Kamis, 18 Oktober 2018

Genmuda – Apa reaksi kamu kalo ketemu sama orang jorok? Bakalan jijik atau biasa aja? Jangan sok higienis dulu, deh Kawan Muda.

Suka atau engga, setiap manusia pada dasarnya perlu sesekali melakukan hal jorok buat kesehatan mereka. Eits, jorok di sini bukan seperti film bokep ya, melainkan hal-hal alamiah buat tubuh kita.

Berdasarkan penelitian “Grossology – The Impolite Science of the Human Body,” pada 23 September yang dibahas dalam LiveScience membuktikan kalo kebiasaan jorok seperti di bawah ini sangat membantu kita untuk bisa bertahan hidup. Percaya deh, kamu pasti sering mengalaminya!

1. Ngupil

via: Tumblr

Hidung menjadi tempat pertama pada tubuh manusia untuk menyaring udara. Wajar jika debu, bakteri, abu, pasir, hingga partikel kecil berbahaya dalam udara disaring dulu oleh hidung. Nah, upil juga punya peran menyaring semua partikel tersebut dan lewat cara (maaf) ngupil itulah kotoran dalam hidung bisa dibuang.

2. Sendawa

via: Giphy

Sendawa di depan orang, apalagi suaranya gede jelas dicap jorok dan gak sehat. Namun kamu perlu tau kalo kebiasaan ini adalah cara tubuh kita membuag gas untuk mengurangi tekanan dalam perut. Saran dari Genmuda.com sebaiknya tutup mulut kamu jika ingin sendawa di tempat umum.

3. BAB

via: Giphy

Buang air besar sekali sehari adalah indikator kesehatan tubuh kamu. Selain membuang sisa makanan dan bakteri yang gak tercerna, feses dapat menjadi sinyal besar apakah ada sesuatu yang salah dalam tubuh kamu. Feses yang gak normal membantu kamu mengungkap gangguan infeksi, masalah pencernaan, dan masih banyak lagi.

4. Bersin

via: Giphy

Selain mengeluarkan bakteri, upil, atau hingus (maaf lagi), bersin adalah sinyal dari tubuh kamu untuk menolak atau mencegah penyesup yang gak baik bagi tubuh melalui hidung. Jangan dianggap jorok dulu, reaksi alami ini terjadi saat selaput hidung kita terinfeksi virus kayak flu.

5. Keroncongan

via: Giphy

Bunyi perut keroncongan emang gak terlalu menjijikan tapi cukup memalukan. Reaksi alami ini terjadi karena tubuh sedang mencerna makanan dan mengeluarkan nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu perut keroncongan juga memberi tau kamu supaya gak lupa sama waktu makan.

6. Muntah

via: Tumblr

Biar menjijikan, muntah adalah bagian dari hidup setiap orang akibat reaksi tubuh mengeluarkan virus berbahaya. Misalnya, kamu gak sengaja menelan atau meminum terlalu banyak alkohol, muntah membantu tubuh mengeluarkan zat seperti itu. Mulai keracunan makanan hingga virus dalam perut, muntah adalah refleks alami tubuh untuk melindungi diri kamu.

7. Kentut

via: Giphy

Sama halnya dengan BAB, kentut adalah usaha dari tubuh untuk melepaskan gas selain bersendawa. FYI, setiap hari kita mengalami perut kembung dan setiap hari pula kita kentut sekitar 15-20 kali. Jika aroma kentut kamu semakin bau, semakin banyak pula bakteri dalam kandungan gas tersebut.

8. Bau badan

via: Giphy

Gak peduli kamu itu model atau siapa aja, yang namanya bau badan bisa tumbuh dalam tubuh meski kamu udah pakai parfume atau deodoran. Walau ada kondisi medis terntentu, bau badan terjadi karena bakteri yang menyebabkan keringat kita menjadi bau. Selain itu faktor makanan juga menjadi pemicu lain dari bau badan.

9. Ingusan

via: Tenor

Ingus adalah cara tubuh untuk mengatasa iritasi yang disebabkan oleh deby dan benda lain yang masuk dalam tubuh kamu. Wajar kalo kemudian ingus itu harus sering-sering dibuang karena dengan adanya ingus, akan mencegah terjadinya iritasi sampai ke paru-paru kamu.

10. Gangguan kulit

Kutil, jewarat, kudis, panu, dan berbagai penyakit kulit lainnya mungkin erat kaitannya dengan masalah kebersihan tubuh. Fakta, dari ujung kepala sampai kaki kamu reaksi ini bisa aja terjadi. Tentu penyebab dan masalahnya bisa ditangani dengan cara yang berbeda-beda, namun secara keseluruhan masalah tersebut adalah reaksi kulit jika ada sesuatu masalah pada tubuh kamu.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.