Jum'at, 20 September 2019

Genmuda – Engga kerasa libur lebaran tinggal beberapa bulan lagi, gengs. Kamu udah prepare apa aja nih? Udah beli tiket buat mudik belum? Atau kamu termasuk golongan yang hunting tiket mudik di masa injury time? Tapi kamu tau gak sih kalo harga tiket di H-7 lebaran itu relatif lebih mahal dan ketersediaannya langka, loh.

Guna mencegah pengeluaran makin membengkak atau kehabisan tiket mudik lebaran, Tiket.com mengajak kamu buat merencanakan mudik dengan membeli tiket 90 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Dalam acara konferensi pers, Kamis (21/2) di Jakarta, Co-Founder & Chief Marketing Office Tiket.com, Gaery Undarsa menganjurkan kita buat beli tiket minimal h-90 sebelum keberangkatan.

“Idealnya jika lebaran tahun ini jatuh tanggal 5 dan 6 Juni, maka waktu paling tepat (untuk membeli tiket mudik) adalah di bulan Februari atau Maret.” kata Gaery kepada awak media.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Founder & CEO Jouska Indonesia, Aakar Abyasa, yang ngebagiin tips keuangan supaya biaya mudik gak jadi beban, atau amit-amit harus nyicil sana-sani. Menurutnya keharusan untuk mudik atau engga disesuaikan dengan kesiapan kantong.

“Kalo situasi finansial kita sedang tidak ada dana memang lebih baik harus jauh-jauh hari, tapi kalo situasi finansial kita baik-baik ya sah-sah saja. Dan sebaiknya kita cicil berdasarkan kebutuhannya, bukan cicil bayarnya.” ungkap Aakar.

Ia juga bilang kalo banyak orang Indonesia yang terjebak masalah keuangan saat mudik meskipun gaji mereka setiap tahun naik. Malahan gak sedikit yang keuangannya minus gara-gara mudik. Wadaw!

Untuk mengatasi masalah drama tersebut Aakar memberikan simulasi keuangan persiapan mudik. Dimana setiap bulannya idealnya seseorang menyisihkan uang dari gaji mereka khusus untuk liburan atau mudik. Namun demikian uang tersebut gak perlu dihabiskan buat mudik, malah ia menganjurkan untuk menyisakan sekitar 40 persennya untuk lebaran selanjutnya.

Cara ini sangat berguna supaya uang THR kamu juga gak numpang lewat dan dalam satu atau enam tahun ke depan kamu gak perlu pusing lagi buat memikirkan biaya mudik.

Gak ketinggalan Aakar menganjurkan tips simple yang wajib kamu tiru untuk persiapan mudik. “Satu perencanaan yang bener, kedua manfaatkan promo yang maksimal.” pungkasnya.

Sejalan dengan tips tersebut Tiket.com berkerjasama dengan PT KAI memberikan potongan sebesar Rp 30 ribu yang berlaku mulai 18-24 Februari 2019 melalui aplikasi Tiket.com. Selain itu pembeli tiket juga berhak mendapatkan bonus makan dan minuman gratis yang bekerjasama dengan restoran kereta api, loh.

Jadi tunggu apalagi, buruan cari tiket mudik lebaran kamu dari sekarang. Ingat besok harga naik. Cielah gitu!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.