Minggu, 24 Juni 2018

Genmuda – Meskipun kamu udah menjalani kegiatan sahur dari tahun ke tahun, mungkin kamu gak bener-bener tau makanan apa yang sebenernya sehat buat kamu makan pas sahur. Gak ada salahnya loh kamu paham sama jenis makanan yang kamu santap saat sahur.

Meskipun hukumnya sunnah, makan sahur penting buat bikin kamu tetep kuat menjalani puasa. Coba deh kamu rasain gak sarapan, pasti pas siang udah lapar kan. Apalagi kalo kamu gak sahur dan mesti menahan lapar dan haus sampe magrib? Nah supaya kuat, kamu mesti makan sahur dengan komposisi makanan dibawah ini ya Kawan Muda!

Protein itu penting

via: giphy

Protein bisa bikin kamu merasa kenyang karena proses pencernaannya lebih lama (jadi kamu bisa lebih lama ngerasa kenyang). Selain itu makanan kaya protein dapat menyeimbangkan tingkat gula darah kamu.

Makanan yang mengandung protein ini antara lain telur (ayam, bebek), ayam, daging sapi dan ikan dan juga almond. Tambahan protein lainnya adalah minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, kacang kenari, salmon dan juga mentega.

Sebaliknya makan sahur dengan kandungan banyak karbohidrat seperti sereal, roti, kue kering, jus buah, dan teh manis malah akan bikin gula darah kamu naik sehingga ninggalin rasa capek, pusing, dan yang laper berat!

Makanan yang mengandung antioksidan

via: Giphy

Ketika kamu berniat untuk makan sahur dengan oatmeal, coba deh buat tambahin pelengkap yang mengandung antioksidan kayak blueberry atau raspberry supaya lebih enak. Selain itu, kandungan protein yang dipenuhi sama tubuh kamu itu terpenuhi.

Tambah dengan sayur dan buah yang mengandung air

via: Giphy

Nah, kalo protein masih kurang cukup buat kamu, coba deh tambahin menu makan kamu dengan sayuran dan buah. Tapi jangan asal pilih ya, lebih baik kamu makan sayuran dan buah yang cukup banyak kandungan airnya.

Bingung? Kalo buat buahnya ada semangka sama melon. Sedangkan sayurannya tinggal makan timun, tomat, dan bayam. Gak mau repot? Coba variasikan air putih dengan irisan buah lemon. Bosen? Yaudah, tambahin teh herbal atau air kelapa yang punya banyak kandungan elektrolit.

Gimana, udah tau kan komposisi makanan apa yang baik buat sahur kamu? Jadi, selamat mencoba dan semoga kenyangnya sampe nanti maghrib ya! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.