Kamis, 15 November 2018

Genmuda – Kawan Muda lagi bingung mencari smartphone kekinian dengan kamera kece? Jika ya, maka lo harus kenalan sama smartphone Huawei P20 Pro yang baru dirilis akhir Juni 2018 kemarin.

Enggak cuma nawarin desain atau teknologi paling high-end, lini smartphone flagship dari Huawei ini kasih kamu hasil foto dan video yang gak kalah dari kamera Mirrorless atau DSLR sekalipun. Bahkan untuk urusan kamera, Huawei menggaet Leica untuk tiga kamera P20 Pro.

Tiga kamera dengan fungsi yang berbeda

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Keunggulan pertama Huawei P20 Pro terletak pada tiga kamera yang masing-masing punya fungsi dan keunggulan berbeda. Pertama ada lensa 40 MP, 1.7 aperture, lalu lensa 20 MP, f/1.6 sensor monokrom, dan terakhir lensa tele 8MP, 80 mm f/2.4.

Dengan adanya tiga kamera utama, hasil jepretannya boleh dibilang lebih unggul dalam lini smartphone flagship dari kompetitor lain dan hampir menyamai hasil kamera profesional. Ketiga kamera tersebut juga udah dilengkapin sama teknologi Artifical Intellegence (AI).

Sedangkan untuk kamera depan (selfie), P20 Pro dibekali oleh lensa 24 MP, f/2.0 aperture. Untuk efek bokeh di kamera depan sih udah gak perlu diraguin lagi gengs, namun kalo lo enggak gitu doyan selfie mungkin hasil akan terasa ‘fake’ meski lo gak mengaktifkan fitur beauty.

Huawei P20 Pro
Hasil foto dari kamera utama Huawei P20 Pro

Lebih lanjut, saat pertama mengoperasikan kamera P20 Pro, lo bisa memilih tingkat resolusi kamera layaknya kamera profesional, hasilnya pun bisa langsung dikonversi menjadi format RAW. Dalam opsi kamera Pro, banyak fitur bawaan yang bisa lo utak-atik seperti halnya di kamera DSRL, kayak shutter speed, auto-focus, tingkat kecerahan, sampe tingkat ISO yang bisa diatur sampe 102400. Goks kan!

Biarpun penggunaan AI-nya bisa ngebantu lo dapetin foto terbaik, tapi bukan berarti hasilnya bisa lebih baik. Dalam kondisi kurang cahaya, Genmuda.com lebih menyarankan untuk mengatur sendiri aperture di kamera P20 Pro. Jika dirasa AI-nya kurang ngebantu, lo bisa non-aktifkan untuk sementara kok. Inget, itu semua balik ke selera masing-masing ya.

Gak habis sampe di situ, kamera super kece ini bisa nge-zoom 3x untuk mengambil foto jarak jauh dengan hasil jepretan yang tetep kece dan enggak pecah. Lo juga masih bisa cobain 5x hybrid zoom dan 10x digital zoom, meskipun hasilnya gak sebagus versi standart atau yang di-zoom 3x.

Berikut berberapa hasil jepretan dari kamera Huawei P20 Pro yang udah Genmuda.com coba:

Perbandingan ketajaman gambar saat di-zoom

Perbandingan foto tanpa AI vs bantuan AI

Video

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Dengan tiga lensa sedemikian mutakhir, lo bisa ngerekam video berkualiatas resolusi 2160p 30fps, 1080p 30fps atau 60fps, dan 720p mencapai 960fps. Namun, Genmuda.com enggak ngerekomendasiin lo merekam video 4K tanpa menggunakan tripod karena penggunaan stabilizernya cuma berlaku di resolusi 1080pp 30fps. Otomatis video yang dihasilkan dalam format 4K akan banyak ‘goyang’.

Lo masih bisa mengambil video slow-motion pada 960 frame per detik yang dapat direkam pada resolusi 720p. Hasilnya? Smooth dan akurat banget gengs.

Performa dan Desain

Selain kamera, performa smartphonenya juga didukung oleh prosesor Kirin 970 dengan bawaan OS Android Oreo 8.1. RAM P20 Pro adalah 6 GB dengan memori 128 GB yang bisa lo upgrade dengan MicroSD.

Satu hal positif lainnya yang menjadikan P20 Pro lebih unggul dari kompetitor lain adalah kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh yang udah dilengkapi sama teknologi supercharger. Sekedar catatan, saat Genmuda.com review unitnya hampir seminggu, smartphone ini bisa bertahan hingga 2 hari lebih dalam posisi standby. Kalo pun dicoba untuk aktivitas sehari-hari seperti akses medsos hingga mobile gaming, baterai masih bisa tahan selama 8 jam lebih.

Huawei P20 Pro punya layar OLED berukuran 6,1 inci dilengkapi panel kaca 3D, Full HD 1.080×2.240 piksel dengan aspek rasio 18,7:9. Walau udah mengusung layar berponi, sayang aja bagian depannya masih terdapat tombol finger print, — meskipun udah ada teknologi Face ID.

Body bekang smartphonenya juga terbilang cukup mewah dengan warna mengkilap seperti kaca. Sayang aja kalo tangan lo kotor bakal ninggalin bekas. Dikarenakan riskan baret, untungnya perangkat ini udah dibekalin sama case tambahan sebagai pelindung bodynya. Gak kalah sama smartphone flagship lainnya, Huawei P20 Pro juga anti air.

Dengan dimensi 155 x 73.9 x 7.8 mm dan bobot 180 gram, smartphone ini terasa mantap buat lo genggam. Biarpun bakal terasa ganjal kalo lo masukan ke kantong celana jeans. He-he.

Kesimpulan

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Buat bersaing di kelas smartphone flagship, Genmuda.com berani menyimpulkan Huawei P20 Pro unggul dari tiga kamera yang mereka sediakan. Bahkan buat orang awam sekalipun dijamin mampu mengkreasikan gambar atau video dengan beragam fitur bawaannya.

Di Indonesia P20 Pro hadir dalam empat pilihan warna, yaitu Black, Twilight, Pink Gold, dan Midnight Blue. Saat peluncurannya di Indonesia, unit ini dibanderol dengan harga Rp 11,9 juta. Tentunya itu setimpal dengan apa yang bisa lo dapetin, termasuk perbandingannya dengan produk smartphone lainnya.

Plus

  • Kamera terbaik untuk smartphone
  • Kapasitas baterai cukup besar
  • Performa epik
  • Harga masih terjangkau di kelas flagship

Minus

  • Body agak besar

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.