Rabu, 23 Oktober 2019

Genmuda – Ketika berpuasa, pola hidup seseorang cenderung berubah. Kebiasaan-kebiasaan lama ditinggalkan sementara dan digantiin dengan kebiasaan baru yang dinilai jauh lebih baik. Namun, engga semua kebiasaan lama yang kamu ubah itu buruk loh. Di antara semuanya, 5 kebiasaan inilah yang perlu kamu rutinkan kembali setelah bulan Ramadhan.

1. Rutin minum air putih

(Sumber: jellyshare.com)

Ketika berpuasa, tubuh kekurangan cairan selama sekitar 12 jam. Kalo diibaratkan mesin, ketika itulah tubuh terutama ginjal makin panas bekerja. Ada pula orang yang masih kekurangan air bahkan ketika udah berbuka. Karena itulah ada baiknya kamu kembalikan lagi kebiasan rutin minum air putih secara berkala. Dengan begitu, badan kamu engga bakal dehidrasi dari waktu ke waktu.

Biar engga lupa minum, kamu siapin aja air putih di deket meja kerjamu. Tiap kamu mumet kerja, main game, atau belajar, minum aja sambil mengistirahatkan mata. Asik, kan. Sekali dayung, dua pulau terlampaui.

2. Olahraga

(Sumber: psu.edu)

Ketika bulan puasa, orang cenderung menghindari kegiatan olahraga apalagi olahraga kardio-vaskuler macam lari, aerobik, bersepeda, berenang, atau futsal. Padahal, olahraga macam itu diperluin supaya jantung dan paru-paru tetep sehat.

Berhubung puasa udah selesai, kamu bisa lanjutin lagi tuh jadwal futsal sore-sore, berenang akhir minggu, atau bersepeda kamu. Waktu awal-awal sih engga perlu terlalu memforsir tenagamu. Cukup lakuin aja olahraga biasa yang penting paru-paru dan jantungmu terpacu. Kalo udah terbiasa, baru deh kamu tingkatin intensitasnya seperti semula, atau lebih.

3. Engga langsung tidur setelah sarapan

(Sumber: eatclean.com)

Mau disanggah kayak apa pun, sahur tetaplah diibaratkan sarapannya orang yang berpuasa. Sayangnya, ada orang yang langsung tidur setelah sahur. Itu engga baik karena bisa memicu penimbunan lemak yang bikin kamu gagal kurus ketika berpuasa.

Sarapan yang harusnya jadi makan paling penting pun malah menimbulkan kesulitan. Karena itu kamu jangan langsung tidur setelah sarapan. Berhubung kamu engga puasa dan masih liburan, ada baiknya kamu pakai waktu-waktu setelah sarapanmu dengan berolahraga.

4. Tidur tepat waktu

(Sumber: popsugar.com)

Biar engga ngantuk setelah sarapan, kamu perlu tidur cukup waktu di malam hari. Kurang tidur tuh bikin otak engga bekerja optimal, bikin kamu gagal fokus. Buat beberapa orang, badan pun bakal terasa pegel dan panas. Kalo kebanyak kurang tidur juga bisa bikin halusinasi.

Buat kamu yang masih muda, kamu butuh tidur kira-kira 8 jam tiap hari, minimal 6 jam. Sekarang sih kamu engga punya alesan kuat buat begadang. Euro 2016 dan Puasa kan udah berakhir. Sementara tugas-tugas jelas belum numpuk karena sekolah pun belom masuk.

5. Menuntaskan pekerjaan

cewek kreatif
(Sumber: Istimewa)

Buat Kawan Muda yang udah kerja, ngaku deh berapa banyak pekerjaan kamu yang tertunda karena kamu pengen pulang cepet biar buka di rumah. Padahal, menunda pekerjaan tuh sama sekali engga baik. Sadar atau engga, dirimu yang sekarang jadi kerepotan menyelesaikan kerjaan yang makin numpuk.

Biar engga besar pasak daripada tiang mulu, kamu perlu biasain diri lagi buat menuntaskan tugas-tugas kerjamu. Kalo hoki, siapa tau si bos bakal ngelirik kamu sebagai anak paling rajin di kantor dan naikin pangkat serta gajimu. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.