Minggu, 20 Mei 2018

Genmuda – Tanpa bisa masak atau bangun lebih pagi pun menu sahur yang sehat sebenarnya gampang diperoleh loh, gaes. Minimarket 24 jam tersebar di sekitar tepat tinggal dan ada restoran cepat saji yang buka jelang sahur.

Di antara banyak menu makanan itu, ada beberapa yang perlu kamu hindari saat sahur. Misalnya, makanan instan, roti, waffle, minuman berkafein, gorengan, dan jus botolan yang lebih banyak gula ketimbang buahnya.

Kenapa? Karena menu-menu “terlarang” itu bikin kamu kehausan dan kehilangan tenaga jelang siang. Makanya, makanan-makanan di bawah ini loh yang paling oke dikonsumsi saat sahur karena melepas energi secara bertahap dan bikin kamu lama kenyangnya.

1. Oatmeal

via prevention.com
(Sumber: prevention.com)

Mengandung serat dan karbohidrat, oatmeal adalah salah satu menu instan paling baik pengganti nasi. Tanpa perlu menanak, kamu cukup rebus aja satu porsi oatmeal.

2. Bubuk protein/susu tinggi protein

via independent.co.uk
(Sumber: independent.co.uk)

Idealnya, oatmeal dihidangkan bersama buah-buahan. Tapi, pakai protein bubuk atau susu tinggi protein pun gak masalah. Kalo bubuk proteinnya mau kamu seduh sendiri juga boleh. Enggak ada yang melarang kok.

3. Ikan kaleng

via jovinacooksitalian.com
(Sumber: jovinacooksitalian.com)

Lemak ikan diolah di dalam tubuh jadi cadangan energi. Berguna banget buat menahan lapar. Karena termasuk ke dalam lemak baik, daging ikan gak bakal bikin kolesterol atau darah tinggi. Lagian, masaknya juga gampang. Panasin aja ikan kalengan di atas wajan. Jadi deh.

4. Sushi

via Istimewa
Nyatanya, Sushi dan Sashimi juga bisa bikin kamu cacingan. (Sumber: Istimewa)

Ada komposisi karbohidrat, protein, dan sayuran terkandung di dalam sushi. Semua zat itu dibutuhin supaya tubuh berfungsi dengan baik sepanjang berpuasa. Untunglah ada beberapa minimarket daerah perkotaan yang menjual sushi atau onigiri siap makan.

5. Onigiri

via loveatfirstbento.com
(Sumber: loveatfirstbento.com)

Berisi daging ayam atau ikan, nasi kepal berbalut rumput laut khas Jepang ini banyak dijual di minimarket tertentu. Cara makannya gampang. Setelah onigiri dipanasin sama penjual, buka bungkus plastiknya lalu hap, makan.

6. Salad

via bonappetit.com
(Sumber: bonappetit.com)

Ada kok restoran pizza yang biasanya buka jelang sahur dan salah satu menunya adalah salad. Atau gak, kamu bisa mampir ke kulkas sayuran di minimarket dan meracik salad sendiri dengan saus mayonaise atau thousand island. Kedua saus itu juga dijual di minimarket yang sama, loh.

7. Pisang

via theurbanlist.com
(Sumber: theurbanlist.com)

Karbohidrat kompleks, natrium, dan serat pada pisang adalah kombinasi yang mantap buat jaga energi kamu sepanjang puasa. Kalo emang kepepet banget, kamu bisa kok makan pisang sampai kenyang saat sahur tanpa perlu khawatir bakal kelaparan siangnya.

8. Kurma

via orami.co.id
(Sumber: orami.co.id)

Selain pisang, kamu juga bisa makan kurma. Kandungan gula, serat, dan protein pada kurma adalah zat-zat yang kamu butuhin sepanjang berpuasa. Kurma juga gampang diperoleh di mini market. Mana ada minimarket yang enggak jual kurma pada Bulan Ramadhan.

Jadi, gak ada alasan kamu sengaja beli nasi goreng yang bikin tenggorokan kamu kehausan siang harinya. Emangnya kamu rela puasa kamu rusak cuma karena salah menu sahur. Pastinya enggak, dong!? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.