Rabu, 23 Oktober 2019

Genmuda – Setelah awal Maret kemarin merilis versi beta dari Android N, dan bikin sejumlah netizen penasaran. Pada hari Jumat (1/7), Google akhirnya memperkenalkan OS terbaru itu dengan nama Android Nougat dalam akun Snapchat dan Twitter mereka.

Jika versi Beta pertamanya masih kurang stabil, pada versi terbarunya ini diklaim bakal lebih stabil. Dengan adanya informasi tersebut otomatis Nougat menjadi suksesor dari Marshmallow (6.0).

Engga cuma itu doang, kabarnya bakal banyak updatean dan fitur-fitur baru dari OS Android  N yang kece badai loh. Berikut rangkumannya:

Doze lebih optimal

Pengguna Marshmallow mungkin udah familiar dong sama fitur ini? Yup, Doze merupakan fitur yang mampu menghemat baterai Android kamu hingga 3 kali lipat. Doze memiliki prinsip kerja dengan mematikan semua aplikasi yang berjalan di background untuk menghemat baterai. Nah, di Nougat kabarnya performa Doze bakal lebih dioptimalin dari seri sebelumnya loh.

Virtual Reality

(Sumber: Final Day Dream)
(Sumber: Final Day Dream)

Sebagaimana yang kita ketahui, tren VR emang lagi marak banget di seluruh dunia, oleh sebab itu Google kayaknya jeli melihat peluang lewat OS Android N. Kabarnya Nougat juga bakal memiliki dukungan untuk platform VR terbaru Google, tentunya ini berlaku juga sama perangkat yang mendukung ya.

Multi-window

Dilansir dari The Verge, Nougat dikabarkan akan memiliki fitur split-screen dimana akan memudahkan akses muti-tasking bagi para user. Sehingga kamu bisa melihat dua aplikasi yang sedang berjalan dalam satu layar. Jika sebelumnya banyak user yang pesimir kalo fitur ini akan menguras performa baterai, namun jika Dozenya bisa lebih dimaksimalin mungkin aja bisa ngebantu kamu?

Quick Settings yang dinamis

Fitur ini mungkin udah pernah Kawan Muda temuin di seri Marshmallow. Bedanya pada Nougat kamu bisa melakukan penyesuaian setting seperti apa yang akan ditampilin di menu. Pastinya kamu bisa atur dengan seberapa seringnya kamu menggunakan fitur tertentu di Android kamu.

Tampilan notifikasi dan keyboard yang lebih fresh

(Sumber: The Verge)
(Sumber: The Verge)

Seolah tau banget kebutuhan konsumen, kabarnya Android N akan memiliki tampilan notifikasi yang lebih minimalis dan eye catching buat kamu. Selain itu kamu juga bisa mengatur tema bagi Google keyboard di ponsel kamu.

Gimana? Udah engga sabaran coba Android N? Pantengin aja terus Genmuda.com buat informasi selanjutnya.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.