Jum'at, 3 April 2020

Genmuda – iPhone emang selalu punya tempat di hati para fansnya, bahkan sampe sekarang pun masih banyak transaksi jual beli produk iPhone yang statusnya masih ‘baru’ padahal produk itu udah engga diproduksi lagi oleh Apple, biasanya produk yang dijual itu adalah produk refurbished atau rekondisi .

Baru Refurbish
Produksi pabrik yang memenuhi standar kualitas Produksi pabrik yang di bawah standar kualitas
Dijual oleh retailer dan beredar di pasaran Dikembalikan oleh retailer ke pabrik, komponennya diganti dan dibersihkan.
Harga penuh sesuai pasar Harga lebih murah
Memiliki fitur dan spesifikasi sesuai barangnya Memiliki fitur dan spesifikasi yang sama dengan barang baru
Garansi Penuh Garansi tidak selama barang baru

Refurbished atau Rekondisi, apa sih artinya?

Produk refurbished atau rekondisi adalah barang yang udah sampe ke tangan pengguna, tapi karena alasan tertentu (misal ada cacat minor dan hasil klaim garansi) barang itu dibalikin lagi ke Apple. Nah berhubung masih bisa dipake, produk itu dibenerin, dites ulang secara menyeluruh, terus dijual lagi sama Apple. Produk ini harganya lebih murah dan langsung dikasih keterangan sebagai produk refurbished.

Biasanya Kawan Muda, produk rekondisi yang kita temuin itu adalah 2 generasi sebelum produk baru yang sekarang lagi beredar. Anggaplah sekarang masih jamannya iPhone 6s, berarti produk-produk rekondisi yang bisa kita temui adalah iPhone 5s sampe ke seri yang lebih jadul.

iPhone 5 refurbished resmi dari Apple (c) MakeMac
iPhone 5 refurbished resmi dari Apple (c) MakeMac

Produk rekondisi yang resmi punya kemasan yang sedikit berbeda dibanding versi normalnya (original/baru). Ciri-ciri box iPhone refurbished adalah adanya tulisan kecil ‘Apple Certified Pre-Owned’ di bagian tengah bawah. Pas dibuka, semua aksesoris dan kelengkapannya persis dengan iPhone yang dijual normal. Itu artinya kamu bisa temuin earpods, USB Charger, kabel data dan buku manual. Semua tentu dalam kondisi baru dan ori.

Refurbished juga punya Grade loh

Secara umum, biasanya sih ada 3 tipe grading dari barang-barang refurbished, yaitu Grade A, B dan C.

Grade A :

Bodi relatif mulus dengan lecet ringan

Keseluruhan produk masih berfungsi

Kelengkapan : Boks kemasan, buku manual, aksesoris

Grade B :

Bodi cukup mulus dengan lecet ringan

Keseluruhan produk masih berfungsi

Dijual lengkap : Boks kemasan dan aksesoris

Grade C :

Bodi relatif mulus dengan lecet ringan

Keseluruhan produk masih berfungsi

Biasanya produk yang resmi barang refurbished dari Apple adalah Grade A. Jelas dong karena Apple juga wajib bertanggung jawab dengan barang yang mereka jual secara resmi, bahkan produk refurbished resmi dari Apple atau Apple Certified Pre-Owned ini juga punya garansi internasional 1 tahun dari Apple. Kamu bisa coba cek serial number produk tersebut di selfsolve.apple.com atau checkcoverage.apple.com.

hasil ngecek di laman resmi apple (c) MakeMac
hasil ngecek di laman resmi apple (c) MakeMac

Lain halnya refurbished bodong yang ternyata diperbaiki/direkondisi oleh sindikat tertentu. Biasanya produk ini dijual engga begitu lengkap dan begitu dicek di laman resmi Apple tadi biasanya engga ngasih info yang akurat.

Contoh kasusnya nih, anggaplah kamu beli iPhone 5s, tapi begitu dicek di laman tadi malah nunjukin kalau iPhone yang kamu cek itu adalah iPhone 5c. Kenapa bisa begitu? Karena sindikat rekondisi itu seenaknya ngebenerin iPhone yang rusak menggunakan part-part yang tidak original, alhasil dipake sebentar juga udah ngaco.

Nah buat kamu yang pengen banget beli iPhone seri lama tapi engga berhasil nemuin produk baru dan males banget beli bekas pake orang, ada baiknya kamu beli Apple iPhone Refurbished. Tapi inget ya Kawan Muda, kamu harus teliti dan cermat, usahain kamu bisa dapet Grade A atau Apple Certified Pre-Owned.

Gimana, ada pertanyaan atau mungkin kamu punya pengalaman beli iPhone refurbished? Langsung aja yuk kita sharing di kolom komentar di bawah!

 

Sumber: MakeMac

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast