Jum'at, 22 Februari 2019

Genmuda – Wah, besok udah mulai puasa aja ya! Nah, gimana nih Kawan Muda persiapannya? Yang cewek udah bayar utang puasanya belum? Dan yang cowok perokok, udah siap kan nahan hawa nafsu buat gak ngerokok? Sip, kalo semuanya udah siap, berarti kita udah siap buat menyambut bulan suci Ramadhan ya!

Bulan puasa pasti gak luput sama tradisi buka puasa bersama. Mulai sama temen SD, temen SMP, temen SMA, temen kuliah, temen les, temen se-genk, dan belum lagi bukber sama keluarga besar. Meskipun pas dateng bukber kamu baru selesai kuliah atau kerja, tapi kamu tetep harus keliatan ON dan kulit kamu gak boleh keliatan kering efek puasa.

Nah, buat menjaga kulit kamu tetep kece dan gak kering selama puasa coba ikutin aja tips di bawah ini ya!

Banyak minum air putih

via Stylist
(Sumber: Istimewa)

Bukan pas puasa, tapi pas sahur aja. Ini bisa menjaga tubuh kamu terhindar dari dehidrasi dan tetep bikin kulit kamu terasa segar seharian. FYI, lebih dari setengah tubuh kita adalah berupa cairan. Jadi, air yang kamu minum saat buka puasa dan sahur inilah yang akan ngebantu fungsi penting dalam ngejaga suhu tubuh, ngelindungin organ-organ vital, dan ngebantu melancarkan pencernaan.

Banyak makan buah dan sayur

via liputan6.com
(Sumber: liputan6.com)

Asupan makan juga mesti  kamu perhatiin supaya kulit kamu tetep kejaga kelembabannya dan gak kering. Waktu berbuka dan sahur, biasain buat kasih kulit kamu dengan makanan yang sehat kayak buah dan sayur yang banyak mengandung air. Contohnya, ada di buah melon atau semangka. Buat buka puasanya cukup makan kurma untuk menggantikan kandungan gula yang hilang dalam tubuh kamu.

Lapisi kulit dari luar

via: google
(Sumber: Istimewa)

Gak cuma jaga dari dalam, tapi kamu juga bisa jaga kelembaban kulit kamu dari luar. Misalnya, kamu rajin menggunakan masker wajah yang dipakai dengan rutin supaya kulit kamu terhindar dari rona kusam. Coba buat maskeran pakai madu atau minyak zaitun. Campuran keduanya bahkan bisa menghasilkan efek yang lebih baik buat kulit wajah kamu. Yuk, coba!

Pakai moisturizer atau pelembab wajah

via: Rimanews
(Sumber: Istimewa)

Sebelum mengaplikasikan makeup yang mesti kamu lakukan lebih dulu adalah pakai moisturizer atau pelembab wajah. Udah banyak kok jenis pelembab yang bisa kamu beli dengan harga terjangkau dan bisa didapet dimana-mana. Pokoknya, moisturizer ini jangan diduluin sama makeup lain ya, mesti dipake di paling awal pokoknya!

Jangan pake makeup yang lebay

via: Shutterstock
(Sumber: Istimewa)

Di bulan puasa, biasanya bawaan kita buat ngerjain sesuatu itu gak sesemangat pas kayak gak bulan puasa, mungkin karena lemes dan ngantuk. Kalo udah gitu, baiknya kamu pake makeup yang tampilannya natural aja, gak usah yang berlebihan kayak di hari biasanya. Gak bikin kamu keliatan kusam kok, yang penting tampilan kamu terlihat flawless.

Pakai maskara

via: Entrepreneur
(Sumber: Entrepreneur)

Ini juga lumayan penting supaya mata kamu terhindar dari kesan ngantuk. Ketika kamu kerja atau kuliah kan pasti lagi keadaan ngantuk-ngantuknya karena sebelumnya mesti bangun sahur. Ini bisa kamu siasatin dengan pakai maskara, yang sebelumnya bulu mata kamu udah dijepit dengan penjepit bulu mata, supaya lebih curl. Cara ini bisa bikin mata kamu keliatan lebih kebuka dan lebih segar.

Pake blush on yang cerah

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Jangan biarin wajah kamu keliatan plain tanpa ada usapan blush on dengan warna terang. Meskipun kamu cuma pake pelembab dan bedak tipis, kamu bisa tetep keliatan fresh ketika kamu pake blush on yang warnanya bisa bikin siapapun yang liat kamu, ikutan jadi semangat juga. Coba buat pake blush on yang agak tebal dari biasanya. Tapi jangan ketebelan juga sih, nanti kamu dikira abis ditonjokin, atau keliatan kayak lagi demam. *canda

Pake lipstik warna terang

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Untuk sementara waktu, hindari dulu nih warna lipstik yang bernuansa nude. Kamu bisa mengganti kebiasaan kamu pakai lipstik warna kulit itu dengan warna yang lebih terang. Contohnya kayak oranye, pink, atau merah. Gak ada salahnya kok pake warna yang agak mencolok kayak gini supaya kamu tetep terlihat segar dan gak pucet pas lagi puasa.

Hindari dulu pakai liptint

via: giphy

Sebenernya kamu bisa tetep pake liptint asalkan sebelumnya udah pake lipstik. Kalo kamu cuma pake liptint langsung ke bibir tanpa mengaplikasikan lipstik dulu sebelumnya yang ada kamu malah keliatan kayak lagi sariawan, loh. Karena umumnya liptint cuma dipakai dan keliatan berwarna di daerah dalam bibir aja, bukan di permukaan luarnya. Jadi, jangan sampe kamu dikira lagi sariawan pas lagi puasa ya. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.