Minggu, 16 Desember 2018

Genmuda – Ada kabar baik buat fanbois Apple Indonesia. Si canggih iPhone X dijadwalin hadir secara resmi di Tanah Air, 22 Desember mendatang.  Sebuah waktu yang tepat untuk jajan hadiah Natal dan akhir tahun.

Kementerian Perindustrian mengonfirmasi soal itu, dikutip CNNIndonesia.com, Jumat (8/12). Kata datanya, Smartfren yang bawa masuk iPhone X ke Indonesia sesuai rangkaian ketentuan pemerintah.

via cnet.com
MP White JR, seleb Inggris yang pertama menjajal iPhone X di London. (Sumber: cnet.com)

Smartfren juga sekalian bawa masuk iPhone 8 dan 8 plus, sehingga koleksi lini ponsel Apple di Indonesia akan sama kayak negara-negara yang luncurin tiga ponsel anyar itu, 2 dan 3 November lalu.

Harga jualnya diusahain gak jauh beda dari standar di Amerika Serikat. Yaitu, sekitar 999 dollar AS (13,5 juta rupiah) di tiap galeri Smartfren. Para penggila Apple silakan aja beli langsung. Tapi, Kawan Muda yang cuma pengen tampil kece harus mikir hal di bawah ini sebelum punya ponselnya.

1. Akhir tahun pasti banyak pengeluaran

via businessinsider.com
Sumber: businessinsider.com

Seintrovert-introvertnya seseorang, libur akhir tahun pasti dinikmati dengan ngeluarin uang. Kalo gak untuk pesta kecil-kecilan, ya untuk beli diskonan, mulai dari game, buku, hingga baju baru buat tahun depan.

2. Emang kamu gak mau jalan-jalan?

Emangnya Kawan Muda gak mau jalan-jalan apa? Peluncuran iPhone X di Indonesia kan hampir bertepatan sama libur akhir tahun dan libur akhir semester buat beberapa kampus.

3. Udah gak harbolnas lagi

via cnet.com
Sumber: cnet.com

Hari belanja online nasional (Harbolnas) 12 Desember udah lewat sepuluh hari, yakin masih ada uang jajan? Oh. Ternyata masih ada sisa. Tapi, kalo dibeliin iPhone X, yakin bisa makan sampai bulan depan?

4. Bijaknya, tunggu update selanjutnya

Gini ya, gengs. Peraturan Kemenperin mengharuskan tiap ponsel luar negeri harus dibuat dengan 30 persen bahan baku dalam negeri (Peraturan TKDN 30 Persen). Setingannya belum tentu 100 persen sama kayak iPhone di AS.

Karena itu, biarin dulu para penggila Apple menjajalnya, menemukan bug-bug kecil, lalu Apple ngeluarin pembaruan software. Setelah produknya terbukti stabil di Indonesia, baru beli.

5. Kamu pasti gak mikir pengeluaran tambahannya

via YouTube
Sumber: YouTube

Apa pengeluaran tambahannya? Tentu saja casing kuat yang bisa melindungi layar tanpa tombol home dan bodi ponsel yang elegan. Pelindungnya berkisar antara 150 ribu hingga 1 juta rupiah, gaes.

Inget, loh Apple mematok perbaikan layar iPhone X seharga 279 dollar AS (3,2 juta rupiah) dan kerusakan lain seharga 549 dollar AS (7,4 juta rupiah). Daftar harganya tertera, kok di situs Apple.

6. Ada produk Apple lain, kok

Ponsel Apple kan keren-keren, gengs. Bahkan iPhone 6 pun masih cukup untuk hasilkan foto berkualitas dan mesinnya gak ngelag. Atau, kamu bisa naik level ke iPad yang layarnya lebih lebar dan fungsinya lebih banyak.

7. Apple siapin tiga ponsel baru (lagi!)

via macrumors.com
(Sumber: macrumors.com)

Bener. Ini bocoran dari majalah ekonomi Nikkei Asian Revie, 7 Desember. Kata penelusurannya, Apple siapin sebuah produk berlayar OLED 6,3 inchi dan 5,8 inchi, serta produk berlayar LCD 6,1 inchi buat 2018. Dua produk anyar itu punya layar lebih luas dari layar 5,8 inchi iPhone X.

Kalo Kawan Muda pengen beli produk 2018, ya mending jangan beli iPhone X dulu, kan? Seperti itulah Apple. Baru ngeluncurin produk unggulan, udah siapin produk lain lagi. Kamu tertarik beli? Share pendapat kamu di bawah ini, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.