Selasa, 23 April 2019

Genmuda – Di hari-hari terakhir liburan, orang biasanya mulai bersiap menghadapi rutinitasnya, entah balik bekerja, kuliah, atau sekolah. Sebagian ada yang sibuk beli alat tulis, peralatan kerja, ada pula yang sedang ribet-ribetnya mengurus pendaftaran di tempat baru.

Meski begitu, ternyata ada juga Kawan Muda yang masih di tempat piknik alias mudik. Supaya larut dalam nuansa liburan yang udan mau kelar. Perhatiin dulu deh 10 hal berikut sebelum pulang dari tempat piknik:

1. Charge semua alat elektronik

Mengingat pentingnya ponsel, iPad, laptop, kamera atau alat elektronik lainnya buat traveler kekinian, kamu perlu pastiin kalo baterai semua alat itu udah terisi penuh. Percaya deh. Soalnya, dalam perjalanan nanti biasanya sulit buat menemukan colokan. Kalaupun ada biasanya udah keduluan orang lain. Jangan lupa, kamu isi penuh juga power bank buat kondisi emergency. Who knows?

2. Siapin hiburan di perjalanan

Terkadang, bengong di pesawat, kapal, kereta, atau bus bikin kita merasa betapa pegal dan membosankannya jalan-jalan. Biar engga bete kayak gitu, ada baiknya kamu siapin hiburan beberapa hari sebelum keberangkatan. Headset udah pasti perlu dicek biar engga ketinggalan. Snack, bacaan, dan handheld console misalnya juga bisa dibawa biar menghibur.

3. Siapin dokumen perjalanan

Yang dimaksud dokumen perjalanan tuh bukan cuma passport atau visa (kalo kamu jalan-jalan ke luar negeri). Tiket transportasi juga masuk didalamnya. Emangnya kamu mau disuruh turun tengah jalan pas naik pesawat? *canda. Biar engga repot buka-buka tas, sediain aja tas kecil buat menyimpan itu semua.

4. Perhatiin cucian baju kotor

Meski masih liburan di kampung halaman ada baiknya jangan cuci baju kamu pas pengen pulang. Kenapa? Takutnya engga kering lah. Emang kamu mau tas kamu makin berat karena pakaian basah? Engga mau kan. Jadi mendingan kamu pisahin aja baju kotor kamu dan cuci begitu sampe di rumah.

5. Optimalkan belanja online

Berhubung kamu cuma punya sedikit waktu buat bersiap menghadapi rutinitas, ada baiknya kamu manfaatkan jasa belanja online. Kamu bisa pesan perlengkapan yang kamu butuhkan di tempat piknik kamu. Jadi, kamu engga perlu buang waktu lagi karena barangnya bisa segera tiba (atau bahkan udah dititipin ke tetangga) dan kamu bisa santai beresin kopermu.

6. Siapkan semua kunci

Sebelum balik ke kota rutinitas, periksa dulu kunci-kunci penting yang kamu bawa. Jangan sampai ada yang tertinggal. Pastikan juga semuanya tersimpan di tempat yang aman. Engga lucu kan kamu udah di Jakarta tapi kunci rumahnya ketinggalan di Manokwari. *canda.

7. Cek pesan di email atau grup

Ketika kamu libur, terkadang kamu melewati sejumlah informasi penting yang ada di email atau grup, baik itu seputar sekolah, kuliah, atau kerjaanmu. Sebaiknya kamu cek lagi supaya tetep up to date sebelum menghadapi rutinitas. Wajar kok, karena mungkin engga semua orang bisa tetep sibuk bukain email saat liburan.

So, 7 tips di atas bisa kamu gunakan kalo kamu cenderung terlambat pulang dari libur Lebaran. Tetep tenang dan jangan ceroboh ya selama di perjalanan. Inget loh yang cepat belum berarti aman. Apalagi nyaman. He-he. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.