Rabu, 11 Desember 2019

Genmuda – Memasuki usia 20-an pasti Kawan Muda sempat berpikir apa sih arti kebahagian dalam hidup kamu? Kalo ditanya seperti itu, jawabannya pasti panjang. Walaupun masih dibilang panjang, tapi engga ada salahnya dong buat kamu untuk mempersiapkan diri supaya bisa meraih kebahagiaan (versi kamu).

Meski kata ‘bahagia’ jadi sesuatu yang relatif buat tiap orang, namun alangkah baiknya kamu belajar buat (mengurangi) hidup atau ketergantungan pada 5 hal berikut ini, supaya hidup kamu ke depan bisa lebih bahagia.

1. Internetan

Hidup tanpa internet kayaknya hampir sulit dilakuin sama manusia di jaman sekarang. Meski udah hampir jadi kebutuhan primer. (Karena ada istilah lebih baik engga makan daripada engga bisa internetan). Kamu mungkin ngerasa kalo selama ini dunia maya menjadi tempat melakukan segala hal, tapi jauh di dalam diri kamu, yang dibutuhkan adalah teman dekat atau keluarga di dunia nyata, bukan mereka yang cuma memberikan simpati lewat tombol ‘like’ atau ‘love’.

2. Termakan Teknologi

Maksudnya jika kamu termasuk orang yang hobi banget ngikutin berita teknologi, akhirnya memaksa kamu belanja segala macam gadget terbaru. Padahal belum tentu teknologi yang ditawarkan mendukung keseharian kamu atau lagi dibutuhin banget. Jika hal ini terus-terusan terjadi yang ada hidup kamu cuma sebatas ngikutin teknologi doang, engga lebih dari itu.

3. Hiburan

Sesekali kalo kamu lagi suntuk perlu dong yang namanya hiburan. Namun demikian jangan sampai kamu terbuai dan menjadikan hiburan sebagai pelarian dari masalah hidup kamu. Jika hal ini terjadi, engga menutup kemungkinan segala macam masalah bukannya hilang, tetapi menumpuk di hidup kamu.

4. Merokok

Merokok memberikan dampak jangka panjang bagi kesehatan. Meski saat sekarang kamu belum merasakan dampaknya, rokok ibarat bom waktu di dalam tubuh yang bisa meledak sewaktu-waktu. Kamu sekarang tinggal pilih, mau berubah untuk mencegah, atau sebaliknya?

5. Mengikuti Kata Orang

Hidup dengan bekal kata orang, cuma akan membuat diri kamu berjalan seperti tanpa arah. Hal seperti ini wajib banget buat kamu hindari. Bukankah hidup kamu yang menentukan dan menjalankannya kamu? Jadi stop terlalu memikirkan apa kata orang dalam hidup kamu.

Kunci kebahagian hidup emang cuma bisa kamu definisikan sendiri dan pastinya harus selalu kamu ingat bahwa engga ada seorang pun di dunia ini yang ingin menjadi orang lain. Kalo Kawan Muda mampu melepas atau mulai belajar supaya engga mudah ketergantungan dari 5 hal di atas, maka percaya aja akan kemampuan dirimu sendiri karena hal itu adalah cara paling baik untuk menjadi bahagia.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.