Rabu, 20 Maret 2019

Genmuda – Namanya juga orang kerja, apalagi fresh graduate yang minim pengalaman, umumnya masih butuh pengalaman ketimbang penghasilan. Meski keduanya dapat berkajalan lurus sesuai pengalaman yang kamu dapatkan nantinya, tapi itulah proses kehidupan.

Ngomongin masalah kerjaan apalagi gaji first jobber yang ‘pas-pasan’ tentunya masih ada Kawan Muda yang ngerasa kurang, apalagi sekedar mau nongkrong, jalan-jalan, atau beli gadget baru. Namun bukan berarti dengan gaji ‘pas-pasan’ kamu bakalan punya masa depan yang suram dan engga bisa beli ‘ini-itu’ ya. (engga jadi jaminan kok).

Sambil kamu tetap semangat mencari pengalaman dan ngembangin karir kamu di dunia kerja, kali ini Genmuda.com bakalan kasih tips gimana caranya supaya tetep happy dengan gaji pas-pasan. Yuk, langsung simak ada apa aja!

1. Skala prioritas pengeluaran kamu harus diatur sesuai kebutuhan

Hispanic girl putting money in savings jar

Terima uang gajian sering disebut dengan ungkapan, “hujan di musim kemarau” alias cuma numpang lewat. Ungkap tersebut bisa aja bener atau juga salah. Kalau kamu tahu cara mengunakan uang secara bijak pastinya gaji kamu akan cukup-cukup aja. Kuncinya ada pada skala prioritas. Mulai deh rinciin semua pengeluaran rutin kamu, misal uang kostan, listrik, tv kabel, pulsa, dan uang makan. Sisanya silakan kamu bagi untuk tabungan dan uang tak terduga (bisa buat berobat kalau sakit, hingga traktir nonton gebetan).

2. Jangan gampang terbujuk sama tawaran yang belum tentu kamu tahu dan butuhkan untuk sekarang

Namanya kehidupan emang engga terduga ya gaes, tapi bukan berarti kamu dengan mudah tergiur buat masuk ke berbagai tawaran mengiurkan, –kartu kredit, asuransi, atau member fitness, yang belum kamu butuhkan dalam waktu dekat. Balik ke poin utama tadi, kamu harus punya prioritas dalam mengeluarkan uang kamu. Kalau suatu saat gaji kamu udah engga ‘pas-pasan’ baru deh tawaran tersebut bisa kamu pertimbangkan.

3. Jangan malu bawa bekel ke kantor

(Sumber: Theweek.co)

Cara satu ini udah terbukti mampu membuat pengeluaran kamu makin irit. Selain bisa mengalokasikan uang dari gaji buat hal lain, bawa bekel makan siang juga menjamin kebersihan makanan kamu loh. Lumayan kan engga setiap hari makan di luar. Kantong irit perut tetap bisa kenyang.

4. Akali pengeluaran transportasi kamu dengan ngekost atau bawa kendaraan sendiri

Bayangin kalau misalkan rumah kamu di Tangerang tapi kantor kamu di Tanjung Priok. (#KelarIdupLo) Daripada berat di ongkos dan tua di jalan, kenapa engga memilih opsi nge-kost dekat kantor? Atau kalau mau keliatan LAKI dengan PP (pulang-pergi) Tangerang-Tanjung Priok engga ada salahnya kamu bawa kendaraan sendiri. At least pengganti uang kostan bisa disubsidi sama uang bensin.

5. STOP kebiasaan mengintip rumput tetangga dan pintar cari peluang lain

Salah satu akar masalah dari seorang yang merasa kurang dengan gajinya adalah selalu membandingkannya dengan orang lain. Kalau pikiran kayak gitu masih ada di kepala kamu, mau punya gaji 3M (Maribu Maratus Mapuluh) sekalipun engga bakalan cukup buat kamu. Jauh-jauhin deh kebiasan mengurusi apa yang orang lain punya apalagi ngebanding-bandingin, justru jadikan hal tersebut sebagai motivasi guna mendapatkan penghasilan lebih baik atau kerja sambilan lainnya.

6. Selalu ingat untuk bersyukur dan ingat kalau banyak orang lain yang ingin berada di posisi kamu sekarang

(Sumber: portlandtherapycenter.com)
(Sumber: portlandtherapycenter.com)

Tips terakhir dari Genmuda.com jangan lupa banyak bersyukur dan bersedekat ke orang lain. Jangan sampe karena gaji pas-pasan kamu jadi orang yang gampang ngeluh apalagi pelit. Jangan ya! Inget, jangan terus-terusan liat ke atas, karena nanti sakit leher masih banyak orang lain yang mungkin belum seberuntung kamu dan ingin berada di posisi kamu sekarang.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.