Selasa, 16 Juli 2019

Genmuda – Kamar kos ibarat rumah kedua buat Kawan Muda yang merantau di daerah atau negara orang. Punya kamar kos yang nyaman, rapih, sekaligus bersih jelas jadi impian semua Kawan Muda. Gak perlu mewah atau luas, at least kamar kos bisa mencerminkan pribadi seseorang.

Tapi banyaknya aktivitas di kampus atau kantor kadang harus menyita waktu kamu buat bersih-bersih kosan, akhirnya saat weekend kamu harus ‘kerja bakti’ beresin kosan. Padahal kamu bisa loh leye-leye pas weekend selama menerapkan cara ‘beres-beres’ yang efektif. Emang yang efektif kayak gimana tuh? Langsung aja kamu simak informasi berikut ini.

Metode Marie Kondo

Marie Kondo, konsultan dan penulis buku “The Life-Changing Magic of Tidying Up” yang udah diterjemahkan dalam banyak bahasa dan terjual jutaan kopi. Metode membereskan ruangannya ala Marie Kondo emang relatif mudah buat kamu coba.

Pertama Kondo menyarankan kamu untuk memilih barang yang udah gak terpakai untuk dibuang sebelum membereskan ruangan. Ia juga menegaskan sebelum membuang salah satu barang, tanya baik-baik pada diri kamu apakah barang tersebut masih dibutuhkan atau engga. Jadi jangan asal buang ya.

Buat melipat pakaian ia juga menyarankan untuk tidak ditumpuk supaya kamu bisa memilih melihat semuanya secara sekaligus tanpa harus bongkar lemari baju. Terus kelompokin juga barang-barang sesuai kategori, misalnya bagian celana dengan baju disusun secara terpisah. Gak ketinggal ia menyarankan kamu buat menaruh barang-barang yang membuat kamu senang atau ada ikatan personal sehingga menimbulkan rasa kebahagiaan saat melihat atau menyentuhnya.

Saking jeli dan suka beres-beres ruanga, Marie Kondo juga punya acara reality show sendiri di Netflix. Barang kali kamu masih butuh inspirasi tonton aja beberapa epidosenya.

‘Metode pelukan’

via commonsensewithmoney.com
(Sumber: Istimewa)

Heh, maksudnya gimana nih? Jelas bukan pelukan semestinya ya. Ini adalah istilah dari bloger Leo Babauta yang menerapkan gaya hidup minimalis dimana ia menekankan kita buat memperhatikan hal-hal kecil, termasuk masalah kebersihan.

‘Metode pelukan’ dari Babauta lebih mempertimbangkan efisiensi waktu dimana kamu bisa membereskan satu area ruangan dengan debu ‘sepelukan tangan’, ketimbang harus membereskan seisi ruangan. Dengan begitu kamu juga bisa fokus buat ngerjain hal lain yang lebih berfaedah. Boleh dicoba nih!

‘Metode kebiasaan kamu’

(Sumber: Huffingtonpost)

Kalo kamu merasa kurang cocok sama dua metode sebelumnya, kamu boleh coba ‘metode berantakan’ yang diterapkan oleh penulis asal Amerika Serikat, Sandra Felton, yang dipopulerkan pada tahun 1982. Menurutnya cara paling gampang untuk membuat tempat tinggal kamu tetep bersih adalah dengan memiliki urutan tertentu di dalamnya, dimana semuanya harus memiliki tempat sendiri. Ajarin ke diri kamu buat meletakkan segala sesuatu di tempatnya. Kebiasaan ini biasanya akan berhasil diperoleh dalam 21 hari.

Ia juga menyarankan untuk meletekan barang sesuai tiga kategori, yaitu barang-barang yang ingin dibuang, dijual/dikasih orang, dan disimpan. Selain itu penting bagi kamu untung menganggap rumah atau kamar kosan kamu adalah milik orang lain, dengan begitu kamu akan selalu punya cara buat selalu memberbaikinya untuk lebih bersih dan rapih.

Metode 15 menit

(Sumber: Shutter Stock)

“Membersihkan ruangan itu harus menyenangkan dan gak boleh jadiin stres.” Itulah prinsip utama medote yang diterapkan oleh FlyLady. Ketimbang harus beberes kosan berjam-jam, kenapa engga nyicil pekerjaan itu gak lebih dari 15 menit.

Penulis metode ini merekomendasikan kamu untuk menghabiskan waktu gak lebih dari 15 menit setiap hari. Kamu cuma perlu fokus membersihkan satu area setiap hari. Misalnya hari ini ngeberesin meja belajar, besok kamar mandi, dan seterusnya.

Untuk di weekend kamu bisa manfaat untuk ngepel, menyapu, atau cuci pakaian. Inget ya, itupun gak boleh lebih dari 1 jam. Kalo udah terbiasa kamu malah bisa membereskan ruangan kamu hanya dalam waktu 5 menit sehari. Keren kan.

Jadi kira-kira metode apa nih yang paling cocok sama kamu? Atau kamu punya metode sendiri? Jangan lupa kasih tau Genmuda.com di kolom komentar ya. Selamat bersih-bersih!

Comments

comments