Senin, 20 Mei 2019

Genmuda – Di antara makanan halal, ada loh yang paling baik dimakan saat sahur karena gak merangsang haus setelahnya. Menu-menu bergula, berkafein, dan berminyak jelas bukan bagian dari itu.

Dari clue singkat tersebut, sebenernya udah jelas kalo ada banyak makanan yang bisa kamu nikmati selama sahur tanpa perlu khawatir kehausan ketika matahari terik tepat satu garis di atas ubun-ubun.

Kalo masih bingung juga, inilah rekomendasi makanan dan minuman sahur ala Genmuda.com:

1. Ayam-ayaman

via neatoshop.com
(Sumber: neatoshop.com)

Protein dari ayam tuh bagus banget buat menghadirkan efek kenyang lebih lama di perut. Terus, daging ayam juga gak mengandung banyak lemak. Jadi, aman buat kamu yang pengen jaga berat badan. Jenis ayamnya bisa apa aja, kok. Asalkan bukan ayam kampus aja.

2. Ikan laut

via doktersehat.com
(Sumber: doktersehat.com)

Kebaikan protein pada ikan-ikanan sama kayak ayam. Bedanya, daging ikan juga dilengkapi omega 3 buat menjaga kesehatan otak. Untung sekarang teknologi udah maju, semua swalayan pasti ngejual ikan kaleng yang tinggal dipanasin sebentar udah bisa dimakan.

3. Gandum utuh

via momswithcrockpots.com
(Sumber: momswithcrockpots.com)

Ada sereal sarapan yang cuma mengandung gula, tapi ada sereal yang murni berisi gandum utuh alias oatmeal. Nah, kandung serat dalam oatmeal itu loh yang jaga kesehatan pencernaan dan bikin perut kenyang lebih lama.

4. Apel, alpukat, pisang

via ihram.asia
(Sumber: ihram.asia)

Apel mengandung vitamin C yang cukup buat jaga kesehatan tubuh sepanjang hari. Buah alpukat berisi lemak nabati yang sehat dan dibutuhin tubuh. Sementara itu, kandungan karbohidrat dan natrium pada pisang bikin badan bertenaga dari sahur sampai ketemu sahur lagi.

5. Telur

via malangtimes.com
(Sumber: malangtimes.com)

Kalo kamu parno takut kolesterol, makan putihnya aja. Kalo enggak, ya makan semua karena kandungan protein pada putih telur dengan lemak pada kuning telur tuh seimbang.

6. Kacang-kacangan

via kompas.com
(Sumber: kompas.com)

Mau itu kacang polong, kacang panjang, kacang merah, kacang kedelai, kacang almond, kacang mete, kacang kapri, kacang koro, atau kacang tanah, (ambil napas) semuanya sehat dan gak bikin kamu seret. Kecuali, kacangnya digoreng.

7. Sayur-sayuran

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Gak suka sayur? Tapi pasti kamu suka salad, atau gado-gado, atau karedok, atau ide kreatif lain yang membuat aneka sayur jadi lebih enak disantap.

8. Yoghurt

via taste.com.au
(Sumber: taste.com.au)

Yoghurt baik untuk pencernaan dan mengandung air yang cukup buat beraktivitas seharian. Biar lebih enak, coba tambahin irisan buah deh.

9. Timun suri

Es Timun Suri (Sumber: Istimewa)

Timun suri itu ajaib. Dia benda padat berklorofil, tapi kandungan gizinya kebanyakan hanya air. Jadi, makan timun suri sama dengan makan air yang ada rasa-rasa klorofilnya.

10. Kurma

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Buah ini patut diberi poin tersendiri karena cuma dengan makan kurma dan segelas air putih, kamu bisa tahan gak makan sampai berbuka nanti. Dianjurkan, kurma dimakan ganjil dan lebih dari tiga buah.

Untuk pencuci mulut, kamu gak butuh kue. Cukup minum air hangat buat melarutkan semua lemak dan minyak dari tenggorokan. Dengan tenggorokan lega, mana mungkin kamu kehausan. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.