Rabu, 20 Maret 2019

Genmuda – WhatsApp bakal ngasih nomer telepon pengguna akunnya ke Facebook. Kebijakan yang diluncurin 25 Agustus itu bertujuan supaya para pengguna WhatsApp bisa makin “terhubung” dengan perusahaan dan produk yang ‘mungkin’ aja cocok.

Begitu kata pernyataan resmi yang diluncurin situs blog.whatsapp.com, Kamis lalu (25/8) waktu setempat. Faktanya, informasi penting macam nomor telepon sangat dicari-cari sama perusahaan yang mau nawarin produk alias beriklan.

“Kami tetap tidak akan mengganggu pengguna dengan banner iklan,” tulis penjelasan resmi itu. Meski begitu, penjelasan soal telemarketer sama sekali engga disebut di penjelasan itu.

Penjelasannya cuma bilang kalo, “Info penting terkait diri sendiri, seperti soal pemalsuan transaksi bank atau keterlambatan terbang sebuah maskapai cenderung tidak didapat langsung, melainkan dari pihak ketiga. Ini yang coba kami perbaiki.”

Intinya, ada kemungkinan nomor telepon pengguna yang diberikan ke Facebook itu dipakai sama perusahaan-perusahaan buat mengontak langsung para pengguna WhatsApp. Makin malesin aja kan.

Apa tandanya kalo nomor udah dibagiin ke Facebook?

via techcrunch.com
(Sumber: techcrunch.com)

Karena terikat hukum internasional dan kebijakan privasinya, WhatsApp engga bisa sembarangan ngasih info pribadi penggunanya ke pihak lain. Karena itu lah apps pengirim pesan itu bakal ‘minta izin.’

Pada Jumat pagi (26/8), Genmuda.com dapat notifikasi yang lebih kurang berbunyi, “Facebook akan bisa memberikan saran pertemanan lebih tepat serta menampilkan iklan yang lebih relevan buat pengguna.”

Di bawahnya ada pilihan untuk menyetujui supaya “Mengirimkan nomer ke Facebook.” Demi kerahasiaan data pribadi, situs Techinasia.com dan berbagai situs teknologi lain menganjurkan pengguna WhatsApp buat engga mencontrengnya.

Dengan begitu, WhatApp engga punya wewenang buat ngebagi kontak penggunanya tersebut ke Facebook, meskipun sosial media buatan Mark Zuckerberg itu udah ngebeli saham-saham WhatsApp pada 2014.

Kalo udah terlanjur kecontreng gimana?

via genmuda.com
(Sumber: Istimewa)

Kalo notifikasi persetujuan itu telah disetujui dan pengguna sepakat membagi nomer teleponnya dengan Facebook, keputusan itu masih bisa dianulir. Caranya adalah dengan membuka setting, account, terus hapus contrengan “Share my account info.”

Dengan begitu, WhatsApp kehilangan haknya dan engga bisa nyebar nomer telepon sembarangan. Kecuali, nomor telepon itu keburu disebar sebelum penggunanya menarik keputusannya tersebut.

Seperti itu lah perubahan peraturan WhatsApp yang bisa mengubah wajah aplikasi kirim-kiriman pesan itu di bulan-bulan mendatang. Kalo emang kamu khawatir banget data kamu bakal bocor, Genmuda.com tau nih aplikasi alternatif buat ngirim pesan. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.