Jum'at, 23 Februari 2018
Hiburan

Indonesia Berubah Jadi Kayak ‘Zootopia’? Biar Mice yang Ngejawab!

Mice dan Fitra Rifai, Kepala Studio Pemasaran Walt Disney Indonesia, di acara jumpa pers 'Mice in Zootopia' yang berlangsung di kantor Ogilvy Indonesia, Senin (29/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Genmuda – Film ‘Zootopia’ sekarang lagi tayang di bioskop Tanah Air nih, Kawan Muda. Tapi, kamu pernah ngebayangin engga kira-kira apa jadinya kalau Indonesia berubah jadi kayak ‘Zootopia’?

‘Zootopia’ merupakan film animasi terbaru Disney yang nyeritain tentang dunia yang sepenuhnya dihuni sama berbagai jenis hewan mamalia. Dalam rangka ngerayain rilis film tersebut pada tanggal 17 Februari yang lalu, kartunis Indonesia, Muhammad Misrad alias Mice pun berusaha buat ngejawab pertanyaan gimana jadinya kalau Indonesia engga dihuni manusia, melainkan hewan kayak ‘Zootopia’.

Lebih tepatnya, Mice yang terinspirasi dari ‘Zootopia’ berusaha buat ngasih sekilas pandangannya terkait Zootopia Indonesia dalam serangkaian ilustrasi kehidupan sehari-hari. Terdiri dari 5 gambar berbeda, rangkaian ilustrasi tersebut diberi judul ‘Mice in Zootopia’.

Acara jumpa pers 'Mice in Zootopia' yang berlangsung di kantor Ogilvy Indonesia, Senin (29/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Acara jumpa pers ‘Mice in Zootopia’ yang berlangsung di kantor Ogilvy Indonesia, Senin (29/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Nah, dalam ‘Mice in Zootopia’, kamu bisa ngelihat parodi dari beberapa tokoh ‘Zootopia’, yaitu Judy Hopps si polisi kelinci, Nick Wilde si rubah yang pintar ngomong, Leodore Lionheart si Walikota singa, Dawn Bellwether si domba asisten walikota, serta Flash si kukang yang kerja di DMV (tokoh favorit Mice). Hal yang khas dari Indonesia, kayak misalnya warkop, bahkan bisa kamu temuin pula dalam ilustrasi tersebut.

FYI, Mice sebenarnya udah bikin lebih dari 5 gambar, tapi sisanya ada yang disimpan. “Ada yang kami simpan karena sedikit sensitif. Sekarang ‘kan jamannya sensitif dikit ramainya besar,” kata Mice saat ditemui Genmuda.com di acara jumpa pers ‘Mice in Zootopia’ yang berlangsung di kantor Ogilvy Indonesia, Senin (29/2).

Yang lebih menariknya lagi, berbagai gambar dalam rangkaian ilustrasi ‘Mice in Zootopia’ ternyata diselesain Mice cuma dalam 2 hari loh, Kawan Muda. Beliau pun engga ngerasa ngalamin kesulitan atau tantangan selama proses pembuatan ‘Mice in Zootopia’. “Engga ada. Saya senang banget terlibat di sini karena saya amat sangat mengidolakan Pak Disney,” jelas Mice.

Tapi, kenapa sih Mice lebih milih buat ngangkat ‘Zootopia’, bukan film Disney lainnya? “Semua karya Disney saya suka, apalagi pas peralihan ke 3D. Pokoknya semua karya Disney saya apresiasi sekali. Ini [‘Zootopia’] baru makanya saya angkat. Mice ‘kan sangat kekinian,” ujar Mice.

Mice di acara jumpa pers 'Mice in Zootopia' yang berlangsung di kantor Ogilvy Indonesia, Senin (29/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Mice di acara jumpa pers ‘Mice in Zootopia’ yang berlangsung di kantor Ogilvy Indonesia, Senin (29/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Mice pun ngelihat kalau ‘Zootopia’ punya pesan moral khusus yang mau disampein ke para penonton Disney, yang mencakup semua usia. “Jujur saya melihat kondisi sekarang sangat terkotak-kotak. Tidak sepaham atau tidak satu golongan akhirnya jadi musuh. Yang saya suka dari ‘Zootopia’ si pemangsa dan yang dimangsa bisa hidup rukun, tapi ada aja yang engga suka sama kerukunan itu,” jelas Mice.

Rencananya, ‘Mice in Zootopia’ bakal dimuat di beragam media sosial Walt Disney Studios Indonesia. “Karya Mas Mice ini adalah karya pribadi yang terinspirasi dari film ‘Zootopia’. Kami ada rencana memunculkan karya Mas Mice lewat medsos kami untuk menunjulkan bagaimana local talent menghargai karya Disney,” ungkap Fitra Rifai, Kepala Studio Pemasaran Walt Disney Indonesia.

Engga ketinggalan, di samping karya-karya Mice, masih ada lagi beragam karya lainnya dari Fawn Veerasunthorn, seorang illustrator asal Thailand yang kerja di Walt Disnet Animation Studios. Beliau udah ngegambarin seri eksklusif ‘Zootopia’ buat Asia Tenggara yang terdiri dari gambar Judy dan Nick dengan landmark ikonik di Malaysia, Filipina, dan Thailand. Baik karya beliau maupun Mice keren banget deh pokoknya, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer