Minggu, 24 Juni 2018

Genmuda – Rasanya manis, juicy, dan renyah. Saat Ramadhan, banyak dijual di pinggir jalan. Tukang es buah kemungkinan besar menggunakannya sebagai bahan dasar. Itulah blewah, buah mirip melon tapi dagingnya oranye.

Kamu yang rutin berbuka puasa makan buah itu dari awal harusnya mengalami banyak perubahan pada tubuh kamu ketika udah masuk akhir bulan Ramadhan. Misalnya, kayak di bawah ini.

1. Jarang sakit

via: Getty Images
(Sumber: Istimewa)

Kombinasi Vitamin A dan C tinggi pada blewah menyehatkan badan. Dua zat itu berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh sekaligus menetralkan radikal bebas atau zat lain yang merusak DNA.

2. Jantung kamu lebih sehat

Secara lebih spesifik, kombinasi Vitamin A dan C melindungi tubuh dari kanker, penyakit jantung, hingga rematik. Seharusnya, detak jantung dan tekanan darah kamu pun berada di batas normal.

3. Mata lebih segar

via: Twitter
(Sumber: Twitter)

Vitamin A pada blewah membantu mata terhindar dari rabun jauh/dekat, katarak, hingga kebutaan. Dengan kata lain, mata kamu tetap sehat kayak mata remaja meski usia gak bakalan balik muda lagi.

4. Pencernaan lancar

Kecuali kamu salah makan, pencernaan kamu pasti lancar. Blewah kan mengandung banyak serat dan air. Rajin makan blewah pasti rajin juga buang air besar secara teratur.

5. Kulit fresh

via Twitter.com
(Sumber: Twitter.com)

Kandungan air pada blewah juga seharusnya bikin badan kamu segar meski melalui puasa berat di bawah terik matahari. Karena cukup air, kulit kamu pun keliatan lebih fresh.

Buat kamu yang lagi sial…

Meski banyak manfaat, kamu yang sial juga bisa kena risiko saat makan blewah. Karena tumbuh di dasar tanah, blewah gampang kena bakteri macam salmonella atau E. coli yang menyebabkan sakit perut hingga diare.

Buat mencegah itu, makanya blewah sebaiknya dicuci bersih sebelum dipotong. Ada baiknya juga menyikat kulit luarnya untuk memastikan gak ada bakteri nempel ngumpet di kerutan-kerutan kulit blewah.

Alat pemotong dan pengolahnya pun harus dipastikan dicuci pakai sabun dan dikeringin sebelum dipakai. Lakuin itu, kamu pasti gak bakalan ketiban sial karena makan blewah. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.