Jum'at, 22 Februari 2019

Genmuda – Banyak cara menunjukan perasaan sayang seseorang, bisa lewat verbal maupun non verbal. Salah satu di antara kedua cara tersebut adalah gandengan tangan.

Mau sama keluarga, temen, pacar, atau gebetan, gandengan tangan udah jadi gestur rasa perhatian sekaligus peduli. Makanya Cinta digandeng tangannya sama Rangga pas nyebrang cari buku di Pasar Senen di AADC. Tapi, problem gandengan tangan engga cuma sekedar pas nyebrang aja Kawan Muda.

Sejumlah peneliti percaya kalo gandengan tangan bermanfaat buat kesehatan. Kok bisa? Sains akhirnya menemukan jika syaraf-syaraf kulit yang berkomunikasi dengan otak akan menghasilkan hormon koristol, –hormon yang membuat kita merasa nyaman dan hangat.

Selain hal tersebut, ternyata masih banyak lagi loh manfaat gandengan tangan. Kamu penasaran ada apa aja? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Obat Ampuh Meredakan Stres

(Sumber: Blogspot)

Matt Hertenstein, seorang psikolog dari DePauw University, Indiana, Amerika Serikat, mengatakan bahwa berpegangan tangan dengan orang lain secara signifikan mampu menurunkan stres karena menghasilkan hormon kortisol. Bahkan kalo dilakuin sama orang temen atau orang dekat bisa ngebuat diri kita tenang, dan seolah-olah saling terhubung satu sama lain.

2. Meningkatkan Rasa Cinta dan Ikatan Batin

(Sumber: Simply Romantic Weddings)

Seperti kalimat terakhir di poin pertama tadi, berpegangan tangan juga menghasilkan hormon oksitosin. Fungsinya sendiri dapat memperkuat empati dan komunikasi dalam hubungan kamu. Jadi kalo lagi berantem coba jelasin baik-baik sambil gandeng tangannya. Tapi jangan sambil nyebrang.

3. Sehat untuk Jantung

(Sumber: Maturitascafe)

Suka deg-degan dan panik kalo deket gebetan? Tenang itu hal normal kok. Kata studi dari Behavioral Medicine, kalo kamu gandengan tangan mampu menurunkan tekanan darah. That means, you don’t have to worry about heartache.

4. Mengurangi Rasa Sakit

(Sumber: Huffington Post)

Langsung aja kita ambil contoh nyata. Kalo ada seorang istri yang mau melahirkan, dalam ruangan bersalin doi pasti udah megang tangan suaminya. Meski sering kita sepelein, ternyata hal ini emang bermanfaat buat ngurangin rasa sakit pasangan kamu.

5. Melawan Rasa Takut

(Sumber: Life as a human)

Mau di film atau dunia nyata, pasti sering banget kan ada adegan gandengan tangan buat melawan rasa takut. Itu emang jadi reaksi alami kok. Secara ilmiah, otak manusia mampu merespon ransangan mendandak karena hormon adrenalin. Nah, ‘si adrenalin’ bakal memompa darah dan melepaskan hormon kortisol.

6. Memberikan Rasa Aman

(Sumber: Huffington Post)

Kayak kasus Rangga sama Cinta aja. Gandengan tangan adalah cara sederhana memberikan rasa aman. Praktiknya pun telah dilakukan sejak kita semua kecil. Engga percaya? Siapa orang yang pertama kali kamu gandeng tangannya buat belajar jalan atau naik sepeda? Alamiah bukan?

7. Sekedar Ungkapan Rasa Nyaman

(Sumber: Best Life Ministries)

First date dan tiba-tiba si doi udah berani ngegandeng tangan kamu? Percaya, doi berarti udah nyaman banget jalan sama kamu. Tapi kalo baru kenal hari ini jangan langsung buru-buru digandeng, yang ada bukannya digandeng malah digampar. *duh!

So, kalo udah baca tulisan di atas Genmuda.com sekarang mau tanya, “Seberapa sering kamu gandeng tangan pasangan kamu?” Engga perlu malu lagi ya, karena gandengan tangan banyak manfaatnya. Kalo mereka engga mau digandeng suruh aja baca tulisan ini. Terakhir, pastiin juga yang kamu gandeng orang yang kamu kenal, bukan pacar atau istri orang.

 

Sumber: Lifehacks

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.