Rabu, 19 September 2018

Genmuda – Makeup yang tepat sukses tonjolin kecantikan wajah semua cewek. Bahkan cewek kulit berminyak sekalipun bisa tampil flawless tanpa perlu takut makeup keliatan luntur dan wajah jadi jerawatan nantinya.

Proses mengaplikasikan makeupnya berbeda dari pemilik wajah kering. Mereka gak perlu takut riasan luntur dalam hitungan menit dan kecil kemungkinan wajah mereka ditumbuhi jerawat.

Karena itu, pemilik wajah berminyak perlu telaten membersihkan wajah sebelum pasang makeup dan memasang riasan yang tepat. Ikuti aja langkah-langkahnya di bawah ini, girls.

1. Cleaning, toning, dan moisturizing

via: Pinterest
(Sumber: Pinterest)

Bersihin wajah deh pakai pembersih yang mengandung salicylic acid (asam salisilat). Fungsinya, tuntuk bersihin kulit mati supaya gak mengenda di pori-pori hingga akhirnya jerawatan.

Setelah dibersihkan, jangan lupa pakai toner dan selesaikan tahap pertama ini dengan memaki pelembap wajah bebas minyak. Pastiin setiap tetesnya meresap ke kulit.

2. Pakai rose water/ face mist

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Semprotkan rose water ke wajah dan sekitar leher dan biarkan mengering secara alami. Lapisan rose water akan mencegah minyak dari kulit merembes hingga ke makeup yang kamu pasang nanti.

Selain itu, rose water juga membuat kulit tampak fresh dan segar sepanjang hari. Kalo itu gak ada, pakai face mist juga bisa. Asal, jangan pakai air ledeng biasa karena belum tentu bersih dan steril.

3. Pakai primer

via: Getty Images
(Sumber: Istimewa)

Lapisan primer adalah lapisan wajib bagi semua pemilik wajah berminyak. Fungsinya supaya kulit terlihat smooth tanpa kilau. Selain itu, primer juga bertindak sebagai lapisan yang merekatkan makeup lebih lama.

4. Pasang foundation matte

©Genmuda.com/2017 TIM.
©Genmuda.com/2017 TIM.

Setelah membersihkan wajah dan memasang primer, saatnya pasang foundation dengan warna matte. Pastiin kamu pasang foundation itu tipis-tipis dan ratakan ke seluruh wajah dengan spons.

5. Pakai concealer

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Concealer kamu butuhin kalo ada lingkar hitam di bawah mata kamu atau pada bintik-bintik di wajah. Oleskan tipis-tipis concealer pada area yang mau kamu samarkan dan pastikan lapisannya diratakan dengan spons. Kalo wajah kamu mulus, kamu bisa melewati tahap tersebut.

6. Ratakan bedak

via: Shutterstock
(Sumber: Istimewa)

Setelah pasang foundation, kamu bisa pasang bedak. Ratakan tipis-tipis ke seluruh wajah dengan spons atau kuas. Kamu perlu bedak untuk memastikan wajah kamu gak tampak berkilau karena minyak.

7. Semprotkan setting spray

via kawaiibeautyjapan.com
(Sumber: kawaiibeautyjapan.com)

Setelah semua riasan terpasang, jangan lupa semprotkan setting spray untuk menahan makeup tetap pada tempatnya. Setelah disemprot ke wajah dari jarak satu tangan, jangan usap-usap. Biarkan cairan itu kering dengan sendirinya.

Yup. Dengan 7 langkah itu, kamu yang punya kulit berminyak siap menghadapi hari besar. Jangankan sidang skripsi, diajak pacar bersilaturahmi sama calon mertua, atau wawancara pekerjaan pertama pun kamu siap, girls! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.