Minggu, 26 Mei 2019

Genmuda – Bohong! Siapa sih yang suka dibohongin, walau alasannya demi kebaikan tetep aja ada fakta yang diumpetin. Jadi orang yang dituduh bohong pun engga enak, padahal engga ada alasan yang menyebabkan harus bohong.

Kebohongan sebenernya bisa diteksi ketika kamu merespon lawan bicara kamu dengan respon tubuh yang menandakan kebohongan. Bahkan menurut Dr. Lililan Glass, seseorang yang sedang berbohong bisa kamu deteksi dengan mudah dengan sikap tubuhnya. Makanya kalo kamu engga mau ketahuan lagi bohong, jangan keseringan lakuin 7 sikap kayak di bawah ini:

1. Menutup mulut

Sebenarnya menutup mulut dengan tangan itu merupakan sinyal kalo kamu engga pengen berbohong, tapi kamu juga engga ingin mengatakan sebuah kebenaran. Jika kamu pengen menutupi sesuatu, mendingan kamu bersikap santai aja atau alihkan pembicaraan dengan hal-hal yang menyenangkan.

2. Mengubah posisi kaki

Gaes, jangan sesekali deh merubah posisi kaki ketika kamu sedang bicara sama seseorang. Soalnya, semakin banyak kamu merubah atau menggerakan kaki kamu, itu mendandakan kalo kamu sedang bohong. Terlebih gestur itu menunjukan kalo kamu engga nyaman dengan situasi yang kamu hadapi. Menurut penelitan Dr. Lililan, orang yang berkata jujur akan memposisikan ujung kakinya secara berhadapan dengan lawan bicaranya.

3. Berkedip terlalu sering

Sekali lagi, mata itu susah buat bohong. Maka supaya tau orang lagi bohong atau engga cukup liat dari matanya. Secara psikologis, terlalu sering berkedip saat berbicara menunjukan kalo kamu sedang memutuskan kontak dengan lawan bicara dengan cara berbohong.

4. Mengubah posisi kepala

Misalnya kamu bicara dan tiba-tiba kamu merubah posisi kepala kamu. Itu berarti kamu sedang menunjukan sesuatu kebohongan. Hal itu bisa dilihat dari tolehan kamu, karena jika kamu engga menutupi sesuatu posisi kepala akan tetap sama. *kecuali kalo kamu lagi sakit leher.

5. Menaruh telunjuk ke hidung

Ini merupakan variasi dari gerakan tangan menutup mulut. Karena gerakan tersebut terlalu mencolok, maka dialihkan dengan memegang hidung. Sikap tubuh yang seperti itu menunjukan bahwa kamu sebenarnya kurang yakin dengan apa yang kamu katakan.

6. Telapak tangan tertutup

Bicara dengan telapak tangan terbuka menandakan kalo kamu dalam keadaan yang rileks sekaligus nyaman. Namun, bila kamu mengepalkan tangan atau menunjuk, hal tersebut menandakan kamu sedang menutupi sesuatu yang tidak ingin diketahui oleh lawan bicara kamu.

7. Garuk-garuk

Garuk-garuk hidup, dagu, atau pipi, menjadi cara pengalihan kamu saat sedang berpikir apa yang harus kamu katakan. Begitulah yang orang bohong lakukan, Mereka harus memikirkan hal lain supaya engga salah langkah. Semoga kamu engga melakukan 7 sikap di atas ya, apalagi saat wawancara kerja. (sds)

Comments

comments

Al Fanny Panestika
Wannables, penyuka ice cream dan colak colek Nutela