punya koleksi yacht alias kapal pesiar pribadinya. Salah satu koleksi itu ada yang mencapai harga setara 94,1 miliar rupiah saat ini. Gila.

10. Bantuin orang lain

via Istimewa
Bill dan Melinda Gates lagi berkunjung ke salah satu lokasi penerima bantuan. (Sumber: Istimewa).

Bill Gates dan istrinya, Melinda Gates termasuk salah satu tokoh tajir terkenal yang sering luangin waktu, tenaga, dan kekayaan mereka buat bantu orang lain di berbagai belahan dunia.

Dengan dana pribadi, sumbangan dari Warren Buffett, dan sokongan pihak lain yang tersalurkan melalui Melinda Gates Foundation, Bill dan Melinda membantu mengurangi kelaparan di Afrika hingga mencari pengobatan penyakit menular. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.