Rabu, 18 September 2019

Genmuda – Buat kamu para penggemar setia Tulus alias Kawan Tulus, hari ini pasti udah kamu tunggu-tunggu banget. Yup, Tulus baru aja ngerilis satu lagi single baru, Rabu (27/7).

Menyusul single ‘Pamit’ yang udah lebih dulu dirilis di bulan Februari yang lalu, kini Tulus resmi ngerilis sebuah single berjudul ‘Ruang Sendiri’ dan ngelanjutin langkahnya di dunia musik. Lewat lagu yang puitis tersebut, Tulus kembali ngebingkai sesuatu yang dekat dengan keseharian pendengarnya.

Saat ini, ‘Ruang Sendiri’ udah bisa kamu dengerin di berbagai radio kesayangan kamu maupun di sejumlah toko musik digital atau layanan streaming musik. Tapi, sebelum kamu mulai ngedengerin, ada baiknya kamu simak dulu 5 hal yang perlu kamu tahu seputar lagu tersebut berikut ini:

1. Me time

‘Ruang Sendiri’ berkisah tentang suatu ruang dasar yang dibutuhin manusia. Dalam hubungan sosial yang ngelibatin pasangan, sahabat, dan teman, ada kalanya jarak bakal muncul dan berbuah rindu, yang justru baik buat ngebangun nilai hubungan itu sendiri (tsah!). Singkatnya, kalo menurut siaran pers yang diterima Genmuda.com, ‘Ruang Sendiri’ pengen nunjukin jika ruang ngebikin jarak, jarak nimbulin rindu, dan rindu ngebangun nilai. Tsadeeees abiiiiis!

2. Kolaborasi Tulus dan Ari Renaldi

Kayak lagu-lagu Tulus pada umumnya, lirik dan melodi ‘Ruang Sendiri’ lagi-lagi doi ciptain sendiri. Sebaliknya, komposisi musiknya merupakan hasil gubahan Ari Renaldi. JSYK, Ari Renaldi juga merupakan produser untuk album ketiga dan dua album Tulus yang sebelumnya loh, Kawan Muda.

3. Ngelibatin The City of Prague Philharmonic Orchestra

Proses rekaman ‘Ruang Sendiri’ berlangsung di Indonesia dan turut bekerja sama dengan The City of Prague Philharmonic Orchestra, Republik Ceko. Proses rekaman alat gesek yang berlangsung di Praha sepenuhnya didukung oleh Wardah, yang memang berkomitmen buat berperan aktif ambil bagian memajukan eksplorasi dan kualitas karya anak bangsa.

4. Video klip yang unik

Sehari berselang setelah ‘Ruang Sendiri’ mulai diputar di radio dan dipasarin di seluruh toko musik digital, bakal ada pula video klip buat single tersebut. Proses pembuatan video klipnya terbilang unik, dengan lirik dan melodi lagunya diterjemahin jadi gerak ekspresif oleh Melati Suryodarmo dan kemudian difilmkan oleh Embara Films.

FYI, Melati Suryodarmo adalah seorang seniman performance asal Solo yang selama 20 tahun ini udah nampilin karya-karyanya di berbagai festival internasional dan juga aktif berpartisipasi pada pameran-pameran seni rupa di berbagai negara. Karya terbarunya ada di pameran seni rupa bertajuk ‘In Silence’ di Pearl Lam Gallery Singapura bulan Juli 2016 lalu.

Sebaliknya, Embara Films adalah kumpulan sineas muda Indonesia yang terkenal lewat eksplorasi mereka ngerekam keindahan alam Indonesia dan sudut-sudut menarik lain di dunia lewat beberapa film non-naratif. Mereka belum lama ini abis ngegarap film dokumenter Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) yang berjudul ‘Indonesia Kirana’.

5. Album ketiga segera diluncurin

Ini dia nih kabar yang pasti paling kamu nantiin banget. Seminggu berselang setelah perilisan ‘Ruang Sendiri’, Tulus rencananya bakal ngeluncurin album ketiganya. Berjudul ‘Monokrom’, album tersebut bakal diluncurin pada 3 Agustus mendatang. Mark your calendar, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer