Rabu, 13 November 2019

Genmuda – Dalam usuran teknologi, ngedip sedetik, bisa ketinggalan jauh di belakang. Lebay emang. Tapi, peribahasa ala Genmuda.com itu kayaknya cocok buat ngejelasin sama kamu bahwa betapa cepatnya perkembangan dunia komputer dan elektronik di masa sekarang.

Baru aja dunia istirahat dari festival dan konferensi teknologi di SXSW, 10-19 Maret, eh udah muncul lagi beberapa perkembangan yang menarik kamu ikutin. Biar kamu engga kayak manusia goa (maksudnya kurang update), langsung aja baca info singkat yang terangkum di bawah ini.

1. Nintendo Switch Gencarin Produksi

via nintendo.com.au
(Sumber: nintendo.com.au)

Sambutan positif dari pecinta game akhirnya menggerakkan hati petinggi Nintendo supaya tingkatin kapasitas produksi Switch. Kabar dari wsj.com, 17 Maret 2017 bilang bahwa Nintendo siap produksi sampai 16 juta unit dari awalnya cuma 8 juta unit sepanjang 2017. Dengan makin banyaknya jumlah konsol anyar tersebut semoga harganya makin turun. (Mari mengaminin kabar ini!)

2. Razer Blade luncurin gaming laptop gokil

via telemaster.info
(Sumber: telemaster.info)

Beberapa seri terdahulu Razer Blade udah ada yang masuk Indonesia dengan harga 13-20 jutaan rupiah. Setelah ngebuka pre-order sejak Desember lalu, akhirnya laptop gaming tercanggih itu dikirim juga pada minggu ketiga dan keempat Maret.

Kenapa tercanggih? Karena laptopnya dilengkapi prosesor Intel Core i7 Gen7, VGA card Nvidia GTX 1060 yang bisa VR, RAM 16 GB, dan keyboard elektrik. Semua itu dibalut dengan laptop yang desainnya mulus dan compact. Meski bobotnya agak berat, tapi siapa sih engga ngiler kalo punya laptop se-hi-tech kayak gini.

3. Swatch terjun ke dunia smartwatch

via swatch.com
(Sumber: swatch.com)

Mungkin, alasan smartwatch engga pernah nge-hits sejak tiga tahun terakhir ini karena produsennya belum terbiasa bikin jam. Tapi semua itu berubah sejak negara api menyerang 17 Maret lalu. Swatch, salah satu produsen jam tangan yang mengelola 18 perusahaan jam tangan lain bilang ngeluncurin smartwatch dengan OS buatan sendiri. Soal harga dan spek di dalamnya sih masih dirahasiain gengs.

4. Helm motor udah ada yang kayak helm Ironman

via crosshelmet.com
(Sumber: crosshelmet.com)

Cita-cita penggila teknologi kesampaian juga. CrossHelmet ciptain pelindung kepala dengan monitor interaktif yang bisa nampilin GPS di kaca helm, muter lagu, hingga terhubung ke smartphone via bluetooth. Perusahaan yang baru buka pameran di SXSW itu baru ngerancang helm pintar itu bagi pengguna motor. Sejauh ini helm kece tersebut masih dalam pengembangan untuk pencarian modal dan ditargetkan rilis bulan Mei atau Juni 2017. Semoga aja produk ini dijual secara massal ke seluruh dunia.

5. Dompet pintar juga ada

via woolet.co
(Sumber: woolet.co)

Kamu yang pernah ngerasa kecolongan dompet kemungkinan berimajinasi jorok adanya sebuah dompet pintar yang bisa ngirim sinyal GPS sehingga bisa dilacak keberadaannya. Sekarang ada loh. Woolet sebagai perusahaan ngeluncurin dompet pintar pada 18 Maret lalu. Saking pintarnya, dompet kulit berdesain apik itu juga bisa di-charge dengan cara nirkabel (Qi Charging) dan dibanderol dengan harga 129 dolar AS (Rp 1,7 juta),

6. Microsoft ngajarin koding ke anak kecil

via microsoft.com
Project Torino lagi dimainin anak-anak dengan keterbatasan penglihatan. (Sumber: microsoft.com)

Pengetahuan koding udah jadi semacam hal wajib di dunia dewasa ini. Supaya mereka yang keterbatasan bisa belajar koding sejak kecil, Microsoft luncurin sebuah mainan bongkar-pasang berisi bahasa pemrograman. Proyek terbaru itu dinamai Project Torino.

Kalo bagiannya disambung-sambung, bakal keluar suara, cerita, puisi, atau lagu dari mainannya. Dengan begitu, anak-anak bisa belajar programming sejak dini. Bahkan, orang dengan keterbatasan penglihatan juga bisa loh.

7. Qualcomm ngomel karena publik pada salah istilah

via androidcommunity.com
Meski bentuknya kayak prosesor komputer, benda mungil ini statusnya CPU. (Sumber: androidcommunity.com)

Hayo. Kamu nyebut Snapdragon, chip yang biasa ada di smartphone itu apa? Kalo masih bilang itu prosesor, berarti kamu salah satu pihak yang diomelin Qualcomm. Lewat situsnya, Qualcomm bilang kalo teknologi yang diciptakannya itu lebih mirip CPU daripada sekedar prosesor, karena fungsinya ada banyak.

Nama yang cocok adalah platform. Karena kamu udah tau istilahnya, jangan ngomong kalo Snapdragon itu sebagai prosesor ya. Yang mana nih berita teknologi yang paling menarik menurut kamu? Langsung tulis komentar di bawah ini, dong biar makin rame! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.