Jum'at, 17 November 2017
National[IS]me

Ini Janji-janji Anies Baswedan dan Sandiaga Uno Kampanye yang Harus Kamu Tagih mulai Detik Ini!

via tirto.id(Sumber: tirto.id)

Genmuda – Anies Baswedan – Sandiaga Uno dilantik Presiden Jokowi sebagai gubernur DKI Jakarta, gantiin Pak Djarot Saiful Hidayat yang masa baktinya habis, Senin (16/10). Menganggap jabatan itu sebagai fase baru perjuangan, Anies-Sandi tinggal lunasin semua janji kampanyenya.

Kamu, sebagai warga negara yang baik (gak mesti tinggal di DKI Jakarta) juga harus menganggap momen ini sebagai fase baru perjuangan. Bukan karena kamu bakal dilantik Pak Jokowi sebagai jomblo terngenes tahun ini untuk alasan apapun, melainkan karena kamu harus nagih semua janji Anies-Sandi.

Kalo gak ditagih, ya kamu rugi banget dong, bro-sis. Seperti mengulang kesalahan lama aja, ketika dulu kamu termakan janji manis mantan yang kini lupain kamu demi menggandeng orang lain. Jadi, stop galau karena alasan apapun lalu mulailah cerewetin gubernur dan wakil gubernur baru itu perkara hal ini.

1. Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus

via Kompas.com
(Sumber: Kompas.com)

Cakupan manfaat Kartu Jakarta Pintar janjinya mau diperluas dan peraturannya diperinci. KJP ala Jokowi, Ahok, dan Djarot berguna buat peserta didik SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs, dan SMA/SMALB/SMK/SMKLB/MA. Maka, KJP+ juga berlaku buat kelompok belajar Paket A, B, C, Pondok Pesantren, dan Kursus Keterampilan.

Kalo KJP memberikan bantuan untuk seragam, sepatu, tas sekolah, biaya transportasi, makanan, serta biaya ekstrakurikuler, maka KJP+ juga dilengkapi bantuan tunai untuk keluarga gak mampu. Biar biaya pendidikan di DKI gak tinggi-tinggi amat, jangan lupa tagih janji Anies-Sandi.

2. Kartu Jakarta Sehat (KJS) Plus

KJS yang sekarang telah ada juga di-upgrade dengan embel-embel “plus” kayak iPhone. Janjinya, Anies-Sandi mau nambah fasilitas khusus untuk para guru ngaji, pengajar Sekolah Minggu, penjaga rumah ibadah, khatib, penceramah, dan pemuka agama.

Buat memperoleh data, Anies-Sandi bakal ngambil data calon penerima KJS+ sesuai dengan keanggotaan yayasan dan rumah-rumah ibadah. Prosesnya perlu diawasi banget tuh biar gak ada orang yang mendadak jadi pemuka agama demi dapet KJS+.

3. Buka banyak lapangan kerja baru

Judul berita Detik.com, 25 Desember 2016: Anies-Sandi Yakin 200 Ribu Lapangan Kerja Baru Bisa Terwujud 1 Periode. Kamu. Harus. Tagih. Janji. Penting. Ini!

4. One Kecamatan One Center for Enterpreneurship (OK OCE)

via okocestockcenter.com
(Sumber: okocestockcenter.com)

Idenya Pak Sandiaga, nih. Tiap kecamatan di DKI rencananya bakal dibangun pos pengembangan kewirausahaan warga untuk menghasilkan 200 ribu pengusaha baru dalam waktu 5 tahun. Karena berhubungan erat sama uang dan jualan, kamu yang perlu ngawasin supaya gak ada korupsi sedikitpun dalam program ini.

5. Smart City

Pak Anies Sandi juga tetep optimalin teknologi informasi dalam pemerintahan DKI Jakarta supaya bersih, modern, transparan, teladan, dan dapat dipertanggungjawabkan biar jadi Smart City.

6. Kredit Usaha Perempuan Mandiri

Buat mendukung sepenuhnya partisipasi perempuan dalam perekonomian Jakarta, kampanye Anies-Sandi janjiin program kredit khusus perempuan yang pengen sukses berbisnis.

7. Mengaktifkan 267 Rumah Aman

Berusaha menekan kasus pelecehan seksual, Anies-Sandi pengen aktivin 267 rumah aman, merevitalisasi unit reaksi cepat perlindungan perempuan berbasis aplikasi bersama dengan Polda DKI, serta ngasih subsidi bantuan hukum bagi korban.

8. Perbaiki layanan transportasi umum

busway
(Sumber: okezone.com)

Niatnya, pemerintahan Anies Sandi pengen perbaiki pelayanan trasportasi umum dengan luasin daya jangkau, dan mengintegrasikan sistem transportasi dengan pusat pemukiman, pusat aktivitas publik, dan moda transportasi dari luar Jakarta.

9. Bangun pusat inovasi konservasi ekologi di Kepulauan Seribu

Janji yang penting bagi para mahasiswa biologi, geografi, dan jurusan lain yang berhubungan sama lingkungan laut ini harus ditagih. Anies-Sandi pengen bangun pusat inovasi konservasi ekologi di Kepulauan Seribu serta bangun berbagai fasilitas umum.

10. Revitalisasi pusat pengembangan kebudayaan

Kamu yang artsy perlu inget kalo Anies-Sandi janji bangun Taman Benyamin Sueb sebagai pusat Kebudayaan Betawi dan pusat komunitas. Terus, perbaiki Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin. Serta, jadiin Jakarta sebagai pusat kebangkitan film nasional. Catet, tuh!

11. Festival seni dan olahraga

(Sumber: Istimewa)

Gak berhenti sampe di situ, Anies-Sandi juga pengen selenggarai festival olahraga dan kesenian Jakarta sepanjang tahun.

12. Jakarta Kota Hijau

Serius! Kedua pejabat tertinggi DKI itu janjiin Jakarta sebagai Kota Hijau dan Kota Aman yang sejuk dan ramah. Udah gitu, pengen menggalakkan program urban farming.

13. Subsidi langsung untuk warga gak mampu

Lagi-lagi, janji kampanye yang berurusan sama uang dalam jumlah besar. Perlu diperhatiin, nih, biar tepat sasaran. Dalam program itu, termasuk juga perbaikan layanan air bersih.

14. Bangun pusat pariwisata

Tempat bersejarah dan pusat kegiatan warga niatnya direvitalisasi supaya juga mempertimbangkan kondisi lansia dan warga difabel.

15. Bantuan sosial untuk rumah ibadah

via sewarga.com
(Sumber: sewarga.com)

Rumah ibadah, lembaga pendidikan keagamaan, lembaga sosial, Sekolah Minggu, dan Majelis Taklim disediain dana bantuan biar kegiatannya terus berlangsung.

16. Tempat tinggal terjangkau

Pasti kenal dong dengan program DP rumah nol persen? Ternyata, program itu kan berlaku buat warga dengan pendapatan antara 7-10 juta rupiah. Ada lagi janji untuk memberdayakan developer untuk bikin kampung susun dan kampung deret bagi warga gak mampu.

17. Program untuk keluarga

Anies-Sandi juga berjanji ngasih cuti khusus bagi suami selama proses kelahiran anak. Terus, mau sediain fasilitas publik khusus, seperti ruang menyusui dan tempat penitipan anak yang pengelolaannya dijaga.

18. Kartu Pangan Jakarta

Niatnya, Kartu Pangan Jakarta dikasih ke orang-orang yang butuh supaya dapet harga khusus saat belanja. Buat semua warga DKI, Anies-Sandi berjanji mau menjaga stabilitas harga dengan pastiin semua barang kebutuhan tersedia.

19. Tingkatin kualitas pendidikan kejuruan

Cara ningkatin kualitasnya dengan mengintegrasikan dunia usaha ke dalamnya. Supaya apa? Supaya lulusannya langsung terserap ke dunia kerja atau berwirausaha.

20. Menghentikan reklamasi teluk jakarta

via beritatrans.com
(Sumber: beritatrans.com)

Reklamasi Teluk Jakarta yang kasus itu rencananya dihentikan untuk kepentingan memelihara lingkungan hidup, serta melindungi nelayan juga masyarakat pesisir.

21. Kartu Jakarta Jomblo

Jones yang request program Kartu Jakarta Jomblo juga harus termotivasi buat dapetin jodoh di era kepemimpinan Gubernur baru tersebut. Saat pengenalan program ini pada Pilkada DKI, para pemegang kartu diberikan hanya dikasih waktu maksimal 6 bulan. Kalo masih belum dapet jodoh juga, mungkin kriteria kamu yang ketinggian.

Well, itu semua juga diiringi berbagai janji pemerintahan yang serba terukur dan transparan. Namun begitu, janji nomor satu yang akan dibikin terlebih dahulu. Kira-kira, bisa gak ya Anies-Sandi menunaikan segudang janjinya dalam waktu 5 tahun? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.